Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kholila Khoirotul Anha

Destinasi Wisata Pantai Tambakrejo Membantu UMKM Masyarakat Lokal

Wisata | Thursday, 22 Jun 2023, 22:58 WIB

Pantai Tambakrejo, salah satu dari belasan wisata pantai selatan yang berada di Kabupaten Blitar. Pantai Tambakrejo juga salah satu pantai popular di masyarakat luar daerah dan juga kalangan masyarakat Blitar tentunya. Pantai ini berada di sepanjang teluk sekitar 10 km. Pantai ini sangat memberikan daya tarik tersendiri dengan menyuguhkan pesona alam yang sangat cantik serta suasana tenang dan lingkungan yang sangat sejuk di sepanjang pesisir pantai.

Pantai ini juga dikelilingi oleh bukti dan tebing-tebing yang menjulang tinggi di pinggir laut, sehingga menambahkan kesan yang cantik dan estetik. Pantai Tambakrejo juga dikeliling oleh beberapa pantai yang bersebelahan, seperti Pantai Pasetran Gondo Mayit yang berada di timur Pantai Tambakrejo dan Pantai Gemuling yang berada di sebelah barat Tambakrejo. Kawasan pantai disebelah barat ada pelabuhan nelayan yang dijadikan tempat untuk transaksi atau melelang ikan hasil tangkapan nelayan.

Pada setiap tahunnya pantai ini juga mengadakan ritual tradisi yang dilakukan oleh masayarakat Blitar, seperti Larung Sesaji. Larung Sesaji ini diartikan sebagai rasa syukur oleh para nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya hasil bumi bagi masyarakat serta nelayan. Tradisi ini juga bentuk dari melestarikan budaya turun-temurun masyarakat Blitar. Biasanya larungan ini diadakan setiap pada bulan 1 suro atau bulan Muharam.

Dengan adanya tradisi ini juga bisa menarik rasa penasaran para wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Tambakrejo. Di pantai ini lah para pengunjung akan di manjakan dengan keindahan alam serta pesona laut yang ditunjukkan. Pantai yang memilik air jernih dan juga pasir pantai yang bersih, juga menambahkan kesan cantik pada pantai ini. Sangat menenyangkan jika liburan di pantai ini, pasalnya banyak sekali tempat di pantai yang bisa kita datangi seperti di pelabuhan.

Pantai ini sangat cocok untuk salah satu tujuan utama liburan dengan keluarga, teman, maupun pasangan. Salah satu daya tarik pada Pantai Tambakrejo ini adalah dengan adanya perkampungan nelayan serta perahu-perahu yang bersandar di pesisir pantai. Banyaknya fasilitas- fasilitas yang bisa kita dapatkan pada pantai ini seperti warung, mushola, area parkir, toilet, toko souvenir, kursi santai dan masih banyak lagi. Pada sore hari jika cuaca pantai sedang cerah, para wisatawan bisa melihat sunset sambil menikmati perahu nelayan yang akan bersandar.

Kuliner pada pantai ini juga tidak kalah enak. Dengan menikmati suasana pantai para wisatawan bisa berkuliner aneka makanan laut yang dijual di pasar ikan atau pun di warung.Tidak hanya itu di pantai ini juga ada villa yang berada tidak jauh dari area pantai dan terletak diatas bukit. Villa ini juga bisa disewakan per kamar atau pun satu rumah dengan harga yang sangat terjangkau. Bukan hanya villa, namun di Tambakrejo para masyarakat juga menyedikan homestay untuk para wisatawan yang ingin menginap. Menikmati keindahan pantai serta air laut yang membentang luas dapat memberikan kesan tersindiri para wisatawan. Di pantai ini juga bisa digunakan untuk camping bersama keluarga maupun teman-teman.

Ombak pada pantai ini sebenarnya cenderung besar dan berbahaya, tetapi jika ingin bermain air bisa dibagian pantai bagian timur yang ombaknya cenderung kecil. Jika di pantai bagian barat ombak cenderung besar dan sangat berbahaya. Tetapi bagi para wisatawan yang hobbi bermain surfing sangat cocok di pantai ini. Dan jika tidak ingin bermain di air, di darat juga di sediakan ATV (All Terain Vechile) yang bisa digunakan untuk menelusuri disepanjang pesisir pantai. Keramahan pada masyarakat lokal sangat berpengaruh pada wisatawan, pasalnya sambutan hangat yang di berikan juga salah satu bentuk keharmonisan keberlangsungan wisatawan.

Tidak heran jika sambutan hangat serta kenyamanan yang diberikan masyarakat lokal bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Dengan bertambahnya wisatwan pada pantai ini, bisa membantu ekonomi serta para UMKM pada masyarakat lokal yang berjualan. Di pantai ini juga bagi wisatawan yang memiliki hobby memancing juga sangat bisa di pantai ini. Dan tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk pantai ini, pasalnya harganya sangat terjangkau pada semua kalangan. Tiket mulai dari Rp.7000/orang pada hari biasa dan Rp.10.000/orang pada hari libur. Serta tidak ada batas jam operasional pada pantai ini, jadi para pengujung pantai bisa datang bebas jam jika ingin berkunjung ke pantai ini.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan, bahwa potensi pengembangan pariwisata tambak rejo sangat signifikan dan pengelolaan wisata pantai tambak rejo memberikan dampak positif bagi pendapatan asli desa. Serta banyak masyarakat lokal yang mulai berinofasi untuk mendirikan sebuah usaha maupun menciptakan sebuah aneka produk. Banyak juga masyarakat lokal yang mendirikan usaha penginapan, sebagai juru parkir, pemandu wisata serta banyak usaha lainnya.

Dalam hal ini, kunjungan wisatawan sangat mempengaruhi penghasilan bagi UMKM, pasalnya mereka mencari keuntungan itu dari seberapa banyak kunjungan wisatawan di pantai ini. Ketika liburan ke Pantai Tambakrejo para wisatawan juga tidak perlu bingung dengan oleh-oleh. Karena di sana banyak sekali oleh-oleh dari ciri khas produk masyarakat lokal yang bisa dibeli para wisatawan. Dan sekarang juga mulai banyak pembangunan untuk perubahan yang di lakukan di pantai ini, seperti menambah spot foto, tempat duduk dan masih banyak spot foto lain yang tidak kalah keren. Kepuasan para wisatawan pada pantai ini adalah tujuan paling utama.

Akses pada jalan ini juga lumayan mudah diakses dan juga sudah bisa di tempuh melalui Jalan Lintas Selatan (JLS). Ketika musim libur tiba sangat merekomendasikan Pantai Tambakrejo untuk dijadikan tempat tujuan berlibur apalagi untuk acara maupun event yang di adakan dan sangat cocok untuk menjadi tempat santai dengan menyajikan keindahan alam yang alami serta menikmati hembusan angin pantai dengan menikmati aneka ragaman kuliner yang telah tersedia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image