Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jouron

Tips Mudah Menyeduh Kopi Wine

Kuliner | Sunday, 02 May 2021, 04:50 WIB
Kopi wine seduh dengan cara manual menggunakan kertas filter dan dripper. Kamu juga bisa seduh kopi wine dengan cara sduh tubruk. By the way, kopi wine ini tidak mengandung alkohol ya...

Kopi wine tentu sudah tak asing lagi kan buat kalian. Sekarang saya coba share tips menyeduh kopi wine yang mudah dan menyenangkan.

Ada beberapa cara menyeduh kopi wine ini, di antaranya dengan seduh tubruk yang sangat lazim ditemukan di seluruh Indonesia. Seduh tubruk menggabungkan bubuk kopi dengan air panas dan sebelum diminum biasanya diaduk.

Yang coba saya share dalam artikel ini adalah seduh kopi wine dengan metode V60 menggunakan kertas filter. Metode seduh V60 atau V60 pour over dilakukan untuk mendapatkan cita rasa kopi yang khas dan karakter rasa kopi tertentu.

Kopi di Indonesia ini sangat kaya ragam dan rasa. Cara seduh dengan V60 yang drippernya berbentuk kerucut seperti cangkir ini mampu menampilkan karakter rasa masing-masing kopi ini.

Misal, dengan teknik V60 ini kita bisa mengeluarkan rasa stroberi atau rasa pisang pada kopi. Juga, cita rasa tumbuhan, sayuran, dan lainnya.

Mari uji coba seduh kopi wine dengan metode V60. Kebetulan saya masih memiliki kopi wine Gayo. Saat tulisan ini dibuat, stok kopi wine Puntang sudah habis, juga Garut dan Banyuwangi.

Siapkan:

- 17 gr bubuk kopi wine (sesuai selera)

- Air panas 80-85 derajat Celcius

- Dripper V60

- Kertas filter

- Katel

- Server kopi

- Total air diseduh 230 ml

Cara seduh:

- Pasang kertas filter di dripper V60

- Letakkan dripper di atas server

- Siram kertas filter dengan air panas

- Letakkan bubuk kopi wine di atas kertas filter

- Diatur posisi bubuk kopi biar rata

- Blooming: tuang 50 ml air panas ke seluruh kopi

- Diamkan 40 detik untuk proses ekstraksi kopi

- Setelah 40 detik tuang air panas secara merata hingga 80 ml

- Diamkan 10 detik, dan kemudian tuang air panas lagi sampai 80 ml

- Kopi wine seduh manual siap dihidangkan

Dengan metode ini, cita rasa kopi wine asam (acidity) dan rasa anggur menjadi dominan. Rasa pahit relatif hilang.

Silakan mencoba....

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image