Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indra Saputra

The Art of Business

Bisnis | Sunday, 04 Jul 2021, 13:28 WIB

Memadukan sensibilitas artistik untuk memacu kinerja

The art of business memaparkan tentang melihat arus ekonomi dan arus artistik secara bersamaan dalam bisnis. Yaitu estetika dan kekayaan emosi dari bidang seni serta perspektif strategis dan operasional dari Dunia bisnis, anda dapat melihat tekstur sedangkan setiap orang hanya melihat bentuk. Anda dapat melihat warna, sedangkan orang lain hanya melihat abu-abu. Anda dapat melihat bukan hanya apa itu, melainkan apa yang akan terjadi.

Dalam strategi bisni, empat unsur dasarnya adalah anda, penawaran anda, kastemer anda, dan pesaing anda. Jika anda memiliki pandangan yang jelas dan berbeda tentang bagaimana keempat hal itu te rumuskan dengan baii, anda memiliki strategi tetapi jika anda mengelola arus ekonomi dan arus arstistik di dalam bisnis anda terhadap keempat unsur itu.

-anggaplah diri anda sebagai seorang Seniman

Anda tidak perlu menjadi Dilbertesque. Kerja dapat menjadi sesuatu yang mulia. Anda dapat menciptakan sesuat, produk atau jasa bar, pengalaman baru untuk semua oran, atau bahkan atmosfer baru dalam menyelesaikan sesuatu.

-anggaplah pekerjaan anda sebagai karya seni.

Pekerjaan tidak melulu apa yang anda lakukan, tetapi apa yang anda ciptakan. Mencatat kan diri ke mesin absen mungkin bukanlah menciptakan sesuatu melainkan membuat kastemer senang. Pergi rapat mungkin bukanlah sesuatu yang kreatif, melainkan membangun organisasi yang kuat. Karya seni memperlihatkan sentuhan manusia.

-anggaplah kastemer anda sebagai khalayak.

Jika Anda menganggap diri sebagai seorang Seniman dan pekerjaan anda sebagai seni, khalayak andalah yang akan menjadi Mitra penuh dalam perushaan anda. Khalayak dan kastemer adalah bagian dari proses kreatif. Anda tidak dapat menciptakan seni tanpa khalayak, anda tidak akan dapat memperoleh komitmen emosional dari kastemer tanpa estetika dalam pertukaran anda.

-anggaplah pesaing anda sebagai Guru

Pelajari pesaing anda, maka anda dapat mempelajari apa yang mereka lakukan, tetapi tidak pernah ingin anda lakukan. Dan anda bisa menentukan apa yang dapat anda lakukan, anda dapat mempelajari tentang diri anda sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image