Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karta Raharja Ucu

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar, Yuk Kita Kejar

Agama | Friday, 30 Apr 2021, 13:57 WIB
Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar. Foto: Republika

JAKARTA -- Alquran diturunkan dari Lauh Mahfuz ke Baitul Izzah di langit dunia secara langsung. Kemudian Nabi Muhammad menerimanya secara berangsur-angsur sesuai peristiwa yang terjadi semasa hidup Rasulullah sholallohu'alaihi wassallam selama 23 tahun di kota Mekkah dan Madinah.

Alqadr adalah salah satu surah yang diturunkan Allah di Kota Mekkah. Dinamakan Alqadr karena menerangkan keutamaan dan ketinggian kedudukan Alquran yang diturunkan juga pada saat Lailatul Qadar, yakni pada malam yang mulia, malam yang lebih utama daripada seribu bulan.

Sebagai seorang Muslim, kita hendaknya berusaha meraih keutamaan malam tersebut. Apa saja tanda-tandanya:

1. Lailatul Qadar dapat diraih pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan. "Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Buchori)

2. Lailatul Qadar dapat diraih pada malam-malam ganjil dari dari 10 malam terakhir Ramadhan. "Carilah lailatul qodr pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan" (HR. Buchori)

3. Lailatul Qadar dapat diraih pada tujuh malam terakhir di bulan Ramadhan. "Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir, tetapi jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa." (HR. Muslim)

4. Pada Tanggal 25,27 dan 29 Ramadhan. "Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir di Bulan Ramadhan, pada sembilan, tujuh, dari lima malam yang tersisa." (HR. Buchori)

5. Udara malam itu hingga paginya tenang dan lembut. "Lailatul qodr adalah malam yg penuh kelembutan cerah, tidak begitu panas juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan." (HR. Ath-Thoyalisi)

Wallohualam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image