Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Silvia Putri

Internet Menyatukan Indonesia 'Silahturahmi Mudah selama Ramadhan'

Teknologi | Monday, 25 Apr 2022, 22:02 WIB

Apa sih yang dirindukan dari Ramadhan?

Jajan menjelang buka, kumpul dengan teman-teman lama, keluarga, mudik, ziarah dan pastinya yang ditunggu-tunggu yaitu THR. Dari semua momen tersebut, kira-kira moment yang paling berpengaruh apa nih bagi kamu?

Ramadhan adalah bulan penuh suka cita bagi umat muslim. Dekorasi di beberapa pusat perbelanjaan akan penuh dengan ketupat, jalanan akan mulai ramai menjelang senja dan tidak sabar menunggu hari raya. Selama ramadhan, silaturahmi adalah hal menyenangkan. Dilakukan oleh banyak orang bahkan mereka yang bukan non muslim sekalipun.

Sekarang, kita bisa melakukan banyak hal seperti dulu. Tidak perlu lagi takut keluar rumah, seperti dua tahun lalu. Dimana ramadhan terasa sangat berbeda. Hanya dapat saling menyapa lewat layar smartphone ataupun Laptop. Memang benar dengan kecanggihan teknologi Internet menyatukan Indonesia. Saudara yang berada di Aceh dan kamu di Jakarta masih dapat saling menyapa atau saat kamu berada di Semarang dan teman terdekat berada di Pontianak. Kamu masih bisa saling berbagi kebahagian. Alhamdulillahnya IndiHome menjadi salah satu provider yang menjangkau seluruh Indonesia.

Dengan Internet stabil, berbagi kebahagian menjadi tidak sulit. Silaturahmi bukan lagi hanya dengan bertatap muka atau berkunjung ke rumah sanak saudara. Tapi juga dapat melakukan “Video Call” melalui whatsapp, zoom ataupun google meet. Walau caranya berubah tapi manfaatnya masih tetap sama. Ramadhan dan silaturahmi memiliki beberapa manfaat yang sama.

Melapangkan Rizki

Selama ramadhan kita menjadi pribadi yang lebih berhemat di siang hari. Biasanya pada orang-orang akan mengurangi keluar rumah selama berpuasa ataupun berbelanja di pusat perbelanjaan jika tidak dibutuhkan. Kebanyakan akan mencari tempat makan untuk buka bersama.

Menjaga Kesehatan mental & fisik

Tertawa adalah salah satu cara melepaskan penat. Dan berkumpul dengan teman-teman adalah cara yang tepat untuk dapat tertawa lepas. Tahukan kamu bahwa tawa adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental maupun fisik. Karena itu, teruslah mencari tawa agar selalu sehat selama ramadhan dan setelahnya.

Mandapatkan rahmat

Tentu yang paling diinginkan adalah rahmat dari Yang Maha Esa. Melalui rahmatnya, hidup akan menjadi lebih baik dan tenang.

Semua hal tersebut berkat Internet menyatukan Indonesia bukan? Kita dapat terus menjalin tali persaudaraan bahkan yang berada sangat jauh dari pandangan mata. Hanya dapat saling menyapa via virtual. Dan hal tersebut cukup daripada harus menyebarkan virus selama pandemik. Lebih baik berada di dalam rumah. Tapi itu dua tahun lalu.

Tahun ini kita dapat bertemu langsung, tatap muka dan berkumpul bersama dalam satu tempat. Tanpa rasa takut ataupun khawatir. Berkumpul bersama keluarga besar selama bulan ramadhan. Anak-anak pun juga sudah aman untuk berlibur dan mengunjungi sanak saudara yang berada di luar kota.

Bagi yang tidak dapat berkumpul bersama, internet tetap bisa menjadi solusi. Dengan internet, buka puasa secara virtual juga menjadi hal yang biasa. Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Saling menyapa satu sama lain via virtual.

Hal yang paling berharga selama ramadhan adalah kumpul-kumpulnya. Jika tidak dapat melakukan reuni secara langsung masih bisa melakukan reuni secara virtual. Bukankan internet menyatukan Indonesia, dapat menyapa teman-teman yang berada di rantau pun menjadi mudah. Apalagi jika jaringan sudah cukup mudah dijangkau untuk saat ini. Mau berada di kota kecil ataupun kota besar bisa dengan mudah menemukan internet. Jika provider swasta tidak bisa menjangkau maka gunakan milik negara seperti Indihome.

Jangan hanya karena tidak ada Internet, menjadi sulit menjalin tali persaudaraan dengan teman-teman, keluarga dan rekan kerja. Karena itu, pastikan untuk selalu memiliki jaringan dan menyapa mereka-mereka yang tidak dapat diajak untuk bertatap muka secara langsung.

Selamat berpuasa kawan-kawan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image