Rajin Menanam, Isni Azizah Tak Perlu Lagi ke Pasar untuk Beli Sayuran

Image
Rayni Delya
Info Terkini | Wednesday, 09 Jun 2021, 14:44 WIB
Sumber : dokumen pribadi

Isni Azizah menanam berbagai jenis sayuran dan tanaman pangan di kebun seluas 5 hektar di sela kesibukannya mengadvokasi ibu-ibu untuk mempunyai penghasilan sendiri. Membentuk ibu-ibu PKK di desa kecil di Drajat, Jawa Barat. Tanaman labu siam tumbuh subur di kebun miliknya itu, merambat hingga ke jalan. Saking lebatnya, bagian jalan di kebun sulit untuk dilewati. Labu yang masih hijau sangat terlihat.

Ini habis dipanen, tutur Isni yang juga ketua ibu-ibu PKK saat ditemui Rayni kemarin.

Selain Labu, tanaman lain juga tumbuh subur di kebun miliknya. Ada cabai, timun, kentang, pohon mangga, jambu biji, rambutan, nangka, sawo, jeruk, dan pisang.

Buah nangka yang masih muda menggantung persis di sisi jalan. Buah nangka sudah habis dipetik. Perempuan kelahiran Garut, Jawa Barat itu membagikan nangka ke tetangga dan saudaranya.

Di ujung kebun milik Isni juga terdapat dua kolam ikan. Kolam yang satu diperuntukkan ikan mas dan satunya lagi untuk ikan lele. Ada juga kandang ayam. Beberapa ekor ayam petelur dan ayam kate berada di kandang. Terlihat pula beberapa ekor bebek tak jauh dari kandang ayam yang ditutup dengan bambu itu terdapat drum putih. Drum itu berisi pupuk cair yang dibuat sendiri oleh Isni.

Kompos cair itulah yang digunakan untuk menyuburkan tanaman. Dia juga membagikan pupuk cair itu kepada para tetangga dan saudaranya. Anis juga menanam bawang merah dan bawang putih. Dengan berbagai sayuran dan tanaman pangan, Isni dan keluarga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hasil panen di kebun. Bahkan, hasil panen yang berlebih ia bagikan ke tetangga dan saudaranya. Praktis, Isni tidak pernah pergi ke pasar untuk membeli sayur.

Dulu dua minggu sekali saya ke pasar untuk stok sayur, sekarang tidak lagi. Semuanya ada di sini, ucapnya sembari menunjukkan kebunnya.

Ditengah kesibukannya dengan menanam, bagaimana dengan kegiatannya sebagai ketua ibu-ibu PKK? Isni mengatakan, dirinya tetap aktif. Hampir setiap hari dia mengisi diskusi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Image

WIZ Salurkan Sembako Untuk Dhuafa yang Terdampak Pandemi

Image

Pentingnya Self Healing Dimasa Pandemi

Image

Keluarga Harmonis, Seperti Apa sih?

Image

3 Tips membuat konten yang viral

Image

6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image