Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image christo tomo

Mengenal Pipa HDPE Yang Memiliki Berbagai Kelebihan Dibanding Dengan Pipa Besi

Teknologi | Wednesday, 20 Apr 2022, 20:41 WIB

Polyethylene atau biasa disingkat menjadi PE adalah salah satu jenis plastik yang memiliki karakteristik fleksibel serta tahan akan benturan. Bahan plastik yang satu ini sejak dulu sudah banyak dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai produk, terutama untuk kebutuhan industri. Contoh produk yang dibentuk dari polyethylene adalah pipa HDPE (High Density Polyethylene).

sumber: pipapedia

Pipa HDPE mempunyai ciri khas yang mudah dikenali. Ciri yang pertama yaitu warnanya hitam, ciri yang kedua, biasanya pipa HDPE mempunyai strip berwarna di sepanjang badannya (warna stripnya tergantung dari produsen pipa tersebut). Pipa HDPE sering digunakan untuk membangun jaringan air bersih untuk mendistribusikan air ke rumah masyarakat atau bangunan komersial lainnya.

Tidak Beracun Dan Memiliki Kekuatan Tekanan Tinggi

Kelebihan yang pertama adalah bahan HDPE sudah terkenal sebagai plastik yang non toxic serta aman untuk digunakan. Jenis bahan plastik yang satu ini tidak akan mencemari air bersih untuk dikonsumsi yang ada di dalamnya. Singkatnya, air yang melewati pipa HDPE akan terjaga kebersihan dan kemurniannya.

Di Indonesia, pipa HDPE sudah banyak digunakan secara luas oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) karena kualitasnya terbukti lebih baik dan unggul daripada pipa Polyvinyl Chloride (PVC) untuk kebutuhan jaringan air bersih yang kuat dan tahan gempa bumi dan longsor atau pergeseran tanah.

Walaupun memiliki kelebihan dari sisi kekuatan terhadap benturan dan daya elastisitas, namun harga pipa HDPE cenderung lebih mahal dari pipa PVC.

2 Metode Penyambungan

Sistem penyambungan pipa HDPE menggunakan metode butt fusion. Sebuah metode penyambungan yang memerlukan alat khusus serta akurasi perhitungan sesuai dengan diameter serta ketebalan pipanya.

Walaupun lebih merepotkan daripada metode penyambungan pipa PVC yang menggunakan lem, tapi metode penyambungan butt fusion ini bisa dibilang sangat kuat karena menghasilkan sambungan yang bersifat homogen.

Metode penyambungan lainnya, yaitu Mechanical Compression Joints yang menggunakan fitting atau sambungan khusus untuk pipa berdiameter 20 - 63 mm. Metode penyambungan ini sangat sederhanya, anda hanya perlu memasukkan pipa ke ujung fitting, kemudian fittingnya hanya perlu dikencangkan dengan cara dipuntir.

Sebenarnya ada satu lagi tipe sambungan pipa HDPE, yaitu dengan menggunakan fitting electro fusion, namun metode ini sangat jarang dan hampir tidak pernah digunakan.

Berbagai Keunggulan Pipa HDPE dari Pipa Besi

Kelebihan penting pipa HDPE yang paling disorot adalah tingkat kelenturan, kekuatan yang tinggi, tingkat keretakan yang rendah, serta tidak bisa berkarat. Selain itu, pipa ini juga bisa diandalkan dalam waktu yang lama.

Sebelum menggunakan pipa HDPE, air bersih disalurkan dari mata air ke rumah warga menggunakan pipa besi. Pipa besi ini dipilih karena dianggap mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama karena besi punya sifat tahan banting.

Namun ada permasalahan yang terjadi, yaitu munculnya karat dalam pipa besi tersebut. Akibat karat ini, usia pemakaian yang awalnya diperkirakan bisa lama pun terus menyusut.

Di sisi lain, air bersih yang mengalir melewatinya juga ikut tercemar kandungan logam berat. Pada akhirnya, orang-orang mulai memikirkan opsi pipa berbahan dasar lain untuk penyaluran air bersih.

Di sinilah muncul pipa thermoplastik yang kemudian dipercaya jadi solusi alternatif bagi permasalahan tersebut. Pasalnya, pipa jenis ini tidak mengalami karat seperti pipa besi. Produk yang pertama kali digunakan merupakan pipa berbahan polyvinyl chloride (pipa PVC).

Sayang sekali, pipa PVC generasi pertama masih belum bisa menjawab tantangan penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Penyebab utamanya adalah penurunan kualitas material pipa karena terkena sinar matahari (ultraviolet).

Setelah itu, pipa PVC generasi modern kemudian muncul dengan bahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan saluran air terus menuntut pipa yang semakin kuat.

Pipa untuk saluran air harus memiliki ketahanan pada tekanan lebih dari 10 bar (Kg/cm2). Dari sinilah, pipa HDPE kemudian diperkenalkan.

Jika dibandingkan dua pipa yang lain, pipa HDPE punya banyak sekali kelebihan. Khususnya dalam efektivitas ketika digunakan untuk saluran air. Karakternya kuat, lentur, serta mempunyai tingkat keretakan yang rendah. Dengan spesifikasi seperti ini, pipa HDPE mampu bertahan sampai dengan 50 tahun.

Secara umum, kelebihan pipa HDPE dibandingkan dengan pipa besi antara lain:

Mempunyai tingkat keretakan yang rendah.

Material High Density Polyethylene (PE-100) yang digunakan dalam pipa ini mempunyai kerapatan molekul yang sangat tinggi. Dengan begitu, pipa HDPE jadi tidak mudah rusak.

Tingkat fleksibilitas tinggi.

sehingga bisa meminimalisir penggunakan fitting atau aksesoris. Khususnya Elbow atau Knee. Selain itu, berkat fleksibilitasnya pipa ini bisa tersedia dalam bentuk roll yang panjangnya lebih dari 50 meter.

Ringan.

Hampir seluruh bahan thermoplastik mempunyai bobot yang ringat, apalagi jika dibandingkan dengan pipa besi. Hal ini ternyata dapat mempermudah proses mobilisasi, pengiriman, pemasangan, maupun penyambungan pipa.

Tahan terhadap suhu rendah.

Pipa HDPE juga bisa menahan suhu yang rendah sehingga banyak digunakan oleh negara-negara di benua Eropa untuk saluran air bersih dan kebutuhan lainnya.

Tahan pada bahan kimia.

Tugas utama pipa HDPE adalah menjaga aliran air bersih dari sumber mata air ke tempat penampungan. Dengan begitu, air tersebut dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Pipa HDPE tahan pada bahan kimia yang membuat air di dalamnya jadi bebas polusi.

Tahan karat.

Kelebihan berikutnya adalah tahan karat. Inilah yang menjadikan pipa HDPE lebih baik daripada pipa besi dan mampu bertahan sampai 50 tahun lebih.

Model penyambungan variatif.

Pipa HDPE ini sambungannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya metode Mechanical Compression Joint bagi jenis pipa HDPE roll (diameter kecil), lalu Butt Fusion untuk pipa batang (diameter besar), serta metode penyambungan Electro Fusion untuk saluran gas bertekanan tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image