5 Keuntungan Menraktir Teman di Bulan Ramadhan

Image
Deffy Ruspiyandy
Gaya Hidup | Monday, 11 Apr 2022, 13:13 WIB

Siapapun yang mau berbagi atau memberikan sesuatu kepada orang lain jelas suatu perbuatan yang mulia bahkan diperintahkan oleh Allah. Tentu saja jika dilakukan pada bulan Ramadhan kali ini maka pelakunya akan senantiasa mendapat keuntungan yang sangat luar biasa dan itu diberi kesempatan sampai bulan Ramadhan berakhir.

Nah bagi siapapun yang memiliki kebiasaan mentraktir teman makan atau minum di luar bulan ini maka pada bulan Ramadhan sekarang seharusnya lebih jorjoran karena jelas yang melakukannya takkan pernah rugi yang ada justeru akan menyenangkan hati dan niscaya akan terus menerus ketagihan sebab yang didapat lebih dari biasanya.

Mentraktir orang lain saat Ramadhan banyak memberikan keuntungan bagi pelakunya (FOTO :Retizen.Republika.co.id/Faiz Abdillah@DDJateng)

Pertama, bagi yang bisa melakukannya secara tulus dan ikhlas maka akan mengikis sifat kikir dan serakah. Dengan sering mentraktir teman maka hilang sifat pelit. Di sini bukan berarti boros karena mengeluarkan uang bagi mereka yang berbuka puasa adalah hal yang dieprintahkan Allah. Dengan berbagi maka akan jauh dari sifat serakah yang selalu ingin menimbun harta sebanyak-banyaknya karena harta takkan dibawa mati.

Kedua, bagi mereka yang mentraktir orang-orang pada bulan Ramadhan maka akan dilipatkan pahalanya. Bahkan orang yang mentraktir makan orang yang berpuasa maka akan mendapat pahala sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang melakukannya. Jelas ini seharusnya bagi siapa saja untuk mentraktir siapa saja pada bulan Ramadhan kali ini.

Ketiga, bagi yang melakukannya maka apa yang dilakukannya dianggap bersedekah dan bersedekah itu sama dengan mengundang keberkahan dan kembali datangnya rezekinya yang bisa jadi lebih banyak didapatkannya.Artinya, siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (QS. Al-Baqarah, 245).

Keempat, orang yang terbiasa mentraktir orang lain menandakan jika orang tersebut memiliki rasa kasih sayang dan cinta yang mau diberikan kepada orang lain. Tidak akan mungkin bia peduli dengan orang lain apabila tidak punya rasa cinta yang besar pada dirinya. Orang punya cinta maka akan senatiasa menyayangi orang lain.

Kelima, orang yang terbiasa mentraktir orang lainpunya kesempatan menjadi orang kaya baik dalam arti kaya sesungguhnya atau bisa juga kaya hati. Tentu saja jika Allah memberikan kekayaan maka ia akan terus diberi kesempatan untuk berbagi pada orang lain dan akan memiliki hati yang mulia karena ia akan sennatiasa berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Demikian lima keuntungan kalau kita mentraktir teman di bulan Ramadhan kali ini. tetapi kebiasaan baik ini jangan hanya berhenti setelah Ramadhan berakhir karena harus terus menerus dilakukan agar semakin kita mendapat keberkahan dan juga diluaskan rezeki karena Allah sangat suka kepada orang-orang yang mau peduli kepada saudaranya.***

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image