KetahuilahTata Cara Tadarus Ramadhan Yang Baik

Image
Kemis Pahing
Agama | Thursday, 14 Apr 2022, 01:27 WIB

Tata Cara tadarus yang baik dilakukan secara berkelompok. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu membaca Al-Quran secara bergantian atau membacanya bersama-sama. Berikut ini adalah kelebihan tadarus Al-Quran selama bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan Al Quran atau Syahrul Quran. Membaca Al-Qur'an secara teratur di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang besar dalam Islam.

Namun, di masa lalu, wahyu Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan sebelum Hijriah ketika Nabi Muhammad sedang mengasingkan diri di gua Hira. Setiap tahun, 17 Ramadhan diperingati sebagai momen Nuzulul Quran.

Melakukan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sejalan dengan semangat Syahrul Quran. Selain itu, Nabi Muhammad juga memberikan contoh tadarus Al-Quran setiap bulan Ramadhan, sebagaimana tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya),” (H.R. Bukhari).

Nabi Muhammad SAW tidak tadarus sendirian, melainkan bersama Malaikat Jibril yang mengajarkan bacaan Al-Qur'an setiap bulan Ramadhan. Untuk itu, otentisitas Al-Qur'an tetap terjaga dari wahyu Allah SWT. Secara definisi, tadarus berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih.

Jika dilakukan sendiri maka tidak bisa disebut tadarus karena tadarus mengandung arti partisipasi dari orang lain. Berdasarkan hal tersebut maka makna tadarus adalah pembacaan Al-Qur'an secara berkelompok semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan pendalaman pemahaman Al-Qur'an.

Dengan mengelompokkan, orang dapat saling mengoreksi bacaannya jika salah atau belum benar dalam membaca tajwid Al-Qur'an.

Seperti halnya ibadah lainnya, membaca Al-Qur'an memiliki ketentuan tertentu yang harus diikuti oleh setiap Muslim. Ada beberapa ketentuan tata cara tadarus yang baik. Baca Selengkapnya...

1. Ketika akan membaca Al-Qur'an, Anda harus berwudhu terlebih dahulu.

2, Mulailah dengan membaca ta'awu dan basmalah.

3. Di tempat yang bersih Membersihkan pakaian dan menutup aurat dengan rapi

4. Disarankan menghadap kiblat Membaca Al-Qur'an dengan tenang dan tidak terburu-buru

5. Membaca dengan suara sedang Tidak berbicara dan bercanda (bercanda).

Seperti disebutkan di atas, arti kata tadarus adalah membaca Al-Qur'an secara berkelompok. Yang paling baik adalah saling mengoreksi bacaan yang salah, kemudian saling membacakan Al-Qur'an.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mulai Saja Dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image