Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

KetahuilahTata Cara Tadarus Ramadhan Yang Baik

Agama | Thursday, 14 Apr 2022, 01:27 WIB

Tata Cara tadarus yang baik dilakukan secara berkelompok. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu membaca Al-Quran secara bergantian atau membacanya bersama-sama. Berikut ini adalah kelebihan tadarus Al-Quran selama bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan Al Quran atau Syahrul Quran. Membaca Al-Qur'an secara teratur di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang besar dalam Islam.

Namun, di masa lalu, wahyu Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan sebelum Hijriah ketika Nabi Muhammad sedang mengasingkan diri di gua Hira. Setiap tahun, 17 Ramadhan diperingati sebagai momen Nuzulul Quran.

Melakukan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sejalan dengan semangat Syahrul Quran. Selain itu, Nabi Muhammad juga memberikan contoh tadarus Al-Quran setiap bulan Ramadhan, sebagaimana tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya),” (H.R. Bukhari).

Nabi Muhammad SAW tidak tadarus sendirian, melainkan bersama Malaikat Jibril yang mengajarkan bacaan Al-Qur'an setiap bulan Ramadhan. Untuk itu, otentisitas Al-Qur'an tetap terjaga dari wahyu Allah SWT. Secara definisi, tadarus berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih.

Jika dilakukan sendiri maka tidak bisa disebut tadarus karena tadarus mengandung arti partisipasi dari orang lain. Berdasarkan hal tersebut maka makna tadarus adalah pembacaan Al-Qur'an secara berkelompok semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan pendalaman pemahaman Al-Qur'an.

Dengan mengelompokkan, orang dapat saling mengoreksi bacaannya jika salah atau belum benar dalam membaca tajwid Al-Qur'an.

Seperti halnya ibadah lainnya, membaca Al-Qur'an memiliki ketentuan tertentu yang harus diikuti oleh setiap Muslim. Ada beberapa ketentuan tata cara tadarus yang baik. Baca Selengkapnya...

1. Ketika akan membaca Al-Qur'an, Anda harus berwudhu terlebih dahulu.

2, Mulailah dengan membaca ta'awu dan basmalah.

3. Di tempat yang bersih Membersihkan pakaian dan menutup aurat dengan rapi

4. Disarankan menghadap kiblat Membaca Al-Qur'an dengan tenang dan tidak terburu-buru

5. Membaca dengan suara sedang Tidak berbicara dan bercanda (bercanda).

Seperti disebutkan di atas, arti kata tadarus adalah membaca Al-Qur'an secara berkelompok. Yang paling baik adalah saling mengoreksi bacaan yang salah, kemudian saling membacakan Al-Qur'an.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image