Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

17 Tip Keseimbangan Kehidupan Kerja untuk Hidup Bahagia dan Produktif

Eduaksi | Monday, 11 Apr 2022, 12:55 WIB
image: SRA International

Mencapai keseimbangan kehidupan kerja bisa sangat sulit. Semakin banyak orang melaporkan bahwa mengelola kehidupan pribadi dan profesional mereka menjadi lebih sulit.

Jam kerja lebih lama, lebih banyak tekanan untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat, lebih banyak tekanan untuk berhasil, dan lebih sedikit waktu pribadi. Jika digabungkan, kombinasi hal-hal ini menciptakan lebih banyak stres dan banyak perjuangan sehari-hari.

Tetapi bekerja lebih lama dan lebih keras tidak berarti mencapai lebih banyak, terutama jika Anda tidak punya waktu untuk dihabiskan bersama orang-orang yang paling berarti.

“Saya percaya bahwa menjadi sukses berarti memiliki keseimbangan kisah sukses di banyak bidang kehidupan Anda. Anda tidak dapat benar-benar dianggap sukses dalam kehidupan bisnis Anda jika kehidupan rumah tangga Anda berantakan” — Zig Ziglar

Kualitas siapa Anda sebagai pribadi, hubungan yang Anda miliki, waktu yang Anda habiskan dalam pekerjaan, memutuskan apa yang paling penting sepenuhnya berada dalam kendali Anda.

Apa itu Keseimbangan Kehidupan Kerja?

Ketika kita berbicara tentang tip keseimbangan kehidupan kerja, kita tidak hanya berbicara tentang aspek waktu dari jadwal Anda. Keseimbangan kehidupan kerja adalah pendekatan inklusif terhadap semua aspek kehidupan yang memberikan kepuasan maksimal dan memberikan perasaan terpenuhi.

Keseimbangan kehidupan kerja mungkin memiliki arti yang berbeda dalam kehidupan setiap orang. Untuk memahaminya dengan lebih baik, pertimbangkan semua hal yang penting bagi Anda. Misalnya, pekerjaan, teman, keluarga, waktu yang Anda habiskan untuk hobi, minat, dan lain-lain.

Jika Anda merasa bahwa Anda berkompromi pada setiap aspek kehidupan yang penting, Anda tidak memiliki keseimbangan kehidupan kerja.

Ada garis demarkasi yang tipis antara kehidupan pribadi dan profesional. Ketika Anda mampu membawa keseimbangan antara kedua belah pihak, Anda mendapatkan keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna. Ini adalah sikap sederhana terhadap hidup Anda di mana tidak satu pun dari sisi ini menggantikan yang lain dalam hal prioritas.

Mengapa Keseimbangan Kehidupan Kerja Penting?

Banyak dari kita masuk ke dalam perangkap pikiran di mana kita merasa seolah-olah kita perlu mengorbankan aspek kehidupan tertentu untuk mencapai sesuatu. Kecuali kita menyerah atau berkompromi pada sesuatu yang kita cintai, kita tidak akan dihargai dengan sebuah prestasi. Yah, itu sebenarnya tidak pernah benar.

Tidak perlu berkompromi pada apa pun atau bekerja lebih lama untuk mencapai sesuatu. Ini hanya pola pikir. Keseimbangan kehidupan kerja memungkinkan Anda untuk mencapai segala sesuatu dalam hidup dan membuat Anda bahagia pada saat yang sama.

Kita perlu mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki keseimbangan kehidupan kerja untuk memahami pentingnya.

Orang-orang yang berfokus pada fasad kehidupan yang terbatas akhirnya merasa tidak puas dan tidak bahagia. Pikiran kita cenderung fokus pada apa yang harus kita kompromikan daripada apa yang kita peroleh. Ini adalah keadaan pikiran yang menyedihkan yang menyebabkan stres dan terkadang masalah mental yang disebabkan oleh kecemasan.

Penting untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja karena memungkinkan Anda untuk menikmati setiap momen keberadaan Anda. Anda memiliki cukup waktu dan energi untuk bekerja, keluarga, teman, me-time, atau apa pun yang penting bagi Anda. Anda bisa menikmati semuanya dan bahagia dengan keseimbangan kehidupan kerja yang tepat.

17 Tip Keseimbangan Kehidupan Kerja

Berikut adalah 17 tip keseimbangan kehidupan kerja yang dapat Anda terapkan sekarang untuk mulai menjalani kehidupan yang lebih bebas stres:

1. Ambil Lebih Banyak Hari Peremajaan

Kapan terakhir kali Anda mengambil cuti dari pekerjaan untuk memulihkan diri sepenuhnya?

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan lingkungan untuk produktivitas dan kreativitas tinggi di masa depan adalah dengan membawa diri Anda keluar dari hari ke hari dan melepaskan diri Anda sepenuhnya dari aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, Anda akan mendapatkan kejelasan tentang apa yang paling penting, baik sekarang maupun di masa depan, dan Anda akan kembali segar, bersemangat, dan termotivasi. Dengan mengambil lebih banyak hari peremajaan, Anda berinvestasi pada diri sendiri yang secara alami berarti Anda menciptakan lebih banyak keseimbangan.

Jika Anda dapat mengambil hari ini untuk diri sendiri setiap satu atau dua bulan, Anda akan mulai melihat hasil langsung di semua tingkat bisnis dan kehidupan Anda.

Sekarang keluarkan kalender Anda dan tandai hari-hari peremajaan Anda.

2. Lepaskan Rasa Takut

Banyak orang, baik itu pengusaha, pemilik bisnis, pemimpin atau manajer khawatir jika mereka tidak bekerja, atau terlihat bekerja setiap hari, mereka mungkin kehilangan sesuatu yang penting. Bisnis mungkin gagal atau mereka mungkin tidak mendapatkan promosi itu atau semacamnya. Selalu ada sesuatu. Ada perasaan bahwa sesuatu yang buruk bisa terjadi jika tidak cukup waktu yang diinvestasikan atau "Aku selalu bisa mengerjakan sesuatu yang lain".

Tetapi, bagaimana jika Anda yakin bahwa Anda cukup baik, Anda mencapai dan melakukan sesuatu yang berarti, dan bahwa Anda berarti?

Setelah Anda memiliki keyakinan dan keyakinan itu, Anda dapat melepaskan rasa takut bahwa 'selalu ada lebih'. Anda akan merasa lebih gembira, produktif, berlimpah dan tahu bahwa apa yang Anda capai sudah cukup baik.

3. Prioritaskan Hari Anda

Jika Anda mundur selangkah dan melihat apa yang ada di daftar tugas Anda, berapa banyak hal yang penting? Berapa banyak hal yang harus dilakukan hari itu?

Semuanya dimulai dengan pemahaman yang jelas tentang seperti apa masa depan Anda yang lebih besar dan lebih baik. Apakah Anda berencana setahun ke depan? Tiga tahun? Sepuluh tahun? Apa yang Anda kerjakan untuk mencapai?

Setelah Anda memahami itu, Anda dapat bekerja kembali dan membuat rencana dan tujuan yang membantu Anda mencapai tujuan Anda yang lebih besar.

Anda dapat membangun sasaran hasil 90 hari, hal-hal yang benar-benar ingin Anda capai pada kuartal berikutnya dan kemudian menjelaskan proses untuk mencapainya. Dari rencana ini Anda akan memahami prioritas Anda dan di mana seharusnya waktu fokus Anda.

Jangan memiliki 10 hal dalam daftar Anda untuk diselesaikan hari itu. Fokus untuk mencapai hanya 3 atau 5 hal penting setiap hari. Capai mereka dan motivasi Anda akan menembus atap. Memiliki terlalu banyak dan tidak menyelesaikannya dan tingkat energi Anda akan turun.

4. Ungkapkan Rasa Syukur atas Apa yang Anda Miliki

Kadang-kadang kita begitu sibuk bekerja melalui dan berurusan dengan hari ke hari dan memikirkan masa depan kita sehingga kita lupa tentang di sini dan sekarang, saat ini. Saya percaya itu penting untuk memasukkan rasa syukur proaktif sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, untuk benar-benar melihat segala sesuatu dalam hidup kita dan menghargai apa yang kita miliki.

Banyak dari kita menganggap syukur sebagai reaksi. Sesuatu terjadi atau seseorang melakukan sesuatu dan Anda merasa bersyukur. Anda mengucapkan terima kasih, mungkin mengirim email.

Tetapi strategi yang jauh lebih proaktif untuk menciptakan dan menjalani kehidupan yang berkelimpahan adalah dengan aktif menemukan hal-hal yang Anda hargai. Ini memengaruhi keadaan pikiran pribadi Anda, tetapi juga memengaruhi orang lain. Anda dapat mengirim kartu tulisan tangan kepada orang yang Anda cintai atau seseorang yang sangat berarti bagi Anda.

Cobalah bersyukur untuk tiga hal di penghujung hari dan lihat bagaimana hal ini mengubah suasana hati dan pola pikir Anda.

5. Belajar Mengatakan Tidak

Penting untuk memutuskan apa yang ingin Anda lakukan, dengan siapa Anda ingin membangun hubungan dan di mana Anda ingin menghabiskan waktu Anda. Kita memiliki begitu banyak permintaan yang dibuat dari kita dan begitu banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal berbeda sehingga kita akhirnya mengatakan ya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak ingin kita lakukan tetapi merasa harus kita lakukan.

Miliki harga diri, kepercayaan diri, dan keberanian untuk menjalani hidup dengan cara Anda sendiri dan katakan ya hanya untuk hal-hal yang benar-benar penting. Untuk yang lainnya, mulailah mengatakan tidak.

Ketika Anda jelas tentang siapa yang paling penting dan apa yang paling penting, Anda mendapatkan kejelasan tentang apa dan siapa yang penting dan siapa yang tidak.

Waktu Anda langka. Ketika Anda mulai mengatakan tidak pada banyak hal, Anda akan menjadi lebih fokus dan benar-benar hadir dalam semua hal yang Anda katakan ya.

6. Lebih Bersenang-senang

Jika Anda melihat kembali minggu lalu, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk bersenang-senang? Jika tidak banyak, maka inilah saatnya untuk mengubah segalanya.

Pikirkan tentang apa yang membuat Anda bersemangat, pikirkan orang-orang yang Anda cintai menghabiskan waktu bersama. Lompat ke hal-hal baru dan hubungan baru. Ambil beberapa risiko, coba sesuatu yang baru, pelajari keterampilan baru, dan mulailah meletakkan dasar untuk proyek besar yang selalu Anda tunda.

Jika Anda perlu keluar dari zona nyaman Anda untuk bersenang-senang, lakukan saja. Namun, Anda ingin mengubah hidup Anda, bersenang-senang membuat Anda tetap berenergi dan termotivasi.

7. Mulai Jurnal

Salah satu hal terbesar yang telah membantu saya dalam pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan saya adalah menggunakan jurnal saya setiap hari.

Ini adalah tempat untuk rumah impian saya. Ini adalah rumah bagi pemikiran kreatif dan alat berpikir saya. Ini adalah tempat untuk melarikan diri. Ini juga tempat untuk menuliskan pemikiran dan catatan tentang di mana saya berada sekarang — pemikiran saya, pola pikir saya, dan sistem kepercayaan saya.

Kebiasaan menulis di jurnal saya terasa seperti sebuah langkah kecil tetapi telah transformatif. Ini telah menjadi rutinitas yang mempengaruhi bagian lain dari hidup saya.

Jadi, mulailah membuat jurnal. Berkomitmenlah untuk menulis setiap hari, meskipun hanya selama lima menit dan lihat ke mana imajinasi Anda membawa Anda.

8. Ciptakan Satu Jam Sehari untuk Berpikir dan Bersantai

Sungguh menakjubkan apa yang sebenarnya kita punya waktu, terutama ketika kita memutuskan untuk benar-benar meluangkan waktu. Saya mendengar ungkapan "Aku tidak punya waktu" terus-menerus. Bagaimana kalau Anda mengubah pola pikir itu dan mulai mendedikasikan satu jam sehari untuk diri sendiri?

Satu jam untuk bekerja pada diri sendiri. Satu jam untuk membaca. Satu jam untuk mempelajari keterampilan baru.

Yang benar adalah kita semua dapat menemukan waktu jika itu penting bagi kita. Satu jam sehari ini dapat membantu kita menjadi lebih kreatif dan meningkatkan energi dan fokus Anda. Plus, Anda akan meningkatkan kemampuan Anda.

9. Lakukan Satu Hal yang Anda Suka Lakukan Setiap Hari

Saat kita tersedot ke dalam angin puyuh sehari-hari, hanya itu yang bisa kita lakukan untuk bertahan. Kita sering lupa untuk melakukan atau menikmati hal-hal yang benar-benar memberi kita kebahagiaan terbesar.

Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan keseimbangan ke dalam hidup Anda adalah dengan berkomitmen kembali untuk melakukan hal-hal yang memberi Anda kesenangan terbesar. Jika Anda tidak memiliki apa pun, saya sarankan Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai. Ini bisa berupa membaca, berjalan, bermeditasi, belajar alat musik atau bahasa, atau menjadi juru masak atau tukang kebun yang lebih baik.

Tidak masalah apa itu selama Anda mendapatkan kesenangan dari pengalaman itu. Cobalah mengukir waktu setiap hari untuk melakukan satu hal ini. Lakukan selama 30 hari dan itu akan menjadi kebiasaan. Plus, ini akan membantu Anda terhubung kembali dengan apa yang benar-benar Anda pedulikan.

10. Ciptakan Lebih Banyak Waktu Keluarga

Ini adalah area yang sangat berarti bagi saya dan merupakan salah satu alasan saya mengadakan pelatihan saya sejak awal.

Saya memiliki dua anak dan saya ingin melihat lebih banyak dari mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya. Waktu itu saya kadang-kadang bisa mengantar mereka ke sekolah dan sering pulang untuk 'makan malam keluarga' dan cerita pengantar tidur. Memiliki kebebasan untuk melakukan ini sangat penting dalam cara saya menjalankan pekerjaan saya dan bagaimana saya membantu orang lain menjalankan usaha mereka.

Jika Anda dapat menciptakan sedikit ruang untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang berarti, Anda akan melihat perbedaan besar.

11. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Orang-orang sukses selalu dipandu oleh visi masa depan mereka. Untuk menjaga mereka tetap di jalur dan termotivasi menetapkan tujuan yang jelas, baik jangka panjang maupun jangka pendek, memungkinkan mereka untuk mencapai impian terbesar mereka.

Menetapkan tujuan yang spesifik dan terukur memberi Anda kesempatan terbaik untuk mengubah cara Anda bekerja dan hidup. Mereka membantu Anda bergerak maju dan membangun momentum setiap hari. Seperti yang dikatakan Dan Sullivan,

“Masa depan Anda adalah milik Anda. Jika Anda tidak mengambil alih kepemilikannya, orang lain akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda.”

12. Fokus pada Hasil, Bukan Waktu yang Dihabiskan

Daripada berpikir untuk bekerja lebih keras, fokuskan waktu dan energi Anda untuk mencapai hasil yang lebih besar. Dengan menyederhanakan area fokus Anda, Anda membebaskan lebih banyak waktu untuk menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan dan seimbang.

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap melakukan aktivitas yang tak terhitung jumlahnya yang menguras energi Anda dan menjauhkan Anda dari membangun momentum dalam memajukan bisnis Anda. Anda ditarik ke berbagai arah dan tidak punya cukup waktu dan sering mengambil terlalu banyak proyek. Hal ini sering membuat Anda lelah, khawatir, dan tidak komunikatif di penghujung hari.

Ingat, menyelesaikan lebih banyak hal tidak berarti apa-apa ketika tidak ada hal hebat yang dilakukan.

Dengan berfokus pada sejumlah kecil proyek dan memberikan dampak maksimal, Anda memiliki rasa pencapaian, kepercayaan diri, dan motivasi yang lebih besar. Plus, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk berhenti bekerja lebih awal dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang berarti.

13. Berkomitmen untuk Masa Depan yang Lebih Besar

Anda memiliki kekuatan dan kendali untuk memutuskan masa depan yang lebih besar dan lebih baik yang Anda inginkan untuk diri Anda sendiri saat ini, di saat ini. Seberapa jauh ke masa depan Anda ingin 'visi' terserah Anda. Bisa 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun atau 25 tahun. Masa depan ini adalah milik Anda untuk diciptakan, tetapi itu hanya datang dari menginvestasikan waktu sekarang untuk memikirkan di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi.

Coba ini: Lihatlah 'masa depan Anda' dan jelaskan ke mana Anda ingin pergi, ingin menjadi siapa dan bagaimana Anda ingin menjalani hidup. Kemudian, bawa diri Anda kembali ke hari ini dan buat rencana tindakan tentang bagaimana Anda akan menciptakan dan 'berjalan ke' masa depan yang lebih besar ini.

Anda akan merasakan energi, keterlibatan, motivasi, kreativitas, dan produktivitas yang lebih tinggi karena Anda memiliki visi dan kejelasan yang jelas tentang ke mana Anda ingin pergi dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya.

14. Jadwalkan Waktu Anda dengan Cerdas

Waktu adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berencana untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja Anda. Jika Anda mengendalikan waktu Anda, Anda dapat mengendalikan segalanya.

Anda mungkin harus berurusan dengan jutaan tugas dalam sehari, dan terkadang itu membuat Anda melupakan hal-hal penting lainnya dalam hidup. Tetapi jika Anda dengan sengaja menjadwalkan hari kerja Anda dan tetap berpegang pada kalender Anda, cegukan kecil ini tidak akan dapat mengalahkan tekad Anda untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja.

Anda dapat menggunakan kertas pena sederhana atau gadget teknologi Anda untuk menjadwalkan waktu Anda. Rencanakan kehidupan pribadi dan profesional Anda setiap hari dan simpan jadwal Anda untuk membantu Anda tetap fokus. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk tampil berlebihan, tetapi itu tidak boleh mengorbankan aspek lain dari kehidupan Anda.

Ingat, kehidupan kerja Anda penting, tetapi begitu juga kehidupan pribadi Anda yang mencakup waktu liburan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga.

15. Temukan Portal untuk Fleksibilitas

Ada saat-saat dalam sehari ketika Anda benar-benar mampu untuk sedikit santai. Tetapi seperti yang ditentukan oleh sifat manusia kita, tidak semua dari kita membiarkannya dan hanya menikmati istirahat.

Kita lebih suka menjadwalkan sesuatu yang lain untuk jumlah waktu itu hanya untuk menyelesaikan tugas. Jangan lakukan itu. Temukan portal Anda untuk fleksibilitas dan berikan diri Anda kemewahan istirahat yang diperpanjang dan bernapaslah sesekali.

16. Temukan Penyangga

Ketika kita mengatakan penyangga, yang kita maksudkan adalah Anda perlu menemukan waktu antara kehidupan profesional dan rumah tangga, di mana Anda belajar untuk melepaskan. Jangan membawa kantor Anda ke rumah dan rumah ke kantor. Keduanya penting; namun, tidak ada yang cukup kuat untuk merusak suasana hati Anda dan memengaruhi orang lain.

Misalnya, saat pulang dari kantor, cobalah untuk melepas penat dengan mendengarkan musik atau podcast yang membuat Anda rileks. Itu akan mengisi ulang Anda dan membawa kembali senyum di wajah Anda. Lakukan upaya khusus untuk melakukan ini setiap hari, bahkan saat akan bekerja.

17. Cabut dari Teknologi

Teknologi adalah salah satu penyebab utama di balik orang-orang yang tidak belajar untuk bersantai. Hidup kita begitu kusut dan dikelilingi oleh teknologi sehingga kita hampir tidak pernah melihat ponsel atau laptop kita sepanjang hari, bahkan ketika itu tidak diperlukan.

Kitalah yang memberikan kekuatan kepada teknologi untuk menundukkan kita hingga menjadi sebuah paksaan.

Mencabut diri Anda dari teknologi sesekali akan memberi Anda cukup kesempatan untuk meluangkan waktu untuk hal lain yang penting. Ini adalah salah satu Injil untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja di abad ke-21.

Manfaat yang Dapat Diberikan oleh Keseimbangan Kehidupan Kerja yang Sehat ke dalam Hidup Anda

Ada banyak manfaat memiliki keseimbangan kehidupan kerja. Banyak yang tidak menyadari sampai terlambat bahwa kehidupan pribadi dan profesional Anda sama pentingnya dan Anda tidak perlu berkompromi dengan keduanya. Apakah Anda seorang pemilik bisnis atau karyawan, ketika Anda memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna, Anda dapat:

Bebas dari Stres dan Penyakit Mental Lainnya

Kompensasi berlebihan pada bagian tertentu dari kehidupan menghasilkan ketidakpuasan. Misalnya, bagaimana perasaan Anda ketika Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam di kantor untuk menyelesaikan proyek yang belum selesai sementara keluarga Anda makan malam sendirian di rumah?

Frustrasi? Terganggu? Tertekan? Marah? Tidak puas?

Daftarnya bisa berlanjut, dan semua perasaan ini akan melahap ketenangan pikiran Anda. Pada akhirnya, hal itu menyebabkan kelelahan, dan orang-orang terjebak dalam kebiasaan jahat untuk menjadi stres. Banyak yang bahkan mengembangkan masalah mental lainnya karena jam kerja yang diperpanjang.

Memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik mengurangi stres dan menyelamatkan Anda dari penyakit mental semacam itu.

Jadilah Bahagia dan Puas dengan Hidup

Mari kita coba menjawab pertanyaan lain. Bagaimana perasaan Anda ketika kinerja pekerjaan Anda sangat baik, Anda berhasil memberikan waktu keluarga, dan bisa bermain poker dengan teman-teman Anda? Luar biasa bukan?

Itulah yang terjadi ketika Anda menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan Anda. Itu tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi pada akhirnya, ketika Anda membiasakan diri melakukan teknik keseimbangan, Anda akan melihat bahwa Anda bahagia dan puas dengan hidup Anda.

Menjadi Lebih Produktif di Setiap Aspek Kehidupan

Produktivitas Anda secara langsung terkait dengan pola pikir Anda. Jika Anda stres, tidak bahagia, tidak puas, atau marah pada hidup, Anda tidak akan pernah bisa memberikan seratus persen Anda.

Namun, jika Anda berhasil mempertahankan pendekatan yang seimbang dalam waktu profesional dan pribadi Anda, kadar serotonin Anda akan melonjak karena Anda akan bahagia. Pada akhirnya akan memungkinkan Anda untuk memberikan kinerja terbaik Anda di mana-mana.

Garis Bawah

Beberapa dari strategi dan tip ini akan memungkinkan Anda untuk berpikir secara berbeda dan bekerja secara berbeda dengan segera, sementara yang lain akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diterapkan tetapi akan menjadi kunci kesuksesan jangka panjang Anda.

Menciptakan keseimbangan antara bagaimana Anda berpikir, bagaimana Anda bekerja dan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda sangat penting untuk kesehatan jangka panjang dan kesejahteraan mental Anda. Keinginan untuk menciptakan perubahan itu hanya datang dari dalam. Semoga strategi dan tip ini akan membuat Anda menjadi yang terbaik.

***

Solo, Senin, 11 April 2022. 12:24 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image