Rengginang Lebaran

Image
Koiyudh
Kuliner | Friday, 14 May 2021, 05:57 WIB

Rengginang sering dianggap camilan kampung. Itu karena ia terbuat hanya dari nasi atau beras ketan. Meski membuatnya sebenarnya butuh kesabaran. Sementara nastar sebaliknya. Kue berbahan adonan tepung terigu, mentega, dan telur diisi selai nanas ini lebih dipandang kekotaan.

Namun, rengginang, menurut sejumlah referensi, lebih nusantara ketimbang nastar. Rengginang asli Banten dan Jawa Barat. Salah satu sumber menyebut ia awalnya disebut "raginang", karena dibuat dari ragi. Ada yang menyebutnya ranginang.

Sedangkan nastar resep yang diadaptasi dan diimpor dari Eropa. Namanya saja dari bahasa Belanda, ananas (nanas) dan taart (kue). Disingkat nastar. (Baca: Sejarah Ananas Taart Alias Nastar)

Rengginang bukan sekadar gurih dan renyah. Ia punya filosofi di dalamnya. Penganan ini sering dianggap simbol persatuan. Itu karena tersusun dari butiran beras ketan saling berhimpitan, satu-sama lainnya saling bersatu. Rengginang disebut pula simbol kemakmuran. Itu karena bahan dasarnya terbuat dari nasi atau beras ketan-makanan pokok bangsa Indonesia.

Rengginang, sampai sekarang, salah satu makanan khas lebaran. Setidaknya bagiku. Ibu biasa membuat atau menyajikannya setiap Idul Fitri. Alhamdulillah masih bisa mencicipinya tahun ini. Semoga tahun depan, masih dikasih kesempatan lihat rengginang. Aamiin.

Eid mubarak. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan-jangan aku memang Ambivert?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Begini Solusi bagi Wajib Pajak PBB Terutang!

Image

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN PADA SISWA SD DI MASA PANDEMI COVID-19

Image

Lingkungan Rumah Gelap! Warga GJM Minta Maksimalkan PJU

Image

Pendahuluan : Manajemen Sumber Daya Internasional

Image

Sejarah Akuntansi Dunia

Image

Sosialisasikan Olah Raga Floorball, AFI DKI Jakarta Kerja Sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image