Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhamad ahwas

Sebuah Peran Penting Dari Seorang Penjaga Keamanan

Eduaksi | Wednesday, 27 Apr 2022, 16:31 WIB
Source : Pinterest

Jika ingin membangun sebuah gedung perusahaan salah satu hal yang dipikirkan adalah keamanannya. Nah, peran security sendiri bagi sebuah perusahaan sangatlah penting, khususnya dalam memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan tersebut.

Apa Itu Satpam?

Jika ada yang bertanya “Apa Itu Satpam?” Maka banyak yang akan menjawabnya “Satuan Pengaman”. Padahal itu hanyalah sebuah singkatan dari satpam.

Peran Penting Penjaga Keamanan

Pada dasarnya tugas satpam atau penjaga keamanan adalah menjaga keamanan di suatu wilayah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun selain itu, satpam atau penjaga keamanan juga memiliki peran penting untuk suatu perusahaan, yaitu.

Bertindak sebagai Pemeriksa Setiap Barang yang Masuk ke Perusahaan

Setiap ada barang yang datang ke perusahaan, orang pertama yang menemui barang tersebut adalah penjaga keamanan, karena seorang penjaga keamanan ditempatkan di depan perusahaan atau kantor. Di sini, penjaga keamanan bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap identitas pengirim serta barang yang masuk, untuk memastikan apakah barang yang diterima benar atau tidak, aman atau tidak, dsb.

Melakukan Pengawalan

Satpam juga yang bertanggung jawab untuk bertugas melakukan pengawalan. Seperti jika ada orang atau barang yang akan dikirim ke perusahaan lain, proses pengiriman dan penerimaan barang harus dikawal oleh seorang satpam. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan atau mengantisipasi, untuk mengamankan atau melindungi orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain agar tidak terancam dari gangguan orang lain yang tidak bertanggung jawab dan juga agar selamat sampai tujuan.

Melakukan Pengaturan

Peran penting seorang penjaga keamanan, yaitu melakukan pengaturan. Yang dimaksud pengaturan disini adalah tata tertib. Satpam bertugas melakukan pengaturan tata tertib perusahaan meliputi pengaturan lalu lintas, pengaturan parkir, pengaturan keluar masuk barang, dan semua yang berhubungan dengan peraturan dan ketertiban perusahaan.

Tanggung Jawab Satuan Satpam Atau Petugas Keamanan

Tanggung jawab satpam adalah mempertahankan dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk para pengunjung dan karyawan dengan melakukan pemantauan, pengawasan, pemeriksaan, dan pemantauan.

Sumber Artikel Lengkap : https://www.bestin.co.id/2021/02/jasa-security-terbaik.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image