Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Proses Tarekat Dalam Puasa

Eduaksi | Saturday, 16 Apr 2022, 17:47 WIB
Suasana sahur saat i'tikaf 2021

Proses Tarekat dalam Puasa

====

Tarekat secara harfiah adalah metoda dan jalan yang ditempuh dalam mencapai tujuan syariat.

Dalam Islam, tarekat bukan sekte, atau entitas terpisah dari ajaran Islam yang umum.

Puasa sebagai tarekat menjadi medium penyucian jiwa dan raga serta jalan terbaik menyuplai makanan" untuk ruh:makanan terbaik ruh adalah ketaatan dan zikir kepada Allah.

Sebagai makhluk/yang diciptakan, tentu Sang Pencipta telah mengetahui apa saja treatment dan perangkat lunak dalam memelihara kelanjutan tubuh dan jiwa setiap makhlukNya/manusia.

Maka Dia mewajibkan puasa ini sebagaimana telah diwajibkan kepada umat terdahulu.

Puasa sebagai proses tarekat menjadi jalan utama untuk sampai ke derajat malakut, dengan rangkaian amalan yang utuh dan memelihara diri dari yang merusak puasa itu.

Dalam puasa, proses terekat yang dilatih bukan hanya kedekatan kepada Allah swt, namun juga proses sabar, latihan tubuh/raga dan amalan hati.

Jadi, dalam ibadah puasa baik yang wajib/sunnah, mengandung nilai sabar dan taqarrub, ibadah tubuh dan amalan batin. Dan itu menjadi "sistem tarekat pada puasa.

Di beberapa negara minoritas muslim, banyak non muslim yang ikut mencoba puasa Ramadan guna merasakan dampaknya bagi jiwa dan tubuh. Namun, untuk di. Indonesia, penulis belum pernah tahu.

=====

Taufik sentana

Dari Ikatan Dai Indonesia. konsentrasi studi Islam dan Tadabbur Alquran.

pernah tayang di kanal yang berbeda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image