Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image syncore subandi

Webinar BUMDes 2022 dengan Tema Sinergi BUM Desa dan UMKM dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

Info Terkini | Monday, 25 Apr 2022, 16:17 WIB

Webinar BUMDes 2022 dengan Tema Sinergitas BUM Desa dan Pelaku UMKM dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto dalam banyak kesempatan menyampaikan bahwa peran BUMDes dalam ekonomi desa memiliki skala kewenangan yang luas.

Peran-peran ini dapat diimplementasikan sebagai peran aggregator (penumbuh) dan peran konsolidator unit-unit ekonomi di desa.

Sehingga BUM Desa tidak lagi menjadi kompetitor ekonomi usaha di desa, melainkan menjadi pendorong lahirnya potensi-potensi ekonomi baru.

Kini peran BUMDes dapat diperluas dalam berbagai bentuk seiring dengan hadirnya Peraturan Presiden No 104 Tahun 2021 mengenai alokasi dana desa untuk ketahanan pangan.

Sebagai agregator tugas BUMDes tidaklah sendirian, melainkan membentuk kerjasama kolaboratif dengan potensi-potensi ekonomi yang ada di desa yaitu sektor UMKM.

Sektor UMKM di desa memegang peranan penting dalam memperkuat ketahanan pangan. Selain sektor ini banyak dikendalikan masyarakat desa, sektor UMKM juga menjadi penyumbang terbesar roda perekonomian desa setelah sektor pertanian.

Itulah mengapa BUM Desa dapat membentuk kolaborasi dengan UMKM Desa untuk memperkuat ketahanan pangan.

Informasi tentang ketahanan pangan bisa mengikuti webinar serial bertema “Sinergitas BUMDes dan Pelaku UMKM dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional”.

Webinar ini terbuka bagi pemerintah desa, aparatur desa, pengurus BUMDes, aktivis LSM hingga mahasiswa dan akademisi untuk mendiskusikan penguatan ketahanan pangan di desa.

Pemateri-pemateri yang hadir antara lain:

Dr. Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA (Direktur Pengembangan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi BAPPENAS). H. Febby Datuk Bangso (Ketua Forum BUM Desa Indonesia)Zulkifli (Direktur BUM Desa Kuala Alam, Kab. Bengkalis, Prov. Riau)

Segera Daftar dengan Scan QR Code di e-Poster atau Klik Link Berikut

Note : Webinar ini Free

Informasi lebih lanjut :

Tim Sekretariat bumdes.id 0878-0590-0800 atau 0857-7290-0800 www.bumdes.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image