Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yopi AR

Indahnya Bandung Pangandaran via Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat

Info Terkini | Monday, 25 Apr 2022, 19:26 WIB
Jalan Naringgul, Kabupaten Cianjur.

Halo sobat sekalian, Hari Raya Idul Fitri 2022 sudah didepan mata, banyak dari kita tengah sibuk mempersiapkan diri untuk menjalani mudik lebaran tahun ini. Tepat sekali, lebaran tahun ini terasa istimewa lantaran pemerintah sudah memperbolehkan kembali aktivitas mudik setelah dua tahun kita tidak bisa mudik .

Bagi kamu yang berada di Kota Bandung dan hendak mudik ke Pangandaran, ada baiknya sobat sekalian menggunakan jalur pantai selatan (Pansela) Jawa barat. Ada kemungkinan jalur ini tidak akan semacet jalur utama yang melalui kota. Lihat Video: Bandung Pangandaran via Pansela.

Bandung Pangandaran via Pansela

Jika pada hari-hari biasa jalur ini memang tidak terlalu ramai, padahal kondisi jalannya bisa dikatakan cukup baik. Hanya saja memang ada penambahan waktu sekitar satu jam perjalanan jika dibandingkan dengan via Kota.

Meski begitu ada banyak keunggulan jika kita mudik melewati jalur Pantai Selatan (Pansela). Selain jalanan tidak terlalu ramai, kondisi jalannyapun bisa dikatakan cukup baik meskipun ada beberapa jalan yang ukurannya masih kecil. Selain itu kamu tidak akan menemukan lampu lalu lintas dan juga kendaraan umum.

Keindahan Rute Bandung Pangandaran via Pantai Selatan

Dari arah Kota Bandung kamu langsung menuju ke arah Ciwidey, sepanjang jalan Ciwidey kita akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat indah yang berbukit-bukit. Selain itu udara Ciwidey juga sangat sejuk dan cenderung dingin.

Perjalanan dilanjutkan hingga ke Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. Disini jalannya sudah cukup bagus meskipun ada turunan dan tanjakan yang cukup ekstrim. Namun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam pedesaan yang sangat

Kamu akan disuguhkan dengan hutan-hutan pegunungan yang terdapat banyak sekali air terjun. Selain itu persawahan terasering serta sungai-sungai yang jernih semakin menambah indah suasana.

Setelah itu kamu akan mulai masuk ke daerah Kecamatan Cidaun dengan jalanan di perbukitan, kemudian kamu akan disambut dengan pemandangan lautan dengan gulungan ombak yang memutih.

Dari sinilah kamu akan mulai melewati jembatan-jembatan besar yang jumlahnya sekitar 100 jembatan hingga ke Pangandaran. Dari Cidaun kamu menuju ke Garut, disini kamu akan melewati hutan perkebungan Karet yang banyak terdapat segerombolan sapi. Sapi-sapi tersbeut terkadang berbaris di tengah jalan sehingga menutuoi jalan.

Perjalanan dilanjutkan hingga ke Tasikmalaya dan Pangandaran, sepanjang jalan kamu akan disuguhkan pemandangan pantai Selatan yang masih belum terjamah.

Waktu Perjalanan Bandung Pangandaran via Pansela

Seperti dikatan diatas waktu perjalan Bandung Pangandaran via Pansela lebih lama satu jam ketimbang via Kota. Total waktu tempuhnya mencapai 7 jam perjalanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image