Menjaring Radikalisme Lewat Tes Wawasan Kebangsaan KPK?

Image
Auliana Alkhonsa
Info Terkini | Monday, 10 May 2021, 19:30 WIB
Sumber foto: Republika.co.id

Akhir-akhir ini publik dibuat ramai dengan pembicaraan mengenai tes wawasan kebangsaan yang diadakan oleh KPK. Tes ini merupakan sebuah syarat pengalihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil Negara. Pasalnya, pertanyaan-pertanyaan dalam tes ini dianggap bertujuan untuk menjegal pegawai senior KPK dan dinilai tak ada kaitannya dengan pemberantasan korupsi. Bahkan menurut Anggota Fraksi PKS Almuzammil, KPK telah dikerdilkan dengan pertanyaan yang tidak relevan. Pertanyaan kontroversional tersebut misalnya sebagaimana yang dilansir oleh Republika.co.id (10/5/2021)

Mulai dari pertanyaan islamnya, islam apa? Subuh pakek qunut atau tidak, bersedia lepas jilbab atau tidak? Memperlihatkan lembaga ini mulai diamputasi, kata Almuzzammil, Sabtu (8/5/2021).

Dari tes wawasan kebangsaan kita dapat merasakan isu radikalisme coba didengungkan oleh pihak tertentu. Lewat isu-isu seperti ini, KPK coba tengah dilemahkan. Selain pelemahan itu juga ditempuh dengan pencabutan wewenang KPK.

Padahal korupsi adalah persoalan yang sangat besar dan merugikan bangsa ini. Namun, narasi radikalisme justru digunakan untuk menutupi kegagalan system system hari ini dalam menyelsaikan persoalan bangsa ini semisal korupsi, kerusakan moral, pergaulan bebas, problem ekonomi, dan lainnya.

Narasi radikalisme juga acapkali digunakan untuk menggebug pihak-pihak yang kritis terhadap kebijakan penguasa dan pihak-pihak yang vocal menyuarakan kebenaran dan aspirasi rakyat. Semoga narasi ini tidak terus menjadi alat untuk menutupi berbagai persoalan bangsa ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

WPF ke-8 di UMS, Tan Sri Lee Kim Sampaikan Topik Kebijaksanaan Timur Tengah dan Oriental

Image

Tepat Hari Guru Nasional 2022, MTsN 4 Bantul Antar Perpisahan 2 Guru Purna Tugas

Image

Wadek I FISIP Uhamka Ajarkan Manajement Event untuk Siswa SMKN 8

Image

DPR RI dan Pemerintah Mulai Bahas Revisi RUU KSDAHE

Image

Mengenal Tahapan Pencerdasan Akal yang Dibangun di Khoiru Ummah

Image

Menduplikasi Metode Pengajaran Rasulullah dengan Talaqqi Fikriyyan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image