Antara Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar

Image
Kemis Pahing
Agama | Sunday, 17 Apr 2022, 01:39 WIB

Nuzulul Qur'an adalah turunnya Al Qur'an Surat Al-Alaq ayat 1-5 pada tanggal 17 Ramadhan. Al-Qur'an turun secara bertahap setiap malam Lailatul Qadar selama 23 tahun.

Ustaz Abdul Somad mengatakan ada beberapa pendapat terkait malam diturunkannya Al-Qur'an. Namun, menurut mazhab Imam Syafi'i, Al-Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Baca Selengkapnya...

“Pendapat yang mengatakan (Nuzulul Quran) malam 17 (yaitu) mazhab Syafii: yang kami turunkan (Al-Qur’an) kepada hamba kami Muhammad Rasulullah SAW, pada malam hari kami bertemu dua pasukan, malam 17 Ramadhan,” kata Ustaz. Abdul Somad.

Kedua pasukan yang dimaksud oleh UAS didasarkan pada Surah Al-Anfal ayat 41 yaitu Yaumul Furqān, ketika kedua pasukan tersebut bertemu yaitu pasukan kaum muslimin dan pasukan kafir Quraisy di Badar atau Perang Badar. Nah, malam 'Yaumar Al-Furqan adalah tanggal 17 Ramadhan.

Sedangkan malam Lailatul Qadar menurut Ustaz Abdul Somad adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, semua malaikat turun, jadi ada banyak cahaya. Malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Senada dengan Ustaz Abdul Somad, Ustaz Abul Hayyi Nur, Ketua Pondok Pesantren Syawarfiyyah, Rorotan, Jakarta Utara, mengatakan bahwa ada beberapa pendapat tentang diturunkannya Al-Qur'an pada 17 Ramadhan. Namun, bukan berarti salah.

Ustaz Hayyi mengatakan turunnya Al-Qur'an terjadi dalam dua proses. Al-Qur'an pertama diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Surat pertama yang diturunkan adalah surat Al-Alaq ayat 1-5.

"Al-Qur'an diturunkan seluruhnya pada malam Lailatul Qodar. Makanya tanggal 17 Ramadhan dijadikan peringatan malam Nuzulul Quran," kata Ustaz Hayyi.

Seperti Ustaz Hayyi, dalam buku 'The Gem of the Quran' karya Prof. Dr. H Muhammad Chirzin MAg, disebutkan bahwa sejarah turunnya Al-Qur'an terbagi menjadi tiga periode. Periode pertama berlangsung sekitar 4-5 tahun. Periode ini menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat Arab.

Periode kedua berlangsung sekitar 8-9 tahun. Pada periode ini, ayat-ayat Al-Qur'an mampu menghalangi pemahaman jahiliyah dari segala aspek sehingga tidak lagi memiliki makna dan kedudukan dalam akar akal sehat. Periode ketiga berlangsung selama 10 tahun. Pada saat ini dakwah Al-Qur'an telah mencapai atau mewujudkan prestasi yang sangat besar.

Ayat terakhir yang diturunkan adalah Surat Al-Baqarah ayat 281. Oleh karena itu, dari ayat pertama sampai terakhir dibutuhkan waktu sekitar 23 tahun di bulan Ramadhan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mulai Saja Dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->