Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heri Mahpudin

Mengenal Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing

Teknologi | Wednesday, 13 Apr 2022, 06:32 WIB
ilustasi seo via pixabay.com

Dalam digital marketing, ada salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh para digital marketer selain dari periklanan dan optimasi media sosial, yakni adalah ilmu optimasi mesin pencarian atau search engine optimation (SEO).

Dengan ilmu seo, sebuah website memungkinkan untuk muncul di halaman paling atas mesin pencarian pada query yang ditargetkan. Ini tentu akan menguntungkan para publisher atau pebisnis karena website dapat dikunjungi oleh banyak orang.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu SEO, dalam artikel ini kita akan membahas seo secara singkat jelas dan padat.

Apa Itu SEO?

Dikutip dari salamadian. Secara sederhana SEO adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk menaikan sebuah postingan dalam website ke halaman paling atas di mesin pencarian google, yahoo, bing dan sejenisnya.

Peringkat website di mesin pencarian sendiri dipengaruhi oleh ratusan faktor, diantaranya seperti backlink, kualitas konten, persaingan keyword dan lain sebagainya. Nah, dalam ilmu seo anda akan mempelajari semuanya itu.

Untuk menjadi seorang SEO specialist anda bisa belajar secara otodidak atau mengikuti kelas kelas khusus. Namun, yang harus disadari menjadi seorang SEO specialist membutuhkan waktu dan pengalaman tertentu. Anda tidak bisa mendapatkannya secara instan.

Contoh SEO

Untuk mengenal lebih jauh tentang SEO, kami berikan contoh bagaimana seo bekerja dalam sebuah mesin pencarian.

"Pak Amir adalah seorang pebisnis dan ia membuat sebuah website bernama Amir.com. Bisnis pak Amir bergerak pada bidang jasa sewa motor di Kebumen.

Pertanyannya, bagaimana cara agar ketika orang mengetikan kata kunci "Sewa motor Kebumen" di google, website amir.com ini bisa muncul di posisi paling pertama google?. Nah, disinilah ilmu SEO berperan.

Pak amir harus melakukan link building, melakukan penulisan artikel dan melakukan optimasi-optimasi lain agar websitenya bisa ada di halaman pertama google. Itulah tugas dari SEO yang harus dilakukan.

Nah, kurang lebih begitulah sekilas tentang apa itu seo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image