Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aditya Idris

Pengembangan UMKM Lokal Melalui Produk Bank Syariah

Eduaksi | Saturday, 24 Apr 2021, 20:07 WIB

Oleh Aditya Idris

Pada era modern saat ini, manusia memiliki kehidupan dengansegala aktivitas yang tidak pernah lepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkanperubahan baik dibidang sosial, ekonomi, maupun budaya yang berlangsung dengan cepat.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat maju, bidang perbankan syariah juga memiliki perkembangan ke arah yang lebihefisien dan modern. Dalam bidang perekonomian dunia saat ini sangatpenting untuk memberikan inovasi teknologi didalamnya. Teknologi dan finansial memiliki hubungan yang berkaitan.

Perbankan Syariah memiliki peningkatan yang pesat danmengubah sektor bisnis di perbankan harus mempunyai solusi agar lebihberinovasi. Perbankan Syariah pada dasarnya merupakan penyelenggaraan jasa keuangan berdasarkanprinsip syariah.Prinsip syariah yang dimaksud adalah aturanperjanjian berdasarkan hukum islam tanpa adanya Riba, Gharar, Masyir, Tadlis, danDharar.

Perbankan Syariah mulaidiminati masyarakat karena sangat membantu sebagai media untuk pendanaan danpembiayaan bagimasyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui produk-produk Perbankan Syariah.Misalnya Pembiayaan Syariah. Dengan berkembangnya Perbankan Syariah didaerah-daerah, diharapkan dapat meningkatkan kemaslahatan masyarakatagar lebih efektif dan efisien. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan caramengembangkanPerbankan Syariah di daerah terpencill untuk mempermudah layanan ekonomi bagimasyarakat. Namun, apabila Perbankan Syariah ini tidak dapatterkelola dengan baik, patut dikhawatirkan akan dapat mengganggu perekonomiankita. Misalnya, Sumber Daya Manusia yang kurang pengetahuan dalam memanfaatkanteknologi masa kini, kurangnya promosi, strategi marketing yang masih kurangupgrade dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, diperlukan adanyastrategi, inovasi dan terobosan baru agar Perbankan Syariah dapat terkeloladengan baik sehingga tidak menimbulkan dampak yang tidak diharapkan. Selainitu,Perbankan Syariah diharapkan memberikan banyak solusi, salah satunya sebagai bentukmedia untuk membantu para pelaku usaha yang ingin berkembang. Dengan banyaknya Produk-produk yang terdapat dalamPerbankan Syariah. Diharapkan akan sangat membantu tersebut akan berdampakpositif pada perkembangan perekonomian di Indonesia.

KolaborasiPerbankan Syariah yang baik dengan berbagai pihak, dapat meningkatkankeuangan inklusif pada UMKM Lokal di Indonesia. Hal tersebut dapat terjadikarena saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dan telah masuk ke semuasektor.Maka, dengan masuknya teknologi dapat mengubahindustri keuangan ke era digital. Implementasi Perbankan Syariah pada industri UMKM Lokal akan memudahkan danmendekatkan pelaku bisnis untuk mengakses produk-produk layanan keuangan yangditawarkan. ModelPerbankan Syariah selain mempermudahpelaku bisnis sektor UMKM Lokal dalam mendapatkan akses keuangan, juga dapatmeningkatkan keuangan inklusif serta dapat meningkatkan kesejahteraandan kemandirian ekonomi masyarakat.

Konsep UMKM Lokal dengan memanfaatkan Produkkeuangan yang terdapat di Perbankan Syariah dapat dikembangkan menjadi model inklusi keuangan baru.Inklusi keuangan yangbaru ini diharapkan dapatmenimbulkan dampak-dampak positif kepada berbagai pihak. Dampak positif denganadanya pemanfaatan produk Perbankan Syariah olehUMKM Lokal adalah dapatMendukung dan mengembangkan model inklusi keuangan. Halini merupakan sebuah programinvovasi untuk mendukung dan memperkuat model inklusi keuangan di masyarakatsebagai salah satu upaya yang saat ini dkembangkan oleh pihak OJK. KeterlibatanPerbankan Syariah sebagai pemberimodal untuk UMKM Lokal dapat memperluaspemahaman masyarakat tentang adanya model inklusi keuangan karena dalam hal inimereka telah memanfaatkan sektor keuangan Syariahdalam peminjaman dana tunai.

Pengembangan UMKM Lokalmelalui bantuan Perbankan Syariah merupakan salah satu cara efektif untukmendekatkan masyarakat dengan akses keuangan. Perbankan Syariah dapat bekerjasamadengan kelompok masyarakat agar bisa membantu pembiayaan bagi UMKM Lokal.Peningkatan jumlah penyelenggara ataupun jumlah pembiayaan dalam Perbankan Syariahsaat ini menunjukkan peningkatan literasi keuangan masyarakat, khususnya UMKMdalam mengakses pembiayaan serta transaksi keuangan.

Kehadiranproduk keuangan Perbankan Syariah sangat berkontribusi dalam pengembangan UMKM Lokal yang ada di seluruh wilayah Indonesia.Tidak hanya sebatas membantu pembiayaan modal usaha, peran Perbankan Syariah jugadiharapkanakan merambah ke berbagai aspek seperti layanan pembayarandigital, manajemen pengembangan produk, pemasaran dan pengaturan keuangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image