Bagaimana Memajukan Bank Syariah di Indonesia

Image
Agung Fitryarsanto
Bisnis | Friday, 30 Apr 2021, 00:00 WIB

Bagaimana Memajukan Bank Syariah DiIndonesia

Dengan Mergernya3 bank BUMN syaria menjadi Bank Syaria Indonesia adalah sebuah langkah maju,untuk memajukan perekonomian Indonesia pada umumya dan kesejahteraan RakyatIndonesia pada khusuinya, dengan mengakses bank syaria.

Dalam eraglobalisasi dan persaingan pada era sekarang ini, diperlukan langkah langkahstratgis yang diikuti langkah taktis dan operasional, Untuk memajukan Banksyaria menjadi bank yang terpercaya, aman, adil dan menguntungkan bagi paranasabah.

Latar belakang

Rakyat Indonesiamayoritas beragama Islam, sehingga dalam aktifitas sehari hari mengikutisyariat, seperti bermuamalah atau berihtiar. Untuk hal ini diperlukan sebuahsystem ekonomi yang mengikuti syariat Islam. Bank adalah sub system yang dapatmerupakan lembaga vital dalam system ekonomi seperti pemodalan, Investasi, tabungan. Aktifitas kirim uang, pembiayaanpembelian kebutuhan hidup dan aktifitasekonomi lainya

Dalam hal inibank syariah sangat diperlukan dalam kehidupan ekonomi di Indonesia. Dan BanyaknyaJumlah Umat Muslim di Indonesia merupakan sebuah pangsa pasar bagi bank syariahuntuk mengelolanya, untuk mensejahterakan nasabah, dan memajukan systemperekonomian di Indonesia dan internatioanal.

Tujuan

Untuk ini bagaimana memajukanBank Syariah, agar umat percaya , sadar dan membutuhkan bank syariah sebagailembaga yang mendukung aktifitas ekonomi mereka.

Langkah strategis

1. Banksyaria harus dapat memberikan manfaat, keadilan, keuntungan, keamanan dankepercayaan bagi nasabah dari pada bankkonvensional lain.

a.Manfaat

Untuk ini Bank syariah memang betul bermanfaat bagiumat. Seperti umat mendapat keamanan dalam berinvestasi, aman dalam menabung,kemudahan dalam pengiriman dana, kemudahan dalam membayar tagihan. Manfaat inidukung oleh bauran produk syaria yang ditawarkan. Karena syaria dalam systemekonomi sebenarnya memberikan manfaat bagi pelakunya.

b.Bank syariah memberikan keadilan seperti system bagi hasil yang adil, uang jasamanagemen yang proposional, pasar investasi yang bersih dan menguntungkan.

c.Bank syariah memberikan keuntungan lebihketimbang bank konvesional, seperti uang jasa menyimpan tabungan lehih rendahdari bank ribawi, bagi hasil margin investasi lebih menguntungkan dari bankribawi, menawarkan resiko yang lebih rendah dari bank ribawi., mendukungpembebasan hutang nasabah miskin, system tawaaun untuk mengganti kerugian (asuransi)dalam produk Pinjaman tanpa agunanan Mikro, memilki jaringan ATM yang lebihluas dari bank ribawi. Dan cabang managemen yang luas di Indonesia dan international.

d.Bank syariah memberikan keamanan lebih, sepertirahasia nasabah terjamin, keamanan dalam pembiayaan, Pinjaman dan kemanan dalamberinvestasi.

e.Bank sayaria memberikan kepercayaan dan amanah dalamjasa muamalah umat.

2. Bauranproduk syaria di bank syaria harus dapat menjangkau seluruh kebutuhanmasyarakat, seperti simpanan tabungan, pinjaman, deposito, pembiayaan rumahtinggal,pembiayaan kendaraan, pembiayaanemas, produk pinjaman pemenuhan kebutuhan pokok sehari- hari (kartu kreditsyaria), sebagai media komunikasi pembayaran Seperti PLN, PAM, Telp dan TagihanLain., Bank syaria sebagai media sedekah, infaq, tabungan haji.

3. BankSyaria harus memiliki banyak kemitraan, missal dengan lembaga Amil Zakat (untukmembantu zakat pembebasan hutang miskin), lembaga asuransi untuk asuransi premimenutup kerugian KTA, asuransi untuk meindungi investasi, Kemitraan denganProvider teknologi maju, untuk mendukung system pelayanan (untuk penyaluraninvestasi, jasa komunikasi pembayaran tagihan, jaringan ATM),

4. BankSyaria harus memilki system pembangunan sumber daya manusia yang baik,agar terimplementasi SDM Unggul dan amanah dalamBank Syaria dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan menyimpan asset nasabah sehingga bisa mencapai nol komplain nasabah,yang mengkibatkan resistensi nasabah.

5. Banksyaria harus memilki system informasi Publik yang baik dan luas (system pemasaran),dalam sosialisasi produk, pencarian prospek nasabah, kepercayaan nasabah.

Kesimpulan

Untuk dapat maju bank syariaharus bermanfaat dan syari dalam meberikan jasa dalam aktifitas ekonomi umat,System managemen yang baik, SDM unggul amanah, bauran produk syaria, Kemitraan,dan system informasi public yang unggul, kepercayaan umat, adil danmenguntungkan bagi umat. Dan ditopang oleh teknologi yang maju dan jaringanyang luas dalam dan luar negri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Langkah Mempercepat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Image

Covid-19: Antara Pemilu, Nikah, Mudik 2021

Image

[Breaking News] Ustadz Tengku Zulkarnain Wafat

Image

Salman Aristo: Apa yang Kau Cari, Produser?

Image

Antusiasme Warga Sumedang Sambut Lebaran 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

Image

Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Mari Raih Kemenangan Hakiki

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image