Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

HMI Cabang Bandung Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Eduaksi | Monday, 18 Apr 2022, 05:59 WIB

Dengan mengambil tempat di Masji Imaddudin Jalan Sabang 17 Kota Bandung, HMI Cabang Kota Bandung mengelar Peringatan Nuzulul Quran (17/4) dengan menghadirkan KH Miftah Faridl (Ketua MUI Kota Bandung) yang memberikan ceramah pada kesempatan tersebut dan beberapa rangkaian acara yang mendukung kegiatan tersebut.

KH Miftah Faridl yang menjadi pencaramah pada kegiatan Peringatan Nuzulul Quran HMi Cabang Kota Bandung (FOTO : HMI Cabang Kota Bandung)

Pada saat bersamaan dilaksanakan pula pemberian hadiah dan piala kepada para pemenang Lomba Hifzil Quran dan Lomba Menyusul Puzzle yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Bukan hanya, itu pihak HMI pun memerikan santunan pula kepada sekitar 30 orang anak yatim piatu dari panti asuhan yang dikelola Muhammadiyah, Nu dan warga di sekitar sekretariat HMI Kota Bandung tersebut. Masing-masing anak mendapatkan uang sebesar Rp 200.000,- dan bingkisan untuk Lebaran.

Pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba (FOTO : HMI Cabang Kota Bandung)

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Ramadan HMI Cabang Kota Bandung, Rafid Shidqi, kegiatan peringatan Nuzulul Qur'an merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Ramadhan di Masjid Imaduddin Graha HMI Kota Bandung, yang dimana kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka silaturahmi antara sesama kader HMI, alumni HMI, serta jamaah masjid Imaduddin. Selain itu, kegiatan ini juga tentunya bertujuan untuk menambah khazanah keilmuan, terkhusus tentang agama Islam.

Masih menurutnya, kegiatan Ramadhan Masjid Imaduddin mengusung tema “Cinta Al-Qur'an dan Hati yang Selalu Terpaut ke Masjid sebagai Modal Penting Kebangkitan Umat Islam”. Harapannya adalah agar kita sebagai umat muslim dapat lebih rajin untuk ke masjid dan mampu lebih cinta terhadap Al-Qur'an. Karena keduanya memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar dalam membangun peradaban umat.

Dalam ceramahnya KH Miftah Faridl menjelaskan jika turunnya al Quran yang terjadi pada bulan Ramadhan itu menjadi bukti tentang kebesaran Allah dan menjadi mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, umat Islam sangat diwjibkan untuk membaca dan mempelajari al Quran terlebih kitab yang mulia ini sendiri adalah petunjuk bagi kaum muslimin. "Karenanya kalau mau hidup bahagia dan tenang di dalam menghadapinya maka banyak-banyaklah membaca al Quran sebab di sana banyak solusi yang telah diberikan Allah secara langsung," tegas Kyai sepuh dalam kesempatan tersebut.

Menutup kegiatan hari itu segenap panitia pelaksana, penceramah dan hadirin melakukan foto bersama sekaligus mengucapkan Selamat Hari Idul Fitri 1443 H.888

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image