Tentang Profil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Keberagaman
Guru Menulis | 2022-04-30 23:26:38Tomlinson menjelaskan profil belajar peserta didik merupakan pendekatan yang disukai peserta didik untuk belajar. Itu dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, dan jenis kelamin. Profil belajar peserta didik terkait gaya belajar. Disamping itu bersentuhan dengan: bahasa, budaya, kesehatan, dan keadaan keluarga.
Tujuan
Apa tujuan dari pemetaan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan profil belajar? Substansi dari pemetaan tersebut bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara alamiah dan efisien.
Menyadari adanya profil peserta didik bagi guru dapat memvariasikan metode dan pendekatan mengajar mereka. Menurut Tomlinson (2001), ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran seseorang. Berikut ini adalah beberapa yang harus guru perhatikan:
● Lingkungan: suhu, tingkat aktivitas, tingkat kebisingan, jumlah cahaya.
● Pengaruh Budaya: santai - terstruktur, pendiam - ekspresif, personal - impersonal.
● Visual: belajar dengan melihat (diagram, power point, catatan, peta, grafik organisator).
● Auditori: belajar dengan mendengar (kuliah, membaca dengan keras, mendengarkan musik).
● Kinestetik: belajar sambil melakukan (bergerak dan meregangkan tubuh, kegiatan hands on, dsb).
Dengan demikian, dapat ditegaskan, bahwa guru memerlukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.