Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image DWIE ANNISA 2020

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Eduaksi | Monday, 21 Jun 2021, 15:24 WIB

Kalian pernah merasa lega setelah tertawa? seperti tidak ada beban yang sedang kita pikul? Ya! Tertawa adalah cara bagaimana kita bisa mengatur emosi dan membuat diri kita merasa lebih baik. Kalian harus tahu juga untuk memahami tawa, kita menggunakan tulang rusuk kita sepanjang waktu saat kita menarik dan mengeluarkan napas. Maka dari itu, tertawa tidak berbeda dengan bernapas, dan itu dapat meningkatkan asupan oksigen kita yang pada gilirannya dapat merangsang jantung, paru-paru, dan otot kita, dan kemudian dapat menenangkan kita. Namun, apakah tertawa baik untuk kesehatan kita?

Betul sekali. Kenyataannya, Tertawa itu penting karena dapat membantu kita meredakan ketegangan akibat rasa sakit, stres, kesedihan, kecemasan yang dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Dan terkadang, ketika kita sedang bersama teman-teman kemungkinan kita tertawa dan merasa happy pasti akan lebih besar dibandingkan ketika sendirian. Jika kita sering tertawa, udara bersih akan masuk ke paru-paru kita kemudian otot-otot kita dalam kondisi yang sangat rileks. Dan semua kondisi tersebut merupakan aktivitas yang membantu memperkuat organ vital manusia.

lalu, apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan?

Banyak sekali manfaat dari tertawa, tertawa memang merupakan obat yang paling mujarab. Ia bekerja dengan cara memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat dalam tubuh. Tertawa jelas mampu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungimu dari efek stres yang merusak.

Tidak ada yang bekerja lebih cepat atau lebih untuk mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh selain tertawa. Humor akan meringankan beban, menghubungkanmu dengan orang lain, membuatmu tetap membumi, dan selalu fokus. Ini juga membantu kamu melepaskan amarah dan memaafkan lebih cepat.

Menurut Dr. Michael Miller University Of Marylan Medical Sysestem, Tertawa dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Ketika kita tertawa dengan cara yang membuat mata kita berair, pembuluh darah kita melebar, dan jika pembuluh darah kita melebar, itu berarti lapisan dalam pembuluh darah kita memproduksi bahan kimia. Bahan kimia yang dikenal sebagai oksida nitrat adalah pelindung jantung. Bahan kimia dalam tubuh kita diproduksi untuk membuat kita merasa bahagia dan bahkan menghilangkan rasa sakit atau stres. Itu sebabnya orang yang selalu optimis dan berpikir positif memiliki penyakit jantung yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang pesimis.

Nah, kita harus menyadari bahwa tertawa itu baik untuk kesehatan dan aspek kunci dari kelangsungan hidup manusia dalam mempromosikan tubuh menjadi lebih sehat. Tertawa dapat meringankan kita dari beban hidup, meningkatkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, mengurangi stres, dan merilekskan otak. Intinya, tertawa membantu kita mengatasi stres. Kita tidak bisa melewatkannya dari hidup kita. Semua orang perlu tertawa untuk merasa lebih baik sebagai pribadi yang utuh. Mari kita hidup sehat dengan tertawa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image