Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Saiful Bahri

Literasi Tidak Sekedar Membaca

Eduaksi | Wednesday, 13 Apr 2022, 19:29 WIB
Siswa SDN 75/VII Sungai Benteng I Sarolangun Jambi sedang membaca buku.

Apa yang kita tanam dengan niat dan kesungguhan, tentu kita dapat memanennya dengan hasil maksimal.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Sarolangun Jambi dalam berproses untuk menjadi sekolah-sekolah berliterasi.

Beberapa sekolah tersebut adalah SDN 44/VII Sukasari Sarolangun dan SDN 57/VII Sungai Benteng I.

"Literasi merupakan salah satu pondasi dasar dalam kehidupan manusia, makanya kita dorong siswa terbiasa membaca dan menulis dari apa yang ia baca," ujar Hj. Zunaida, S.Pd, Kepala SDN 44/VII Sukasari, Selasa, (12/4).

Kita menyadari, kegiatan membaca dan menulis adalah sebuah aktivitas kesatuan yang tak mungkin dipisahkan.

Seseorang akan terampil menulis apabila dia rajin melahap aneka bacaan.

Sebaliknya, dengan keterampilan menulis yang diasah terus menerus, seseorang akan lebih mudah untuk memaknai bacaan-bacaan yang disodorkan kepadanya.

Artinya, dengan kemampuan tersebut, anak-anak akan lebih mudah memahami logika-logika dalam berbagai mata pelajaran yang disuguhkan kepadanya.

"itulah makna bahwa literasi tidak sekedar membaca bagi siswa kami," kata Widya Anggraini, S.Pd, guru SDN 75/VII Sungai Benteng I.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image