9 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Image
Nabila Majida
Gaya Hidup | Wednesday, 26 May 2021, 19:21 WIB

Kesehatan mental merupakan kesehatan dari jiwa dan pikiran. 15 dari 20 orang memiliki pendapat bahwa kesehatan mental mereka sering terganggu, seperti sering nya memiliki perasaan yang gelisah dan cemas, kurangnya tidur karena banyak permasalahan yang membuat beban pikiran. permasalahan inilah yang sering kali terjadi pada gangguan kesehatan mental seseorang. oleh karena itu , pentingnya menjaga kesehatan tidak hanya dalam fisik tapi juga mental kita.

Menurut Dr. Reni Utari, Kesehatan mental sering kali terlupakan karena biasanya kebanyakan orang hanya fokus pada kesehatan fisik saja. Padahal, keduanya sama-sama berperan penting dalam kehidupan seseorang (28/08/2020). Mungkin karena banyaknya orang yang mengalami kesulitan pada saat masa pandemi seperti ini membuat orang menjadi khawatir akan kehidupannya. Isu Kesehatan mental membuat banyak orang sadar pentingnya mengelola stres dan cemas agar tidak semakin meningkat. Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar, dikutip dari promkes.kemkes.go.id (24/05/2021).

Menurut Nailul, Mahasiswi Rekam Medis, bahwa Kesehatan mental itu penting karena kesehatan mental yang terjaga tidak hanya mencegah datangnya gangguan mental, tetapi juga membuat diri kamu sejahtera dan dapat berfungsi dengan baik dalam lingkungan. Seperti saat kamu sedang merasa cemas ataupun gelisah itu akan mengganggu kesehatan mental diri sendiri. Salah satu ciri umum yang biasa terjadi adalah pernafasan yang semakin cepat, detak jantung meningkat, dan dalam beberapa kasus juga disertai tangan yang bergetar.

Menurut World Health Organization (WHO) , terdapat empat kriteria yang menjadi pertanda terjaganya Kesehatan mental, yakni:

- Dapat mengatasi berbagai stres dan masalah kehidupan

- Mampu bekerja secara produktif

- Bisa menggali potensi diri

- Berkontribusi terhadap masyarakat sekitar.

faktanya, WHO mendeskripsikan kesehatan sebagai suatu kesatuan yang mencakupi fisik, mental, dan kesejahteraan. Itulah mengapa kita tak boleh menyepelekan pentingnya kesehatan mental.

"Dengan banyaknya tuntutan dalam kehidupan yang disertai tekanan, tidaklah heran seseorang akan mudah terkena stres, yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental. Karir, bisnis, pendidikan, asmara, keluarga, hingga macet pun dapat dikontribusi mengganggu stabilitas mental seseorang." kata dr. Sahat Hamonangan. Lalu bagaimana cara mengatasi agar kesehatan mental kita stabil? . Untuk mengurangi terganggunya Kesehatan mental kita, ada 9 cara aman untuk mengatasi Kesehatan mental.

Olahraga

Olahraga menjadi obat untuk semua, karena bermanfaat untuk Kesehatan fisik, emosional, dan mental kita. Menurut Healthxchange Singapore, olahraga teratur berdampak pada kesejahteraan dan kesehatan mental kita.

Tidur

Banyak orang yang suka begadang pada waktu malam hari, ini akan memengaruhi Kesehatan mental kita. Oleh karena itu tidur yang cukup menjadi salah satu cara mengatasi Kesehatan mental kita.

Mindfullnes

Di dunia yang serba-cepat ditambah dengan pandemi yang masih berlangsung, membuat hidup kita lebih stres dari sebelumnya. Banyak dari kita yang merasa terbebani oleh emosi yang tidak nyaman. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam, dan mempraktikkan beberapa teknik mindfulness yang membantu mencegah kecemasan kita lepas kendali.

Terapi Suara

Musik yang beresonasi dengan kita di tingkat terdalam, memiliki kekuatan untuk mengubah emosi dan kesejahteraan mental. Menurut Healthline, suara dapat mengubah atau mengintensifkan keadaan emosi kita pada suatu waktu tertentu sehingga membantu orang yang menderita masalah seperti kecemasan, gangguan stres pasca-trauma, demensia, dan kondisi medis lainnya dengan baik.

Makan

Usus kita sering disebut sebagai otak kedua, berkat peningkatan penelitian yang menunjukkan hubungan antara pencernaan dan kesehatan mental. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Medical News Today, makanan seperti kacang Brazil, cokelat hitam, telur, dan kunyit dapat mengatasi kecemasan dan gejalanya.

Alam

Alam memiliki kekuatan luar biasa untuk meningkatkan dan menenangkan kondisi mental kita. Co-Founder of Limitless Asher Low menyatakan lingkungan yang kita ciptakan di sekitar dan turinitas harian sering kali membuat stres. Menyatu dengan alam bebas adalah antitesis dari hal tersebut karena memiliki efek menenangkan.

Minum Teh

Proses membuat dan meminum teh sering dikaitkan dengan seni yang menenangkan, tetapi beberapa teh bisa memiliki efek lebih langsung pada otak sehingga mengurangi kecemasan. Teh mengandung sejenis asam amino yang disebut theanine, mirip dengan kafein dalam kopi.

Bersyukur

Saat bersyukur, kita bisa mengurangi perasaan cemas dan depresi, serta sangat berguna jika kita sedang mengalami kesulitan tertentu, dengan rasa syukur yang membuat semuanya berada di bawah kendali kita.

Berbicara

Kita bisa bercerita dengan seseorang yang kita percayai, itu dapat membantu kita mengurangi rasa gelisah. Biasanya ada perspektif baru yang tidak terpikirkan dan bisa membantu kita menemukan solusinya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Hidupkan Literasi Siswa Desa, Guru Penggerak Buat Tali Cica

Image

Kewajiban Orang Tua (ORTU) & Para Pendidik

Image

5 Pertanda kamu sedang mengalami quarter life crisis

Image

Orientasi Bisnis Bank Syariah

Image

Peluk Virtual, Tradisi di Masa Pandemi

Image

Memeluk Pagi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image