Majelis Kesaksian Jilid 2: Pembangunan Demokratis di Pedesaan

Image
Suryana Ependi
Eduaksi | Saturday, 09 Apr 2022, 12:45 WIB

Sanggabuana Institute kembali melaksanakan Majelis Kesaksian jilid 2 pada Jumat (8/4/2022), tema kali ini adalah Pembangunan Demokratis di Pedesaan yang bertempat di Museum Multatuli, Rangkasbitung.

Topik diskusi hari ini dikhususkan untuk menyoroti beragam situasi pembangunan di pedesaan. Dengan adanya anggaran yang masuk ke desa, kami melihat soal ini penting untuk dibahas. Kenapa demikian, karena soal pembangunan yang melibatkan warga, ini juga berkaitan dengan kesejahteraan warga desa. Pungkas Hendriana Pratama (koord. Program dan Kampanye Sanggabuana Institue)

Majelis Kesaksian ini ada dua pembicara, ada Bung Aeng (Pena Masyarakat) seorang yang sudah malang melintang dalam dunia aktivisme sejak menjadi mahasiswa, dan berfokus pada isu lingkungan hidup.

Dalam paparannya, bicara demokrasi itu soal berapa otak, berapa luas wilayahnya, yang berpikir, dll. Bicara mengenai desa, ini juga berkaitan dengan banyaknya aturan UU kan, padahal sebelumnya desa itu punya aturan, sebutlah itu aturan adat yang sudah ada sejak dulu. Nah, jangan sampai dengan banyaknya aturan, itu menghambat demokratisasi di pedesaan. Tegas Aeng

Kemudian yang kedua, bicara mengenai Desa. Karena saya Kepala Desa, jangan sampai menjadi kepala desa itu adalah kecelakaan. Semisal, karena berangkat dari keluarga yang kaya, terpandang di desa. Soal demokrasi di desa ialah tentang bagaimana melibatkan masyarakat desa dalam proses pembangunan, semisal memaksimalkan budaya gotong royong di desa. Ini kan kebanyakan, mentang-mentang ada dana desa, dikit-dikit anggaran, kebiasaan buruk itu. Kalau memaksimalkan swadaya warga desa, itu juga bagian yang penting dan bagus. Menurut Yayan Hendayana (Kepala Desa Cikamunding, Lebak), yang juga ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kec. Cilograng.

Ke depannya, kami berharap semoga dengan adanya Majelis Kesaksian ini, intelektual di Lebak mempunyai kehendak untuk mengaktivasi ruang publik menjadi medium dan alternatif belajar bersama. tambah Hendriana

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Narkotika Borong 2 Perak Di Kejuaraan Menembak

Image

Mengetahui Harga Jasa Penulis Artikel untuk Membantu Blog atau Laman Web Kamu

Image

Pakai YTMP3 CC Download Lagu dari YouTube ke Play Musik Converter

Image

Download Video YouTube Jadi MP3 di HP dengan Link Y2Mate Berikut

Image

Kantor Imigrasi Wonosobo Ikuti Fun Game Basketball

Image

iGram : Download Semua Foto dan Video di Instagram Story, Sorotan, Hingga Reels

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image