Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Antara Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar

Agama | Sunday, 17 Apr 2022, 01:39 WIB

Nuzulul Qur'an adalah turunnya Al Qur'an Surat Al-Alaq ayat 1-5 pada tanggal 17 Ramadhan. Al-Qur'an turun secara bertahap setiap malam Lailatul Qadar selama 23 tahun.

Ustaz Abdul Somad mengatakan ada beberapa pendapat terkait malam diturunkannya Al-Qur'an. Namun, menurut mazhab Imam Syafi'i, Al-Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Baca Selengkapnya...

“Pendapat yang mengatakan (Nuzulul Quran) malam 17 (yaitu) mazhab Syafii: yang kami turunkan (Al-Qur’an) kepada hamba kami Muhammad Rasulullah SAW, pada malam hari kami bertemu dua pasukan, malam 17 Ramadhan,” kata Ustaz. Abdul Somad.

Kedua pasukan yang dimaksud oleh UAS didasarkan pada Surah Al-Anfal ayat 41 yaitu Yaumul Furqān, ketika kedua pasukan tersebut bertemu yaitu pasukan kaum muslimin dan pasukan kafir Quraisy di Badar atau Perang Badar. Nah, malam 'Yaumar Al-Furqan adalah tanggal 17 Ramadhan.

Sedangkan malam Lailatul Qadar menurut Ustaz Abdul Somad adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, semua malaikat turun, jadi ada banyak cahaya. Malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Senada dengan Ustaz Abdul Somad, Ustaz Abul Hayyi Nur, Ketua Pondok Pesantren Syawarfiyyah, Rorotan, Jakarta Utara, mengatakan bahwa ada beberapa pendapat tentang diturunkannya Al-Qur'an pada 17 Ramadhan. Namun, bukan berarti salah.

Ustaz Hayyi mengatakan turunnya Al-Qur'an terjadi dalam dua proses. Al-Qur'an pertama diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Surat pertama yang diturunkan adalah surat Al-Alaq ayat 1-5.

"Al-Qur'an diturunkan seluruhnya pada malam Lailatul Qodar. Makanya tanggal 17 Ramadhan dijadikan peringatan malam Nuzulul Quran," kata Ustaz Hayyi.

Seperti Ustaz Hayyi, dalam buku 'The Gem of the Quran' karya Prof. Dr. H Muhammad Chirzin MAg, disebutkan bahwa sejarah turunnya Al-Qur'an terbagi menjadi tiga periode. Periode pertama berlangsung sekitar 4-5 tahun. Periode ini menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat Arab.

Periode kedua berlangsung sekitar 8-9 tahun. Pada periode ini, ayat-ayat Al-Qur'an mampu menghalangi pemahaman jahiliyah dari segala aspek sehingga tidak lagi memiliki makna dan kedudukan dalam akar akal sehat. Periode ketiga berlangsung selama 10 tahun. Pada saat ini dakwah Al-Qur'an telah mencapai atau mewujudkan prestasi yang sangat besar.

Ayat terakhir yang diturunkan adalah Surat Al-Baqarah ayat 281. Oleh karena itu, dari ayat pertama sampai terakhir dibutuhkan waktu sekitar 23 tahun di bulan Ramadhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image