Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nissa Nasution

Melejitnya Penggunaan Marketplace Online Saat Pandemi

Bisnis | Thursday, 24 Jun 2021, 13:04 WIB
https://unsplash.com/photos/KEMb3TSbZBc

Keadaan memang semakin tidak memungkinkan dan semakin buruk karena tidak ada yang tau sampai kapan keadaan bisa pulih seperti sedia kala. Corona membawa banyak dampak ke berbagai aktivitas kehidupan. Karena keadaan yang seperti ini kegiatan jual beli secara langsung pun semakin berkurang intensitasnya.

Ditengah ketidakpastian yang kini sedang terjadi dimana masyarakat tidak bisa keluar rumah dengan nyaman, namun harus tetap memenuhi kebutuhan hidupnya maka diperlukan gebrakan untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masyarakat harus lebih kreatif lagi agar dapat mendapatkan yang mereka butuhkan baik itu sebagai konsumen maupun penjual. Karena segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, untuk masalah berbelanja pun semaksimal mungkin dilakukan dari rumah. Karena itu masyarakat banyak beralih dengan berbelanja online untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya yang hanya menunggu produk datang ke rumah mereka setelah melakukan pre-order.

Dalam Islam jual beli seperti ini merupakan jual beli dengan sistem akad salam, yaitu akad jual beli barang antara pembeli dan penjual dengan system pesan terlebih dahulu. Spesifikasi dan harga barang pesanan disepakati diawal akad sedangkan pembayaranya dilakukan di muka secara penuh.

Dengan keadaan yang seperti sekarang ini marketplace menjadi pilihan banyak orang untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Selain dibanjiri oleh konsumen, marketplace online juga menjadi tempat bagi para pedagang untuk menjual produknya, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

Marketplace online saat ini menjadi hal yang sangat lumrah dan menjadi wajib dilakukan saat keadaan pandemi seperti saat ini. Menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli secara virtual. Dengan banyaknya pengguna marketplace online seperti sekarang ini dapat dijadikan peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan apalagi bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaannya karena di PHK.

Keadaan memang bertambah sulit tapi bukan berarti tidak ada cara untuk melaluinya, kita harus berfikir lebih kreatif untuk pemenuhan kebutuhan dan memanfaatkan segala kesempatan yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image