Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Kemhan dan Lemhannas Mencetak Pemimpin Nasional yang Pancasilais

Info Terkini | Tuesday, 26 Apr 2022, 04:20 WIB

Indonesia memiliki Dasar Negara yaitu Pancasila yang berarti lima (panca) dan prinsip/sendi/dasar (sila).

Pancasila sebagai Dasar Negara telah ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada sidang pengesahan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Hingga saat ini Indonesia masih memegang dasar negara tersebut. Kita tahu bahwa Pancasila sudah harga mati. Untuk memperkuat dasar negara Indonesia.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Andi Widjajanto di kantornya, Jakarta, Senin, 18 April 2024.

Andi melaporkan beberapa hal kepada Menhan yang merupakan anggota Dewan Pengarah Lemhannas, guna mendapatkan masukan pada kebijakan dan kurikulum Lemhannas, sebagai antisipasi dinamika lingkungan strategis.

Andi Widjajanto, berdasarkan siaran pers Humas Kemhan, juga melaporkan proses transformasi kurikulum pendidikan kepemimpinan nasional yang akan dilakukan berkolaborasi dengan Akademi TNI, Lemdiklat Polri, LAN, Universitas Pertahanan, dan Lemhannas.

Keduanya sempat pula berdiskusi mengenai dinamika terkini di Ukraina.

Lemhannas memiliki setidaknya lima fokus kajian hingga 2024, di antaranya ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, konsolidasi demokrasi, dan ketahanan IKN.

Dari lima fokus studi ini, kedua pihak bersepakat untuk menjalin kolaborasi studi pada isu tertentu, seperti reformasi militer dan transformasi pertahanan, pertahanan siber, dan pertahanan ibu kota.

Prabowo berharap Lemhannas dapat mencetak pemimpin nasional yang Pancasilais.

"Semoga Lemhannas dapat senantiasa melahirkan pimpinan nasional yang berkarakter, Pancasilais, dengan pemikiran yang modern, dan teraktualisasi," kata Prabowo.

Prabowo didampingi oleh Sekjen Kemhan Marsdya Donny Ermawan Taufanto, dan sejumlah pejabat Eselon I dan II Kemhan. Adapun Andi Widjajanto didampingi oleh sejumlah pejabat teras Lemhannas.

Sumber: Tempo.co

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image