BAHAYA TEH DAUN JATI CINA UNTUK DIET

Image
Diandra Safira
Gaya Hidup | Friday, 18 Jun 2021, 12:21 WIB

Belakangan ini sempat heboh di dunia sosial terutama tiktok tentang manfaat dari teh daun jati cina, yang memberikan video tentang perubahan berat badan peminumnya sebelum dan sesudah minum teh daun jati cina itu dalam waktu yang cepat (1 minggu-1 bulan), memang di dalam video tersebut perbedaan yang sangat signifikan seperti contohnya sebelum meminum teh daun jati cina berat badannya 120 kg dan setelah minum, berat badannya 75 kg dengan waktu yang singkat.

Teh daun jati Cina atau daun senna mengandung senyawa pencahar yaitu glikosida antrakinon yang dapat melancarkan buang air besar. Manfaat daun jati cina juga dapat mengatasi sembelit akibat kurang dalam mengonsumsi makanan berserat. Dengan pengertian diatas sudah jelas bahwa teh daun jati cina merupakan obat pencahar bukan teh khusus untuk diet. Namun orang orang yang kurangnya edukasi tentang bahaya teh daun jati cina akan menyalahgunakan teh ini, sebab teh ini di tujukan kepada orang yang mempunyai sembelit bukan untuk diet.

Didalam dunia dietik, diet yang bagus merupakan dengan mengurangi porsi makan dan mengurangi kalori perhari, misalkan pada wanita kalori perhari 2.000 kalori per hari jadi untuk menurunkan sekitar 0,5 kg berat badan dalam seminggu, seorang wanita harus menurunkan konsumsi kalori per harinya menjadi 1.500 kalori. Sedangkan rata-rata pria membutuhkan 2.500 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan jadi untuk menurunkan sekitar 0,5 kg per minggu, kebutuhan kalori per hari untuk diet harus dipotong menjadi 2.000 kalori saja untuk pria. Sangat aneh jika hanya meminum teh dapat menurunkan 20 kg dalam waktu yan singkat. Dengan begitu banyak yang meneliti soal teh daun cina ini yang ternyata hanya mengurangi kadar air dalam tubuh saja bukan kadar lemak. Dalam tubuh kadar air diperlukan sebanyak 50% dan untuk lemak 30% jadi jika dalam tubuh kadar air berkurang maka akan menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Lalu diet yang baik dengan mengurangi lemak di dalam tubuh, seperti mengecilkan lingkar perut, karena lemak yang paling banyak ada di dalam perut, lingkar perut yang ideal untuk wanita adalah dibawah 80 cm dan uuntuk pria di bawah 90 cm. Diet yang benar juga melakukan olahraga yang cukup sekitar minimal 30 menit sehari lalu menjaga pola tidur yang benar.

Efek Samping dan Bahaya Teh Jati Cina antara lain:

Mual
Sakit perut
Nyeri sendi dan kram otot
Diare
Dehidrasi

Ada beberapa interaksi obat yang berisiko terjadi jika teh jati cina digunakan dengan obat-obatan tertentu, antara lain: Hipokalemia, jika digunakan dengan digoxin dan diuretik. Perdarahan, bila digunakan dengan obat warfarin. Teh daun jati Cina tidak dianjurkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui, atau wanita yang sedang menstruasi.

Terlepas dari dampak negatifnya teh daun jati cina juga memiliki manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, merawat kulit, mengobati wasir, menghilangkan bau mulut, serta dapat mengobati infeksi kulit.

Dengan kejadian di atas berharap kita sebelum membeli untuk membaca tentang efek sampingnya juga, jangan karena iming iming dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa melakukan olahraga kita langsung membelinya. Dan pasti sesuatu yang instan banyak efek samping yang diperolehnya, jadi sangat tidak mungkin kita hanya meminum teh yang hanya seduh, berat badan kita hilang 20 kg dalam waktu yang sangat cepat, pasti ada efek samping yang besar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

Rawat Kesehatan Jiwa dengan Bersyukur

Image

Mengapa Seseorang Ragu Pergi ke Psikolog?

Image

Lirik Lagu 'Cara yang Tepat' oleh Elmo Rogam

Image

Elmo Rogam dan 'Cara yang Tepat'

Image

Berbagai Kemungkinan pada Status Sumbangan 2T

Image

Produksi Batik di Indonesia mulai menurun: Tim PKM-K UISI membuat inovasi Sandal dengan corak batik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image