Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKN 73 Sukomanunggal

MAHASISWA KKN-T KELOMPOK 73 UPNVJT MANFAATKAN SAMPAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI MEDIA TANAM VERTIKULTUR

Eduaksi | Friday, 22 Apr 2022, 12:00 WIB
Foto Ketua KKN-T Kelompok 73 UPNVJT bersama Bapak RW 01 Donowati (Dokumentasi Pribadi)

Sampah plastik selalu menjadi permasalahan utama di masyarakat, karena dapat menimbulkan ancaman bagi lingkungan. Dampak yang ditimbulkan cukup serius sehingga perlu adanya kesadaran untuk menangani salah satu permasalahan lingkungan ini. Salah satu cara untuk mengatasi masalah plastik yaitu dengan mendaur ulang dalam bentuk instalasi vertikultur. Vertikultur merupakan sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat.

Selain untuk mengurangi sampah plastik, vertikultur juga menjadi solusi pertanian di lahan sempit seperti di Desa Donowati yang padat penduduk dan menyebabkan tidak adanya lahan yang cukup untuk mengoptimalkan pertanian. Di samping untuk solusi pertanian di lahan sempit, vertikultur juga dapat digunakan sebagai nilai estetika dan meningkatkan kesadaran pemanfaatan kembali sampah botol plasktik agar lebih berguna di kawasan permukiman seperti Desa Donowati ini. Kegiatan vertikultur dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T Kelompok 73 UPNVJT di minggu pertama dan kedua Bulan April 2022.

Dalam pembuatannya, cara kerja yang dilakukan yaitu, pertama memotong salah satu sisi botol bekas. Kedua, melubangi sisi lainnya sebagai aliran air, agar ketika waktu penyiraman aair tidak tergenang di botol. Ketiga, merangkai botol satu dengan yang lain dengan tali tampar. Keempat, penanaman dilakukan dengan menggunakan media sekam, pupuk kompos, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1, tanaman hias yang digunakan meliputi lili paris, krokot, bunga Yolanda, dan bunga bulu ayam. Setelah itu, tanaman vertikultur siap di letakkan di dinding.

Kegiatan vertikultur ini juga didukung penuh oleh Bapak RW 01 Donowati, sebagai pemanfaatan barang bekas dan juga dapat menambah nilai estetika di kampung Donowati. Begitupun bagi kami, Mahasiswa KKN-T Kelompok 73 UPNVJT sangat senang bisa melakukan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk media tanam vertikultur. “Saya selaku ketua mewakili teman-teman KKN-T kelompok 73 berharap vertikultur dapat bermanfaat dan dapat diterapkan oleh Warga Donowati,” ucap Bimantara, Ketua KKN-T Kelompok 73 UPNVJT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image