Bulannya Alquran

Image
Irwan Rahmad Roisun
Agama | Saturday, 01 May 2021, 17:22 WIB
Al-Qur'anSumber : muslim.or.id

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana setiap umatmulim diwajibkan untuk berpuasa. Bulan dimana Allah mengampuni segala dosa umat-Nya,sekaligus bulan dimana diturunkannya kitabullah (Al-Quran).

AllahSubhanahu Wa Ta'ala berfirman,

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnyaditurunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasanmengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (Al-Baqarah: 185)

Ibnu Katsir menerangkan ayat ini, bahwa Allah SubhanahuWa Ta'ala mengistimewakan bulan ini (Ramadhan) diatas bulan-bulan lainnya denganmenurunkan kitabullah (Al-Quran) didalamnya.

Bahkan berdasarkan riwayat, kitab-kitab suci yangditurunkan kepada nabi-nabi terdahulu juga diturunkan pada bulan Ramadhan. ShuhufIbrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan setelahenam hari berlalu dari Ramadhan, Injil setelah 13 hari berlalu dari Ramadhan,dan Alquran diturunkan setelah berlalu 24 hari dari Ramadhan. (HR Ahmad).

Fungsi utama diturunkannya Al-Quran adalah sebagaipetunjuk kehidupan umat manusia yang mampu memberikan kebahagiaan. Sejakditurunkan Al-Quran ke dunia ini, Al-Quran selalu memberikan cahaya bagi umatmanusia, meredamkan kegelisahan, dan memberikan ketenangan bagi pemegangnya.

Al-Quran bagaikan intan, yang mana setiap sudutnyamemancarkan cahaya. Ketika seseorang menginginkan sebuah kehidupan yang penuhberkah, sejahtera, dan tentram, maka jawabannya adalah Al-Quran.

Kalaukita lihat dalam Al-Qur'an, ketika kita melakukan kebaikan maka Allah akanlipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Bisa kita bayangkan betapa banyaknya nikmatyang Allah curahkan kepada kita semua. Rasulullah SAW mengatakan Celakalahseorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan, kemudian Ramadhan berlalu dalamkeadaan dosa-dosanya belum diampuni. (HR. Ahmad).

Olehkarena itu dikesempatan yang mulai ini, marilah kita maximalkan bulan ramadhan,bulan yang penuh berkah, bulan yang dimana Allah curahkan kepada kitanikmat-Nya. Maka merugilah kita ketika kita melewati bulan ramadhan, tanpaamaliyah-amaliyah yaitu amal sholeh kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

RasulullahSAW bersabda "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah(Al-Quran), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf,tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HRTirmidzi).

Semogadengan semangat bulan Ramadhan di tahun ini, kita semua dapat memaximalkanamal-amal ibadah kita dan kembali kepada petunjuk Al-Quran sebagaimanaRasulullah SAW mengajarkan.

WallahualamBissawab

Irwan RahmadRoisun

MahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bulannya Alquran

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Image

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksan, Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Cirebon

Image

Tempe Mendoan, Menu Takjil Kesukaan Masyarakat

Image

Penggunaan Media Pembelajaran Sederhana

Image

Apakah Mudik Lebaran Sudah Dibolehkan Tahun Depan?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image