Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Ayo Ikutan Joy Flight di Bandara Notohadinegoro, Nikmati Keindahan Jember dari Udara.

Info Terkini | Thursday, 28 Apr 2022, 12:12 WIB

Ingin sensasi saat liburan lebaran? Nah, bagi pemudik di Jember maupun warga Jember, bisa merasakan sensasi itu dengan mengikuti Joy Flight di Bandara Notohadinegoro.

Sensasinya adalah melihat-lihat kota Jember dan sekitarnya dari pesawat Cessna 172 SP maupun Piper Seneca. Akan banyak cerita dari pengalaman terbang walau tak berlangsung lama.

Laman govnews-idn.com melansir akun instagram @bandaranotohadinegoro yang menginfokan jadwal Joy Flight di Bandara Notohadinegoro dimulai 4 Mei 2022. Jam terbang pukul 08.00-12.30 WIB. Ada dua pesawat yang digunakan yaitu Cessna 172 SP dan Piper Seneca. Penasaran? Bisa kontak bandara tersebut pada telepon (0331) 4355399.

Siap mengantarkan joy flight di Bandara Notohadinegoro. Foto: @bandarahasinegoro / govnews-idn.com

Joy flight, menurut ilmuterbang.com, adalah istilah untuk terbang tanpa tujuan tertentu, terbang di sekitar bandara keberangkatan. Maksudnya joy flight bukan sebuah penerbangan komersial berjadwal dari bandar udara A ke bandar udara B atau penerbangan charter khusus untuk tujuan tertentu. Joy flight biasanya hanya terbang berputar-putar di area tertentu dan tentunya terbang dengan Visual Flight Rules (VFR) untuk bisa menikmati pemandangan yang ada.

Sekilas pesawat Cessna 172 SP, memiliki kapasitas untuk empat penumpang. Jarak jangkaunya 1.280 km (dalam kondisi bahan bakar terisi penuh) dengan kecepatan maksimum 240 km per jam.

Produksi Cessna 172 dimulai pada 1955. Saat itu, C-172 dilengkapi dengan mesin Continental O-300 enam silinder, tetapi mulai tahun 1967 mesinnya diganti dengan Lycoming O-320 empat silinder. Berbagai modifikasi C-172 diproduksi, total lebih dari 42.000 pesawat diproduksi. Pada tahun 1992, Cessna 172 Skyhawk SP dirilis, yang berbeda dari C-172 biasa dalam mesin yang lebih bertenaga. Modifikasi modern Cessna 172 Skyhawk SP dilengkapi dengan mesin 180 tenaga kuda, memiliki jangkauan lebih dari 1.100 kilometer, kecepatan jelajah 230 km/jam, dan ketinggian layanan lebih dari 4.200 meter.

Info joy flight Bandara Notohadinegoro

Bupati Jember Hendy Siswanto beberapa kali terbang joy flight. Misalkan tahun lalu terbang dengan salah satu pesawat bermotor keliling udara Jember, dalam acara kedirgantaraan yang digelar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), organisasi binaan di TNI Angkatan Udara. Kegiatan itu untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Bandara Notohadinegoro, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, melibatkan 20 pesawat jenis latih bermotor mini dan paramotor, Minggu (30/5/2021)

Apa komentarnya? "Jember ini punya alam cantik membelah gunung dan sungai. Dari atas Sungai Bedadung dan Kali Jompo itu, jika kita bersihkan bisa untuk wisata arung jeram. Banyak inspirasi baru yang saya dapat dari terbang ini. Bisa dilihat wilayah cantik dari atas Jember,” kata Bupati Hendy saat itu.

Secantik apakah Jember? Silakan terbang untuk memperoleh jawabannya! (*/apron.idn)

Ikuti info bandara dan kedirgantaraan di akun instagram @apron.idn

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image