Perbankan Syariah dalam Memutus Lilitan Riba yang Mencekik Masyarakat Menengah Kebawah

Image
Umi Masitah
Bisnis | Tuesday, 25 May 2021, 16:32 WIB

Masyarakat menengah kebawah merupakan lini masyarakat yang jarang tersentuh oleh berbagai kemajuan. Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang ekonomi Islam yang justru memudahkan bukan malah menambah beban. Tugas besar bagi praktisi ekonomi syariah untuk mensosialisasikan dan memberikan wawasan terkait pentingnya bermuamalah secara syariat. Celah ini dimanfaatkan oleh rentenir dan praktisi ekonomi ribawi. Disaat masyarakat mengalami kesulitan ekonomi dan membutuhkan suntikan dana cepat, mereka hadir memberikan angin syurga dengan memberikan pinjaman dengan proses yang sangat cepat. Namun, masyarakat tidak mengetahui akibat jangka panjangnya bahwa mereka harus mengembalikan dana pinjaman tersebut dengan bunga berkali lipat . Jika sudah jatuh tempo dan mereka belum bisa mengembalikan uang tersebut, maka bunga akan semakin besar, sehingga masyarakat tersebut terlilit hutang yang semakin menyesakkan sendi kehidupan mereka. Belum lagi akibat yang akan diterima diakhirat nanti, jika bermuamalah dengan sistem riba. Naudzubillah min dzalik.

Peran perbankan syariah dalam hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebagai lembaga keuangan yang berasaskan Alquran dan Hadits dalam bermuamalah, maka kontribusi perbankan syariah didambakan oleh umat muslim dalam membangkitkan perekonomian Islam. Diharapkan perbankan syariah tidak hanya menyentuh pengusaha-pengusaha yang sudah mapan saja, namun mampu membangkitkan perekonomian yang terpuruk. Misi perbankan syariah diharapkan bukan hanya mengambil keuntungan saja, namun mengedepankan asas taawun (saling tolong menolong). Menolong masyarakat menengah kebawah untuk bangkit menuju kehidupan yang layak dengan sistem yang Allah ridhoi di dunia dan akhirat. Misi ini sangat besar dan mulia sekali, jika semua pihak dan praktisi ekonomi syariah berkolaborasi, kemajuan ekonomi Islam bukanlah hal yang mustahil.

Produk-produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah hendaknya lebih bervariasi dan bersifat mengayomi, mulai dari pemberian pengetahuan kepada masyarakat, secara perlahan mengajak masyarakat untuk mengenal ekonomi Islam. Selanjutnya ditawarkan produk perbankan syariah untuk mulai berwirausaha sesuai syariat. Penawaran produk ini diharapkan dilaksanakan dengan bimbingan penuh oleh praktisi ekonomi syariah. Pihak bank Islam melalui CSR nya dapat berkolaborasi dengan dosen dan mahasiswa ekonomi Islam. Pihak bank memberikan pendanaan dan pihak dosen dan mahasiswa melakukan pendampingan ekonomi secara intensif. Nah, dengan demikian sumbangsih perbankan syariah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

Dengan demikian, jika ada kesulitan ekonomi yang menghimpit, masyarakat sudah memiliki tempat yang tepat untuk menyelesaikan masalahnya, bukan malah memanfaatkan jasa rentenir yang ujung-ujungnya akan semakin melilit keuangan mereka dan juga akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Kehadiran perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya sebenarnya sangat didambakan oleh umat muslim untuk memperbaiki derajat dan keberkahan kehidupan mereka. Kebangkitan ekonomi masyarakat muslim merupakan batu bata pertama kebangkitan ekonomi masyarakat muslim. Sebagai Negara muslim terbesar, sudah saatnya kita menyadari hal penting ini demi kemaslahatan bersama. Mari bersama-sama untuk membangkitkan ekonomi Islam dengan peran kita diberbagai bidang masing-masing, sebagai motivator ekonomi Islam, sebagai praktisi ekonomi Islam (dosen, mahasiswa, pengusaha muslim), sebagai konsumen yang cerdas dalam memilih produk saudara kita, maupun sebagai pengelola lembaga keuangan syariah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Memaknai Belajar dan Mengajar Online di Masa Pandemi

Image

Membangun Kedisiplinan Saat Pandemi itu Penting

Image

BERSINERGI, GELIATKAN SENDI-SENDI KEHIDUPAN UNTUK BANGKIT KEMBALI

Image

Lomba Vidio: Guru Hebat Bangsa Kuat

Image

Ketika Pandemi Covid Menepi

Image

Tetap Seru Belajar Asam dan Basa di Masa Pandemi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image