Pelaksanaan Pembelajaran Enterpreneurship di Sekolah Dasar

Image
Zilfania Tamara
Eduaksi | Sunday, 18 Apr 2021, 12:44 WIB
Di tengah era milenial ini, kita banyak menemukan anak-anak yang sudah dididik untuk berkompetisi sejak kecil. Setiap manusia harus mempunyai skill yang mumpuni supaya bisa menghadapi persaingan yang ketat di beberapa tahun kedepanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar.
Pembelajaran entrepreneurship dapat melatih anak menjadi lebih kreatif dan mandiri. Entrepreneurship merupakan proses dalam menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan penuh inovasi yang bermanfaat bagi orang-orang. Para pendidik berharap dengan diterapkannya pendidikan entrepreneurship di sekolah dasar peserta didik dapat mengembangkan diri dengan potensi yang dimilikinya.Hasil penelitian dari wawancara dengan salah satu pendidik di sekolah dasar membuktikan bahwa sekolah dasar tempat beliau mengajar sudah menerapkan pembelajaran entrepreneurship walaupun masih terintegrasi dengan mata pelajaran lain.
Strategi/ cara pendidik guna menerapkan pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar dilakukan dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran/kegiatan yang mendorong nilai-nilai entrepreneurship.Untuk implementasi pembelajanya yaitu menggunakan beberapa metode, 1)Modeling = pada saat KBM guru bercerita tentang orang-orang yang sukses dalam bisnisnya (materi yang terkait). 2)Pada saat kegiatan literasi diberikan bacaan tentang entrepreneurship. 3)Karya wisata. 4)Pemberian tugas membuat hasta karya, hasilnya ditunjukkan di kelas. 5)Sekolah hijau dan apotik hidup sekolah.Faktor pendukung dalam pembelajaran entrepreneurship yang dilaksanakan di sekolah dasar ini adalah adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah, orang tua, peserta didik dan lingkungan sekitar.
Selain faktor pendukung, ada juga faktor penghambat dalam pelaksanakan pembelajaran entrepreneurship. Faktor penghambatnya yaitu karakteristik siswa yang beragam, serta sarana dan prasarana masih sangat terbatas sehingga pembelajaran entrepreneurship masih terbatas dalam KBM terintegrasi dengan mata pelajaran lain & program sekolah hijau serta apotek hidup.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar adalah adanya kegiatan literasi, KBM & budaya sekolah yang dapat mengembangkan nilai-nilai entrepreneurship.
Upaya sekolah dalam menanamkan jiwa kewirausahaan siswa, jiwa wirausaha perlu dikondisikan dengan baik melalui jalur kegiatan infrastruktur maupun ekstrakulikuler sehingga siswa menjadi terbiasa untuk menerapkan & akhirnya menjadi karakter kepribadian siswa.Interaksi antara guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran entrepreneurship di sekolah guru menjadi fasilitator pembelajaran yang mampu menanamkan nilai dan minat siswa untuk menjadi seorang pengusaha.
Dalam mengatasi karakteristik & kemampuan siswa yang beragam, guru membentuk team work dalam pemberian tugas. Diharapkan dengan team yang anggotannya beragam karakteristik & kemampuannya tersebut siswa akan sharing-sharing/ tukar pikiran & memotivasi siswa yang kurang minat dalam berwirausaha.
Untuk evaluasi pembelajaran entrepreneurship diintegrasikan dengan mata pelajaran lain karena pembelajarn entrepreneurship tidak termasuk mata pelajaran.Itulah hasil penelitian dari wawancara mengenai pelaksanaan pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar. Pasalnya dalam berwirausaha, semangat dan kreativitas anak akan berkembang. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung penasaran dan sangat menyukai tantangan.
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Sahabat Akrab sekaligus Rival Sejati : Ibn Hajar al-asqalani dan Badr al-Din al-'Ayni

Image

Ilmu Masa Depan

Image

Ilmu segalanya

Image

Tugas dari Dosen Membuat Mahasiswa Stres, Ini Cara Pencegahannya!

Image

Apa sih Isyraf itu?

Image

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berkurban!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image