BSI Mobile Sahabat Hijrah Finansial Generasi Milenials

Image
Eka Saripudin
Bisnis | Tuesday, 18 May 2021, 04:22 WIB
sumber: bsimobile.co.id

Hijrah merupakan perubahan perilaku seseorang dari sebelumnya tidak baik, menjadi lebih baik. Dalam Islam hijrah artinya kembali pada fitrah yang diberikan oleh Allah untuk manusia, yaitu pertama menjadi hamba Allah yang taat, patuh kepada aturan dan kehendak-Nya, serta yang kedua adalah menjadi khalifah di muka bumi.

Sehubungan dengan hal tersebut, ketika seorang muslim menyadari bahwa dirinya sudah jauh dari Islam, dan memutuskan kembali kepada jalan yang hanif maka ia harus menetapkan hati kembali sebagai seorang muslim untuk taat kepada Allah dan beribadah kepada-Nya, selain daripada itu ia juga memiliki kewajiban untuk dapat memperbaiki setiap interaksi sosial dengan mengacu kepada aturan dan kehendak Allah yang telah termaktub dalam Al-Qur'an dan Hadits.

Berkaitan dengan hijrah belakangan ini menjadi menjadi trending dikalangan milenial, yaitu mereka yang lahir sekitar tahun 1990 s.d. 2000. Jika dilihat dari kebiasaan mereka yang reseptif ketika berhadapan dengan sesuatu, mereka merupakan salah satu generasi yang sangat terbuka akan perubahan dan memiliki kemampuan berinovasi yang tinggi, serta melek teknologi karena lahir.

Jika kita menilik pada usia milenial yang lahir pada tahun 1990 s.d. 2000, maka di tahun 2021 ini mereka masuk ke dalam generasi usia produktif sekitar 20 s.d. 31 tahun. Maka tidak heran belakangan ini kita menjumpai Inovator, Inisiator, CEO, Aktris, Aktor, Youtuber, Gamers, dan Marketer muda yang memiliki segudang presetasi dibidang masing-masing.

Memiliki segudang prestasi dan pencapaian tidak lantas menjadikan mereka puas, terkadang sebagian diantara mereka merasa kosong, bahkan diluar negeri sana karena tuntutan eksistensi yang luar biasa, kemudian tidak tahan akan tekanan dan tuntutan yang ada akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Beruntung kita yang terlahir di bumi indonesia tercinta, mengakhiri hidup tidak pernah menjadi pilihan, dan pencarian mereka berlabuh pada hal yang bersifat spiritual keagamaan. mereka meyakini ada ketenangan tersendiri ketika mereka mampu memahami tujuan hidup, yang mereka yakini lebih dari sekedar tepuk tangan dan apresiasi berupa mendali.

Mereka yang memilih jalan spiritual, dan dalam Islam itu dimanakan sebagai proses hijrah, memahami kembali tujuan hidup yang telah diberikan oleh yang maha kuasa. hal tersebut menjadikan mereka pribadi yang lebih baik, lebih taat beribadah, lebih penyayang, lebih santun dan memiliki empaty yang semakin tinggi terhadap kesulitan yang dihadapi saudaranya.

Dan ternyata, kebiasaan baru tersebut mampu membawa mereka lebih jauh lagi, yaitu mereka mencari penghidupan yang sesuai dengan keimanan dan tuntutan agama, lebih selektif dalam memilih pekerjaan, lebih peduli terhadap orang lain, ini menjadikan mereka mencari alternatif cara hidup termasuk dalam pengelolaan finansial, mereka mencari yang sesuai dengan syariah dan mendapatkan rekomendasi dari ulama dengan memilih produk-produk yang sudah memiliki label halal, dan menghindari hal-hal yang belum tersertifikasi halal dari lembaga resmi pemerintah.

Pengelolaan keuanganpun tidak luput menjadi perhatian mereka, mereka tidak mau melakukan pengelolaan keuangan yang mengandung ghoror, subhat dan riba, yang sangat dilarang oleh agama. maka lembaga keuangan syariah menjadi pilihan terbaik.

Lembaga keuangan syariah kini tidak kalah canggih dan mumpuni dalam melakukan pengelolaan keuangan, fitur-fiturnya lengkap terlebih lagi setiap produknya diawasi ketat oleh 3 lembaga utama keuangan yaitu OJK, Bank Indonesia, dan Dewan Syariah Nasional(DSN). Jadi memiliki tabungan di Bank Syariah selain dilindungi OJK dan Bank Indonesia, Bank Syariah Wajib memiliki rekomendasi pengelolaan produk dari DSN, yang sebelumnya sudah dikaji oleh Dewan Syariah dari Bank Syariah Tersebut.

Kini kita patut bersyukur pemerintah telah menggabungkan 3 Bank Syariah(Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah) yang memiliki peran besar terhadap perkembangan ekonomi syariah sesuai segmennya masing-masing di Indonesia, dan kini telah melebur menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dengan lahirnya BSI lembaga keuangan syariah menjadi bagian dari perekonomian secara nasional dengan kepemilikan aset Rp 214,6 triliun dengan modal inti Rp 20,4 triliun.

Selain memiliki aset dan modal yang besar, BSI memiliki Aplikasi Mobile yang bisa dibilang sangat lengkap, modern dan tidak hanya sebatas urusan finansial BSI Mobile juga dilengkapi dengan fitur layanan islami (ibadah).

Adapun fitur yang dimiliki oleh BSI Mobile (sumber: bsimobile.co.id) diantaranya adalah:

1. Informasi Rekening, fitur ini digunakan untuk menyajikan informasi transaksi rekening BSI Mobile, baik itu portofolio dana, daftar mutasi transaksi, daftar transaksi terjadwal ataupun portofolio pembiayaan.

2. Transfer, fitur ini digunakan sebagai media mengirim uang antar rekening Bank Syariah Indonesia maupun rekening lain, baik transfer online, dan transfer SKN(kliring).

3. Pembayaran, kelengkapan fitur transaksi pembayaran berbagai kebutuhan seperti layanan pembayaran untuk bayar PLN, PDAM, BPJS, TV Kabel/ Internet dan lainnya.

4. Pembelian, dengan menggunakan BSI Mobile juga kita dapat melakukan pembelian kebutuhan seperti pulsa, token listrik, paket data dan lainnya.

5. QRIS, BSI Mobile juga telah dilengkapi fitur QRIS, untuk memudahkan transaksi hanya dengan melalui scan QR yang terlah tersedia.

6. E-Mas, selain tabungan dan pembiayaan BSI Mobile telah dilengkapi fitur E-Mas (Tabungan Emas) dan gadai emas, dengan demikian nasabah dapat memiliki emas tanpa harus repot menyimpan fisik emas, dan dapat dikonversi dengan rupiah dengan sangat mudah.

7. Tarik Tunai, dengan menggunakan BSI Mobile, kita dapat melakukan penarikan dana tunai di rekening BSI tanpa menggunakan kartu Bank Syariah Indonesia Debit. dengan nominal penarikan mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per harinya.

8. Layanan Islami, selain fitur finansial, BSI Mobile juga dilengkapi Layanan Islami dengan harapan agar hidup lebih berkah, Mandiri Syariah Mobile dilengkapi dengan: Juz Amma, Juz Amma per Ayat, Asmaul Husna, Hikmah, Waktu Solat, Lokasi Masjid, Arah Kiblat dan Kalkulator Qurban.

Dengan kelengkapan fitur yang sangat mumpuni dan modern, menggunakan BSI Mobile menjadi salah satu dukungan kita dalam memajukan ekonomi syariah di bumi Indonesia tercinta, tunggu apalagi, gabung menjadi bagian dari keberkahan perkembangan ekonomi syariah.

Semoga tulisan sederhana ini, dapat memberikan gambaran kecil bahwa ekonomi syariah terus berkembang dan BSI mengemasnya dengan sangat baik, dan modern sehingga kebutuhan finansial kita dapat terpenuhi dan semoga BSI dapat menjadi partner yang baik untuk mendukung ekonomi kreatif, UMKM dan usaha mikro lainnya, untuk lebih maju dan lebih berkah lagi bagi ummat.

#retizencompetition

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Newbie Konten Kreator

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Image

WIZ Salurkan Sembako Untuk Dhuafa yang Terdampak Pandemi

Image

Pentingnya Self Healing Dimasa Pandemi

Image

Keluarga Harmonis, Seperti Apa sih?

Image

3 Tips membuat konten yang viral

Image

6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image