Tentang Hadits Tidur Orang Puasa

Image
Kemis Pahing
Agama | Sunday, 17 Apr 2022, 12:26 WIB

Pernyataan bahwa tidur bagi orang yang berpuasa adalah ibadah selalu mengemuka setiap Ramadhan tiba. Menurut Ustadz Ahmad Sarwat Lc, MA., di antara sabdanya yang paling populer adalah “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diam adalah tasbih, amalnya dilipatgandakan (pahala), doanya dikabulkan dan dosanya diampuni. . "

“Meskipun dalam kandungan hadits ini ada beberapa hal yang sesuai dengan hadits shahih, seperti masalah ampunan dosa dan pahala yang berlipat, namun khusus untuk lafadz ini para ulama sepakat mengatakan status batil,” jelas Ahmad. . Sarwat dikutip dari rumah fiqh. , Sabtu (16/4/2022). Baca Selengkapnya...

Ustaz Sarwat mengatakan, Al-Imam Al-Baihaqi-lah yang menulis lafadz dalam bukunya, Ash-Syu'ab Al-Iman. Kemudian dikutip oleh As-Suyuti dalam bukunya, Al-Jamiush-Shaghir, sambil menyebutkan bahwa hadits ini lemah (lemah).

“Namun, status buruk As-Suyuti dikritik oleh muhaddit lain. Menurut sebagian besar dari mereka, status hadis ini tidak hanya lemah, tetapi sudah mencapai level maudhu' (palsu) hadits,” lanjut Ustaz Sarwat. dikatakan.

Al-Imam Al-Baihaqi telah menyebutkan bahwa ungkapan ini bukanlah hadits kenabian. Karena dalam riwayat hadits tersebut terdapat seorang perawi bernama Sulaiman bin Amr An-Nakhahi yang posisinya sebagai pemalsu hadits.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mulai Saja Dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image