Penilaian Kinerja Sebagai Kunci Sukses Perusahaan

Image
Rachmaniah Rumai
Eduaksi | Friday, 18 Jun 2021, 20:28 WIB

Dalam sebuah perusahaan tentu erat kaitannya dengan penilaian kinerja, penilaian kinerja dapat memberi dampak yang sangat penting dalam perusahaan tersebut. Melalui penilaian kinerja ini dapat menjadi sebuah evaluasi yang efektif, yang kedepannya semakin membawa dampak kebaikan bagi karyawan maupun perusahaan, karena semakin kinerja karyawan baik, maka semakin perusahaan mengalami kemajuan.

Penilaian kinerja merupakan sebuah evaluasi terhadap kinerja karyawan, apakah kinerja karyawan selama ini sudah sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan atau belum, maka dengan penilaian kinerja ini akan diketahui bagaimana kondisi kinerja karyawan pada perusahaan tersebut. Hasil dari penilaian kinerja dapat digunakan untuk menentukan standar upah yang diberikan, siapa yang seharusnya menerima kenaikan upah, siapa yang seharusnya menerima bonus, kenaikan jenjang karir atau apapun reward dari kebijakan masing-masing perusahaan.Serta sebagai sebuah usaha perbaikan jika karyawan belum memenuhi standar kerja di suatu perusahaan maka dapat diberi latihan, dapat diarahkan agar menjadi lebih baik dalam bekerja.

Dengan metode penilaian kinerja dapat memotivasi karyawan untuk melakukan kinerja yang terbaik, dapat menimbulkan semangat kerja karyawan,karena perusahaan mengakui akan kerja kerasnya, seseorang semakin bersemangat karena hasil kerja kerasnya tidak dipandang sebelah mata. Karena karyawan merasa diperhatikan juga dipedulikan dengan adanya bonus jika sudah melakukan yang terbaik, atau diberi pelatihan untuk pengembangan lebih baik tentu dalam diri karyawan akan ada dorongan kuat bekerja sebaik mungkin.

Tidak hanya itu salah satu manfaat penilaian kinerja adalah untuk mendiagnosis kesalahan, job design error. Kinerja karyawan yang buruk mungkin sebagai suatu gejala dari rancangan pekerjaan yang kurang tepat. Jadi tidak hanya untuk mengevaluasi karyawan, tetapi juga mengevaluasi perusahaan tersebut sehingga ke depannya antara perusahaan dan karyawan sama-sama melakukan perbaikan.

Adapun aspek yang harus diperhatikan dalam penilian kinerja antara lain yakni tentang kesetiaan karyawan pada perusahaan tersebut, pengetahuan karyawan tentang perusahaan dan tentang pekerjaan yang ditekuninya sudah sejauh mana, bagaimana kepribadian karyawan kejujurannya, kedisiplinannya, kerjasamanya dengan team, jiwa kepemimpinannya, tanggung jawabnya, inisiatif tolong menolong, kreativitas dan kecakapannya.

Menurut Casio dan Soeprihanto (2009:9) metode penilaian kinerja harus mencakup lima hal, yaitu relevance (kesesuaian hasil dan tujuan), acceptability (dapat diterima), reliability (dapat dipercaya), sensitivity (dapat membedakan hasil kerja), dan practically (meningkatkan produktivitas).

Kemudian ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan penilaian kinerja, yakni planning, coaching, reviewing, dan rewarding. Planning adalah untuk menentukan goals perusahaan, target apa yang ingin diperoleh perusahaan, berapa waktu yang diperlukan, strategi apa saja yang harus dilakukan, serta kriteria karyawan seperti apa yang diinginkan. Coaching komunikasi antara pimpinan dan anggotanya, apabila saling pengertian, terbuka maka kegiatan ini akan berjalan lancar. Reviewing dalam tahap ini akan diketahui sejauh mana prestasi kerja teamwork dan relevansinya terhadap goals perusahaan. Rewarding diberikan pada karyawan yang sudah melakukan terbaik, dan mampu mencapai target yang ditentukan. Sebaliknya juga ada konsekuensi untuk anggota tim yang belum mampu mencapai target.

Implementasi penilaian kinerja dalam perusahaan bisa meminimalisir kegagalan dalam mencapai goals perusahaan. Karena sudah ada komunikasi yang baik atau chemistry yang kuat anatara pimpinan dan karyawan sehingga segala sesuatunya sudah terorganisir. Masing- masing anggota team telah memiliki job description yang jelas, jadi sudah mengetahui langkah-langkah apa yang seharusnya dilakukan, mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa mencapai target tersebut. Jika mungkin kedepannya ada kendala, maka mereka akan siap dan bekerja sama mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Penilaian kinerja merupakan suatu upaya meningkatkan kemampuan kerja karyawan agar bisa bekerja secara optimal, produktif, efektif, dan sesuai target. Skill karyawan akan semakin terasah dan karyawan pun akan semakin berkembang. Dan yang menjadi point penting dalam penilaian kinerja ini adalah komunikasi. Apabila perusahaan dan teamwork saling menumbuhkan kepercayaan, keterbukaan maka penilaian kinerja ini akan berjalan dengan baik. Karena sebuah perusahaan yang berkualitas tentu di dalamnya ada kinerja karyawan yang berkualitas. Dengan melakukan penilaian kinerja karyawan maka hal ini dapat semakin mendekatkan perusahaan dengan goals yang diinginkan. Jadi penilian kinerja karyawan juga merupakan kunci sukses dari perusahaan tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image