Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andri Mastiyanto

Nah Ini Dia 5 Cara Danone Indonesia Menunjang Gaya Hidup Halal

Gaya Hidup | Friday, 22 Apr 2022, 11:06 WIB
5 cara Danone Indonesia Menunjang Gaya Hidup Halal I Sumber Foto : dokpri

Hits gaya hidup halal telah mengglobal atau telah menjadi global halal lifestyle yang tidak hanya berkembang di negara mayoritas Muslim juga memberi pengaruh ke Negara dengan penduduk minoritas Muslim.

Untuk itu bertepatan dengan bulan Ramadan 2022, Danone Indonesia dan CNN Indonesia menggelar webinar bertema ‘Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat’, Rabu (20/4/2022).

Danone Indonesia dan CNN Indonesia menggelar webinar bertema ‘Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat’, Rabu (20/4/2022) I Sumber Foto : Danone Indonesia

Danone Indonesia dan CNN Indonesia menghadirkan nara sumber Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Muhammad Aqil Irham, dan Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri.

Melalui webinar tersebut, apa saja sih yang terkuak dari cara Danone Indonesia menunjang gaya hidup halal pondasi Indonesia sehat dan kuat ?

...

1. Danone Indonesia Menetapkan Halal Sebagai Value

Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri menyampaikan saat webinar, Rabu (20/4/2022) bahwa halal merupakan value dari Danone Indonesia yang ditujukan bagi konsumen dan sertifikasi halal dijadikan prioritas.

Danone Indonesia menerapkan halal sebagai value I Sumber Foto : dokpri

Halal merupakan komitmen Danone Indonesia. Halal bagi Danone Indonesia itu value yang selalu kita junjung dan menjadi satu kesatuan dengan keamanan dan mutu” ungkap Prita

Prita pun menjelaskan bahwa Danone Indonesia memiliki 2 (dua) bisnis unit yang terpisah, pertama memproduksi air minum dalam kemasan seperti Aqua, Mizone dan Vit.

Selain itu juga memproduksi Specialized Nutrition ini yang merupakan produk-produk bagi anak-anak, ibu hamil & menyusui, dan juga rentang usia lain (tahapan usia) salah-satu contohnya SGM Explore.

Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi menerangkan bahwa tren gaya hidup halal sangat memperhatikan standar kelayakan, kebersihan, dan kesehatan bagi manusia. Karena, produk halal tidak hanya dikhususkan bagi umat Muslim saja.

Jetti berpendapat seorang Muslim yang menerapkan gaya hidup halal dalam kesehariannya akan menggunakan barang dan jasa yang halal dan juga thoyyib (baik).

...

2. Danone Indonesia Menunjang Global Halal Lifestyle

Pertumbuhan pasar halal dunia itu memicu global halal lifestyle atau gaya hidup halal. Pertumbuhan ini pun berdampak ke Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Muhammad Aqil Irham, menerangkan bahwa Pemerintah menetapkan target 10 juta produk halal di tahun 2022.

Halal itu bukan hanya terkait dengan tuntutan syariah atau perintah agama. Saat ini halal sudah berkembang jauh menjadi tren gaya hidup anak muda” jelasnya

Danone Indonesia melalui salah-satu produknya AQUA di bulan puasa Ramadhan ini memunculkan tagline “Apapun Aktivitasmu di Bulan Suci ini, #AQUADULU”.

Gaya hidup halal di bulan Ramadhan ini menjadi pegangan bagi umat Muslim dalam memilih produk, termasuk saat memilih air minum mineral.

Air mineral sangat baik dikonsumsi selama bulan puasa. Hal ini dikarenakan air mineral dapat memberikan kita asupan cairan yang membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar.

Secara umum, air mineral dianjurkan untuk dikomsumsi sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per harinya. Air mineral menjadi salah-satu pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi.

Minum air mineral saat ini sudah menjadi gaya hidup. Hampir disetiap sudut kota baik kota besar maupun kecil bahkan dipedesaan menjual produk air mineral.

Berdasarkan survei Populix pada Maret 2022 mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia memilih AQUA (89 %) sebagai merek air mineral yang paling banyak diminum saat Ramadhan.

...

3. Sertifikasi Halal Bagi Produk Danone Indonesia Menjadi Prioritas

Prima menjelaskan bahwa Danone Indonesia menjalankan Proses Produk Halal (PPH). Danone Indonesia juga memastikan bahwa penggunaan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi telah memiliki sertifikat halal.

Lanjutnya, sebagai perusahaan yang menyediakan produk hidrasi dan nutrisi, Danone Indonesia berupaya menyediakan kehidupan yang sehat sebagai fondasi dari kesehatan jangka panjang dengan mengikuti standar mutu halal, keamanan pangan dan lingkungan.

Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri I Sumber Foto : dokpri

Prima memastikan bahwa Danone Indonesia juga telah mencantumkan label halal pada kemasan produk-produk nya.

Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada).meriah HAS Award 2021 dari LPPOM MUI. HAS Award 2021 diberikan kepada perusahaan yang bersertifikat halal dan konsisten mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (SJH) dengan baik.

LPPOM MUI menerapkan kriteria peraih penghargaan berdasarkan penilaian yang ketat, seperti harus memiliki sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH), hingga mendapatkan status A di seluruh fasilitas yang terdaftar.

Selain itu, perusahaan harus melakukan perpanjangan tepat waktu (mendaftarkan ke CEROL-SS23000 tiga bulan sebelum dan selesai tidak lebih dari masa berlaku sebelumnya) dan tidak ada kelemahan saat audit selama empat tahun terakhir (bukan hasil perbaikan kelemahan).

...

4. Proses Aktivitas untuk produk Danone Indonesia Terjamin Halal

Di Indonesia, fenomena konsumen memilih makanan halal dan berbelanja produk halal, atau bertransaksi menggunakan produk-produk syariah sudah menjadi hal yang umum kita temui.

Perilaku tersebut karena dilandasi kesadaran bahwa halal bukan saja karena perintah agama, tetapi baik dan berguna bagi kehidupan. Namun, produk halal tidak hanya tentang produk saja, tetapi juga dimulai dari prosesnya.

Halal itu bukan hanya ujungnya saja (produk). Tapi prosesnya pun harus halal dan toyyib (baik). Dimulai dari mendapatkan bahan baku dan kemudian diproses dengan cara yg baik. Standar pembayarannya pun baik. Halal dan toyib merupakan mata rantai” tegas Jetti Rosila Hadi

Proses aktivitas halal untuk Produk Danone Indonesia I Sumber Foto : dokpri & Danone Indonesia

Apa yang ditegaskan oleh Jetti Rosila Hadi pun diterapkan oleh Danone Indonesia dalam menghasilkan produknya ungkap Prima Sehanputri.

Danone Indonesia dalam proses pengolahan, pengemasan produk yang dihasilkan, hingga aktivitas pendistribusian produk juga dilakukan dengan memenuhi standar kehalalan,” jelas Prima Sehanputri.

...

5. Danone Indonesia Berperan Aktif Mengembangkan Ekosistem Halal

Kegiatan webinar yang bertajuk ‘Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat’ merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk mendorong masyarakat agar menerapkan gaya hidup halal dan bersinergi perkuat ekosistem halal di Indonesia.

Danone Indonesia berperan aktif mengembangkan ekosistem halal I Sumber foto : dokpri

Webinar dengan menghadirkan narasumber yang berkopeten ini bagian mengedukasi masyarakat menyangkut halal lifestyle dan bagaimana membantu pemerintah untuk memperoleh sertifikat halal.

Danone Indonesia juga berperan aktif untuk mengembangkan ekosistem halal, baik dalam memenuhi kebutuhan akan gaya hidup halal konsumen, mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan BPJPH (expo, halal training dan inhouse, kunjungan pabrik,dll) , maupun mendorong masyarakat dalam menerapkan gaya hidup halal yang bersih dan sehat.

...

Salam Sehat Blogger Udik dari Cikeas

Andri Mastiyanto

Twitter @andriegan I Instagram @andrie_gan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image