Lapas Narkotika Muara Beliti Kemenkumham Sumsel Usulkan 397 Warga Binaan Terima Remisi Idul Fitri

Image
LPN Muara Beliti
Info Terkini | Friday, 29 Apr 2022, 11:00 WIB

Muara Beliti – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kemenkumham Sumsel pada tahun ini mengusulkan sebanyak 397 orang warga binaan yang akan menerima Remisi Khusus (RK) hari Raya Idul Fitri. Usulan ini sendiri terdiri dari Remisi yang termasuk dalam kategori PP 99 sebanyak 347 orang dan Non PP 99 sebanyak 50 orang.

Dari seluruh jumlah tersebut, terdapat 7 orang warga binaan yang diusulkan mendapatkan RK. II, yang mana setelah menerima remisi ini, mereka dapat langsung bebas karena telah habis masa pidana pokok dan langsung menjalankan masa subsider apabila ada subsider sebagai pengganti denda.

Sementara itu, sebanyak 390 orang warga binaan lainnya diusulkan mendapat RK. I, yang artinya setelah mendapat remisi, mereka akan mendapat potongan masa tahanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Remisi ini sendiri berdasarkan tindak pidana terkait Pasal 34 Ayat (3) PP No. 28 Tahun 2006 dan Pasal 34 A Ayat (1) PP 99 Tahun 2012, diberikan dengan syarat narapidana dan anak didik harus berkelakuan baik yang dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, serta mengikuti program pembinaan yang ada di lapas/rutan.

Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rudik Erminanto didampingi oleh Kasi. Binadik Meta Putra mengatakan selain dari usulan remisi sebanyak 397 orang tadi, ada 347 orang yang diusulkan remisi keterlambatan administrasi tahun 2021. “Ada 347 orang yang kita usulkan remisi Keterlambatan Administrasi tahun 2021 terkait Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022, dimana sebelum adanya peraturan yang terbaru ini, Warga Binaan sebanyak 347 orang tersebut belum memenuhi syarat untuk diajukan remisi karena tidak ada Justice Collaborator (JC),” ungkap Rudik.

Rudik juga mengatakan pada tahun ini juga, pengusulan remisi dilengkapi dengan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) pada pengusulan remisi di dalam Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

Untuk perlu diketahui, remisi merupakan hak dari warga binaan yang telah memenuhi syarat menerima remisi, dan telah diatur dalam Undang-Undang Pemasyarakatan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image