Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Saputra Yusuf

Resep Kue Kacang, Cocok untuk Camilan Idul Fitri

Kuliner | Thursday, 14 Apr 2022, 02:53 WIB

Di hari raya Idul Fitri, tentunya Anda memikirkan makanan dan minuman yang bisa disuguhkan kepada para tamu. Baca Selengkapnya...

Salah satu makanan yang selalu menjadi andalan saat perayaan besar, yaitu kue kering. Kue kering ada banyak macamnya, ada yang manis dan ada yang asin. Jika bosan dengan yang manis-manis, Anda bisa mencoba jajanan asin seperti kue kacang untuk disajikan kepada tamu. Kue kacang adalah kue yang terbuat dari kacang tanah dengan berbagai bentuk, seperti bentuk bulat, hati, atau bulan sabit.

Daripada membelinya di toko dengan harga yang cukup mahal, lho, kamu bisa mencoba membuat kue kacang sendiri di rumah. Selain biaya lebih murah, Anda juga bisa membuatnya sesuai keinginan. simak variasi resep kue kacang di bawah ini untuk kamu kreasikan sendiri!

Biskuit kacang dengan rasa manis pas dengan rasa sedikit gurih di luar sungguh nikmat. Sangat cocok disajikan pada acara-acara khusus seperti Idul Fitri, Idul Adha dan sebagainya. Memiliki bentuk yang unik seperti bulan sabit, love, round, star dan lain sebagainya, menambah cita rasa para pecinta kue kacang untuk segera menikmatinya.

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung protein sedang

- 125 gram gula pasir halus

- 125 gram kacang tanah kupas sangrai

- 125 gram minyak goreng

- Garam 1/2 sendok teh

- 1 kuning telur (digunakan untuk olesan)

- Biji wijen atau almond 1 sendok makan untuk topping

Cara Membuat:

1. Pertama-tama tumbuk kacang tanah sangrai hingga halus, angkat dan pindahkan ke mangkuk yang agak besar.

2. Selanjutnya campurkan tepung terigu protein sedang, gula pasir dan garam, aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Langkah selanjutnya, tambahkan minyak goreng dan aduk adonan hingga semua adonan tercampur rata.

4. Gilas adonan hingga setebal 5 milimeter (mm). Kemudian cetak adonan yang sudah digiling tadi dengan bentuk sesuai selera, bisa berbentuk hati, bintang, bulat, kotak dan lain sebagainya.

5. Setelah semua adonan dicetak, taruh di atas loyang yang sudah diolesi minyak atau mentega. Jangan lupa olesi bagian atasnya dengan kuning telur, lalu taburi adonan dengan taburan seperti biji wijen atau almond di atasnya.

6. Terakhir, masukkan loyang ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit hingga matang dengan suhu 150 derajat Celcius.

7. Angkat, dinginkan, dan susun kue dalam stoples.

8. Kue kacang renyah siap disajikan di meja ruang tamu.

Selamat Mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image