Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Swesti Melani

Media Pembelajaran Konkret Materi Sifat-Sifat Zat

Eduaksi | Wednesday, 19 May 2021, 20:06 WIB

Swesti Melani

182180142

Media Pembelajaran merupakan salah satu alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran agar mempermudah proses pembelajaran dan mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran banyak macamnya, salah satunya yaitu media pembelajaran denngan benda konkret. Media pembelajaran dengan benda konkret yakni media pembelajaran yang menggunakan contoh benda konkret (nyata) kepada siswa. seiring berkembangnya zaman yang ditunjang dengan hadirnya teknologi dan informasi, menyebabkan dunia pendidikan juga mengalami perubahan. Telah banyak ditemukan media pembelajarn untuk menunjang dan mempermudah kegiatan dalam belajar mengajar. Sehingga hal ini sangat berpengaruh dalam proses dan juga merode yang digunakan. Berbagai macam media pembelajaran berfungsi untuk menarik minat siswa agar dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Secara umum fungsi media pembelajaran berfungsi untuk menarik perhatian siswa, terkadang siswa kurang tertarik atau antusias terhadap suatu pelajaran dikarenakan matteri yang sulit dicerna dan sulit dimengerti. Dengan adanya media pembelajaran, suasana kelas menjadi fresh, siswa akan terkonsentrasi dengan mata pelajaran, terlebih apabila materi yang disampakan dengan cara yang unik. Memperjelas penyampaian pesan, dalam pembelajaran terkadang ada hal-hal yang kurang dimengerti dan bersifat abstrak dalam hal ini media pembelajaran diperlukan agar siswa mudah paham. Mengatasi mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan biaya serta untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Media pembelajaran digunakan saat melakukan bimbel yaitu dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret yakni media pembelajaran yang menggunakan benda nyata sebagai medianya. Sebab menggunakan media pembelejaran bend konkret karena pada kelas 1-3 sd masih memerlukan media yang bukan bersifat abstrak yang dapat mempermudah dalam pemahaman siswa. Pada materi sifat-sifat cahaya berisi sifat benda padat, benda cair, benda gas. Untuk benda padat menggunakan minuman yang telah didinginkan di dalam frezer, sedangkan benda cair yaitu menggunakan contoh minuman yang berwujud cair sedangkan sifat gas dapat dicontohkan dengan gambar gas elpiji yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan siswa mampu memahami sifat sifat dari benda padat, benda cair dan benda gas. Pada saat pandemi seperti sekarang ini bimbigan belajar dibutuhkan sebab karena sekolah yang dilaksanakan secara online menjadikan siswa kurang paham. Maka dari hal tersebut bimbingan belajar dengan menggunakan media semoga mampu memudahkan siswa dalam memahami materi sifat-sifat benda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image