Mahasiswa PMM UMM Tanamkan Karakter Kepemimpinan Sejak Dini Melalui Rekan-Rekan Forum Anak Desa Bulu

Image
Egar Aldi
Eduaksi | Monday, 21 Jun 2021, 19:48 WIB

Batu Sabtu, 19 Juni 2021 Forum Anak Desa Bulukerto mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan. Kegiatan ini diadakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa gelombang 8 kelompok 48. Kegiatan ini adalah bagian dari program kerja pendampingan kepada organisasi masyarakat, yaitu forum anak. Forum anak memiliki peranan sebagai pelindung hak-hak anak sehingga managemen dalam organisasi penting dilakukan agar fungsi tersebut terus berjalan. Bertempat di Caf Omah Semut Bulukerto, mahasiswa PMM ajak diskusi anggota Forum Anak Desa Bulukerto mengenai masalah pentingnya memiliki jiwa kepemimpinan sedini mungkin dan yang paling utama adalah bagaimana cara untuk memanagemen banyak orang didalam organisasi.

Tema diskusi ini dipilih karena akan dilakukan pergantian kepengurusan Forum Anak Desa Bulukerto. Maka dari itu, diharapkan akan terpilih bibit-bibit unggul yang mampu untuk memimpin Forum Anak Desa Buluketo. Pemilihan materi managemen sumber daya manusia atau MSDM ini tak terlepas dari urgensi dan prioritas yang dibutuhkan oleh pihak mitra forum anak. Terlebih lagi setelah ini akan ada pemilihan pengurus forum anak yang baru. Jadi, benar-benar sangat perlu untuk diberikan materi ini agar dalam pemilihan anggotanya tidak salah sasaran, kata Egar Aldiyaksa Akbar selaku anggota PMM dan pembicara yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM, Minggu, (20/6).

Menggunakan cara diskusi dengan penyajian kasus, pembicara ingin berinteraksi dengan peserta secara mendalam. Sehingga, pemateri akan mampu untuk memastikan bahwasanya peserta mengerti mengenai objek studi kasus yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan berorganisasi. Disamping itu, anggota forum anak menunjukkan antusiasme yang cukup baik dengan memberikan umpan balik permasalahan yang dihadapi Forum Anak Desa Bulukerto saat ini. Permasalahan forum anak tersebut didiskusikan bersama untuk mecari solusi terbaik yang dapat dilakukan. Egar menyatakan bahwa ketika berorganisasi, individu diharapkan harus mampu untuk berkomitmen, berintegrasi, memberikan kualitasnya yang terbaik, dan bersifat fleksibel.

Didalam sebuah organisasi loyalitas dari setiap anggota adalah yang utama dari yang utama. Ketika loyalitas anggota terbilang baik, roda organisasi juga pasti akan berjalan dengan sangat baik. Sehingga, ketika memilih anggota akan dibutuhkan ketelitian untuk memilih calon anggota yang memiliki loyalitas tinggi katanya.

Melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa dengan mitra Forum Anak Desa Bulukerto, mahasiswa pengabdi berharap bahwa nantinya akan terlahir para pemimpin hebat yang dapat memimpin ditingkat yang lebih tinggi. (EAA)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image