The Art of Business

Image
Indra Saputra
Bisnis | Sunday, 04 Jul 2021, 13:28 WIB

Memadukan sensibilitas artistik untuk memacu kinerja

The art of business memaparkan tentang melihat arus ekonomi dan arus artistik secara bersamaan dalam bisnis. Yaitu estetika dan kekayaan emosi dari bidang seni serta perspektif strategis dan operasional dari Dunia bisnis, anda dapat melihat tekstur sedangkan setiap orang hanya melihat bentuk. Anda dapat melihat warna, sedangkan orang lain hanya melihat abu-abu. Anda dapat melihat bukan hanya apa itu, melainkan apa yang akan terjadi.

Dalam strategi bisni, empat unsur dasarnya adalah anda, penawaran anda, kastemer anda, dan pesaing anda. Jika anda memiliki pandangan yang jelas dan berbeda tentang bagaimana keempat hal itu te rumuskan dengan baii, anda memiliki strategi tetapi jika anda mengelola arus ekonomi dan arus arstistik di dalam bisnis anda terhadap keempat unsur itu.

-anggaplah diri anda sebagai seorang Seniman

Anda tidak perlu menjadi Dilbertesque. Kerja dapat menjadi sesuatu yang mulia. Anda dapat menciptakan sesuat, produk atau jasa bar, pengalaman baru untuk semua oran, atau bahkan atmosfer baru dalam menyelesaikan sesuatu.

-anggaplah pekerjaan anda sebagai karya seni.

Pekerjaan tidak melulu apa yang anda lakukan, tetapi apa yang anda ciptakan. Mencatat kan diri ke mesin absen mungkin bukanlah menciptakan sesuatu melainkan membuat kastemer senang. Pergi rapat mungkin bukanlah sesuatu yang kreatif, melainkan membangun organisasi yang kuat. Karya seni memperlihatkan sentuhan manusia.

-anggaplah kastemer anda sebagai khalayak.

Jika Anda menganggap diri sebagai seorang Seniman dan pekerjaan anda sebagai seni, khalayak andalah yang akan menjadi Mitra penuh dalam perushaan anda. Khalayak dan kastemer adalah bagian dari proses kreatif. Anda tidak dapat menciptakan seni tanpa khalayak, anda tidak akan dapat memperoleh komitmen emosional dari kastemer tanpa estetika dalam pertukaran anda.

-anggaplah pesaing anda sebagai Guru

Pelajari pesaing anda, maka anda dapat mempelajari apa yang mereka lakukan, tetapi tidak pernah ingin anda lakukan. Dan anda bisa menentukan apa yang dapat anda lakukan, anda dapat mempelajari tentang diri anda sendiri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

The Art of Business

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image