Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deta Utami

Bagaimana Bank Syariah Indonesia Penuhi Kebutuhan Anak Muda

Info Terkini | Tuesday, 25 May 2021, 00:01 WIB
Ilustrasi Anak Muda (Source Youtube Bank Syariah Indonesia Web Series)

BSI memiliki banyak produk dan layanan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk anak muda seperti menabung, investasi, persiapan haji serta umrah, emas dan lainnya. Selain dari memperlengkap produk berbasis syariahnya Bank Syariah Indonesia (BSI) juga melakukan beberapa aktivitas yang mampu memenuhi kebutuhan anak muda, pada tulisan kali ini penulis memang akan memfokuskan pembahasan yang dampaknya langsung menyentuh anak muda karena sebentar lagi Indonesia akan memasuki periode Indonesia Generasi Emas, yang erat kaitannya dengan bonus demografi penduduk usia produktif Indonesia, selain itu Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan bahwa segmen milenial juga merupakan ekosistem yang sangat potensial bagi perbankan syariah, .Apa sajakah aktivitas itu? Mari kita simak:

1. Writing competition - Memenuhi Kebutuhan Literasi Digital untuk Meningkatkan Awareness Anak Muda terhadap Perbankan Syariah

Bekerjasama dengan Republika yang memiliki blog untuk para netizen menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal, yang diberi nama Retizen Republika Blogger. Selain membuat penulis Retizen menjadi melek akan perbankan syariah dan potensinya, blog ini juga akan berdampak pada pembaca yang jadi memiliki pengetahuan serta new insight setelah membaca tulisan yang ditulis oleh peserta Retizen Writing Competition, Lomba Menulis Perbankan Syariah dengan tema Anak Muda Melek Perbankan Syariah.

Awareness akan perbankan syariah ini penting untuk dibangun dan dipahami anak muda dikarenakan potensinya yang besar bahkan digambarkan Presiden Jokowi sebagai raksasa yang tertidur, hal ini terkait dengan Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar dan tentunya bonus demografi di tahun 2024.

2. Griya Simuda - Memenuhi Kebutuhan Anak Muda untuk Memiliki Tempat Tinggal

Griya Simuda merupakan pembiayaan perumahan yang mengincar pasar milenial.

BSI Griya Simuda merupakan salah satu wujud penyesuaian produk untuk kaum milenial, dimana mereka membutuhkan dukungan dari lembaga keuangan dalam mewujudkan muda punya rumah hobi ga ngalah, ungkap Direktur Utama BSI. Tak tanggung untuk mewujudkan ini BSI menggandeng developer ternama dan handal seperti Perumnas, Ciputra, Jaya Real Property, Sinar Mas Land, Metropolitan Land, Summarecon dan masih banyak developer lainnya.

Griya simuda memiliki berbagai fitur diantaranya plafond pembiayaan hingga 120 % lebih tinggi, angsuran pembiayaan yang flexible, jangka waktu hingga 30 tahun, dan DP mulai 0%. Hal ini lah yang mendukung generasi muda untuk memiliki rumah yang kehalalan dalam transaksi keuangannya terjamin.

3. Memfasilitasi Pembangunan Water Station dan Penyaluran Beasiswa pada Perguruan Tinggi - Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa dan Warga Kampus

Alokasi dana dikucurkan pada tahap pertama BSI memfasilitasi Water Station di Institut Pertanian Bogor adalah mencapai Rp 300 Juta, Water Station akan berada pada tiga titik diantaranya di Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan Perpustakaan LSI.

BSI bersama LAZ BSMU juga menyalurkan beasiswa dengan besaran total Rp 200 jt untuk 40 mahasiswa berprestasi terdampak covid.

Dilansir dari web resmi BSI usha ini merupakan salah satu program keuangan berkelanjutan perseroan (CSR) sebagai aksi nyata mengurangi dampak penggunaan plastik kemasan sekali pakai air mineral yang berdampak pada lingkungan, meningkatkan kebiasaan baik mengkonsumsi air, dan menciptakan pelestarian lingkungan sesuai dengan salah satu tujuan syariah yakni menjaga alam dan lingkungan hidup yang seimbang. Sehingga akan membantu pemerintah juga dalam pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs)

Pendekatan Terhadap Segmen Potensial

Selain aktivitas di atas yang tentunya dapat memenuhi kebutuhan anak muda, bank syariah Indonesia juga melakukan berbagai pendekatan yang menyasar anak muda dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya tidak bosan penulis me-mention yang menjadi favorit penulis, yaitu Web Series BSI. BSI Mengeluarkan 2 web series yaitu Harmoni Cinta Mini Series dan Griya Ajar Cinta Web Series. Tokoh utama pada web series in merupakan pemuda berusia 20-an yang berlatar belakang suasana tidak jauh dari gambaran kehidupan masyarakat muslim Indonesia dan sering kali disisipi candaan sehari-hari serta kisah romansa didalamnya.

Ilustrasi Web Series Griya Ajar Cinta

Uniknya selain secara halus memperkenalkan produk BSI, pada web series ini juga secara lembut mengajarkan tentang pengetahuan keuangan syariah seperti transparansi dan akad di awal, bahkan pelajaran hidup tentang sumber pendapatan yang halal. Hingga sekarang ini Web Seris Griya Ajar Cinta telah memiliki 10 episode dan masih akan berlanjut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image