Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indra Gunawan

PRIMA DMI Kabupaten Solok Adakan Latihan Kader Masjid

Agama | Thursday, 20 May 2021, 03:08 WIB

PADANG, REPUBLIKA - Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kabupaten Solok akan mengadakan Latihan kader Masjid. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Jumat 28 s/d Sabtu 30 Mei 2021, bertempat di Pondok Pemuda samping Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah setempat.

Ketua panitia Latihan kader Masjid Gustian Zaid mengatakan, untuk kegiatan akan di ikuti oleh remaja-remaji Masjid dari perwakilan masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.

"Utusan masing-masing Kecamatan sebanyak 3 orang. Tentunya yang aktif berkegiatan di Masjid," ucap Gustian Zaid, Jumat (20/5/2021).

Lebih lanjut Gustian Zaid menyampaikan, untuk syarat peserta mengikuti Latihan kader Masjid, yakni beragama Islam, pandai baca tulis Al-Quran, memiliki wawasan ke Islaman, dan berumur 15-20 tahun.

Syarat selanjutnya, mendapatkan rekomendasi dari KUA Kecamatan setempat, menyerahkan pas photo terbaru 3X4 sebanyak 3 Lembar, dan mengisi biodata peserta yang disediakan oleh panitia (diisi saat mendaftar). Untuk perlengkapan yang dibawah peserta saat menjalani latihan sesuai kebutuhan di forum.

"Yakni perlengkapan shalat dan Al-Quran, untuk pakaian yang dipakai, peserta harus berpakaian rapi. Laki-laki memakai celana dasar panjang dan baju kemeja dan memakai sepatu. Untuk peserta perempuan memakai pakaian rapi dan sopan selayaknya muslimah serta memakai sepatu juga," terangnya.

"Mengenai uang pendaftaran, semua peserta tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis)," tambahnya.

Ketua Umum PRIMA DMI Kabupaten Solok Akmal Affani mengatakan ini merupakan salah satu program PRIMA DMI kabupaten Solok. "Alhamdulillah banyak yang memberikan dukungan dan support, seperti Bapak Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu, Bapak kepala Kankemenag Kabupaten Solok, Ketua MUI Kabupaten Solok Bapak Elyunus, Ketua Baznas Kabupaten Solok Bapak Sukardi, Ketua DMI kabupaten Solok Bapak Syamsir dan lain-lain," ucap Akmal Affani kepada wartawan.

Dalam hal itu Akmal juga meminta doa dan dukungan dari seluruh unsur masyarakat yang di Kabupaten Solok untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut supaya berjalan lancar dan di rahmati oleh Allah SWT.

"Doa dan dukungan dari masyarakat lah acara latihan kader ini dapat berjalan lancar. Dan semoga Allah meridhoi apa yang akan kami selenggarakan ini," ujarnya.

Untuk pemateri dalam acara latihan tersebut, Akmal menyampaikan akan di isi oleh pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

"Insya Allah akan hadir tokoh pemuda nasional sebagai keynote speaker, yaitu Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, Abangda M. Arief Rosyid Hasan yang juga merupakan Ketua Bidang Kepemudaan Islam di organisasi Dewan Masjid Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Yusuf kalla," katanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image