Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dhomiri Balai Penelitian

Peran Bank Syariah dalam Memajukan UMKM DhOMiri

Info Terkini | Tuesday, 25 May 2021, 23:02 WIB

Peran Perbankan Syariah dalam Memajukan UMKM DhOMiri

Tema : Anak/Kaum Muda Melek Perbankan Syariah

SubTema : Peran Perbankan Syariah dalam Memajukan UMKM

DhOMiri adalah balai-karya yang didirikan pada 15-Januari-2017 dan baru berusia +4.5tahun, sehingga kaum para-pekerja DhOMiri bisa dikatakan adalah kaum muda. Dengan usia DhOMiri yang masih amat muda,amatlah banyak tantangan yang dihadapi DhOMIri untuk membangun dan membesarkan 3 unit-unit balai-karya DhOMiri : (1) balai mushola DhOMiri, (2) balai pustaka DhOMiri dan (3) balai penelitian DhOMiri, dengan fokus utama adalah pembangunan balai mushola DhOMiri (1). Salah-satu cara DhOMiri untuk mengumpulkan anggaran pembangunan mushola adalah dengan mengadakan DhOMiri Ahad market, yang rutin diselenggarakan setiap hari Ahad/hari Minggu. Karena pandemi covid-corona yang telah berlangsung setahun lebih (Desember 2019 sampai sekarang), DhOMiri Ahad market ini diselenggarakan secara online melalui group dan akun whatsapp antara lain: group whatsapp CSD-2 CSD-3 CSD-4-Matters. Beberapa produk DhOMiri maupun titipan supplier yang diperdagangkan antara lain: buku DhOMiri Press, pengait-masker dan tasbeh dr Jombang, chococo (coklat lapis bubuk-santan), lampu kaligrafi ALLAH dan lampu kaligrafi MUHAMMAD, tatakan-kayu-jati, sajadah+bolero multi fungsi, dan Lain~Lain, seperti photo-photo berikut:

insyaAllah apabila pandemi covid-corona berlalu, DhOMiri Ahad market ini akan diselenggarakan secara off-line di lokasi balai-karya DhOMiri : Jln. Cigadung Selatan Dalam II-III RT.005 RW.008, Bandung, disamping secara online melalui group dan akun whatsapp.

Beberapa hari lalu, penulis mendatangi Bank Syariah Indonesia (dulu:Bank Syariah Mandiri) di Jln. Ir.H.Juanda, Bandung, untuk menanyakan cara untuk mendapatkan akun QRIS (QR Code Indonesian Standard) untuk mempermudah transaksi perdagangan DhOMiri secara online. Petugas BSI dengan ramah mempersilahkan DhOMiri untuk melengkapi persyaratan administratif antara lain: surat Domisili DhOMiri dari Kecamatan, disamping struktur organisasi DKM DhOMiri dan informasi personil DhOMiri yang diberi kewenangan untuk melakukan transaksi perbankan. insyaAllah, apabila akun QRIS didapatkan oleh DhOMiri, diharapkan transaksi perdagangan DhOMiri Ahad market bisa meningkat dengan adanya QRIS DhOMiri ini. Para pembeli barang-barang dari DhOMiri bisa melakukan scanning bar-code QRIS DhOMiri, dan transaksi jual-beli barang-barang DhOMiri Ahad market bisa dilakukan secara lebih mudah.

Akun QRIS sendiri, telah banyak dipakai oleh Masjid-Masjid di Jawa Barat untuk pengelolaan zakat, infaq dan sedekah. Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) menginformasikan program 1000 Masjid, Mushola, dan Rumah Ibadah di Jawa Barat yang sudah memiliki akun QRIS untuk pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah (https://www.jabarprov.go.id/index.php/news/38644/2020/07/29/1000-QRIS-Rumah-Ibadah-di-Jabar-Persembahan-BI).

Walaupun ada perbedaan signifikan antara pemakaian QRIS Masjid-Masjid di Jawa Barat : untuk pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah, dengan pemakaian QRIS DhOMiri Bandung untuk transaksi perdagangan DhOMiri Ahad market, insyaAllah DhOMiri tetap berhati-hati dan menjaga kehalalan transaksi-transaksi QRIS ini. Ada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan : transaksi perdagangan haram hukumnya apabila dilakukan di dalam masjid/mushola karena transaksi perdagangan ini bisa mengaburkan makna ibadah ini sendiri (https://almanhaj.or.id/3072-jual-beli-di-komplek-masjid.html).

balai mushola DhOMiri sendiri adalah balai mushola yang terbuka (outdoor) dengan bentuk yang amat sederhana dengan lantai berbentuk bintang segi-enam dengan 5 (lima) bangku batu. Sudut bintang pertama menghadap kiblat adalah tempat solat imam, sedangkan shaf-shaf para makmum ada di belakangnya, apabila dibutuhkan ruangan yang lebih luas untuk para makmum maka bangku-bangku batu ini bisa dipindahkan keluar area bintang segi-enam. Formasi bangku-bangku batu diluar area bintang segi-enam ini adalah formasi yang akan dipakai apabila DhOMiri Ahad market berjalan secara offline di mana 1 bangku dipakai oleh 1 pedagang untuk meletakkan/mendisplaykan barang-barang dagangannya, sehingga memenuhi persyaratan bahwa transaksi perdagangan dilakukan di luar masjid/mushola DhOMiri. photo mushola DhOMiri (outdoor) adalah berikut ini:

insyaAllah, dengan prinsip kehati-hatian ini DhOMiri masih bisa melakukan transaksi perdagangan secara offline di lokasi balai mushola DhOMiri, dan dengan dukungan QRIS dari Perbankan Syariah diharapkan semakin banyak orang-orang dan komunitas DhOMiri yang tersentuh untuk membeli barang-barang dari DhOMiri Ahad market, sehingga pembangunan mushola DhOMiri bisa terus dilanjutkan. amiin amiin yaa robbal alamin...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image