Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

Apa Saja Ciri Cemas Berlebihan yang Butuh Perawatan

Info Terkini | Friday, 08 Apr 2022, 19:10 WIB

Apa Saja Ciri Cemas Berlebihan yang Butuh Perawatan ? Gangguan kecemasan termasuk masalah kesehatan mental yang terkait rasa cemas, ketakutan, kegelisahan, kekhawatiran maupun teror yang berlebihan. Ciri cemas berlebihan jika itu terjadi konstan atau terlalu kuat sehingga penderita selalu merasa khawatir, terganggu, tegang, dan selalu waspada. Ketahui juga macam macam gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum. Kondisi tersebut mempengaruhi orang dari berbagai usia, termasuk orang dewasa, anak-anak dan remaja. Ada banyak jenis gangguan kecemasan, dengan gejala yang berbeda. Akan tetapi, semua memiliki satu kesamaan: kecemasan datang dengan tiba-tiba atau secara bertahap meningkat dan bertahan hingga orang itu mulai menyadari bahwa mereka tidak sehat.

Supaya tidak salah dalam mengambil langkah dalam menggunakan obat, sebaiknya ketahui juga apa itu alprazolam. Jangan sampai Anda menyalahgunakan obat ini, karena bisa menyebabkan kecanduan.

Terkadang kecemasan mengakibatkan rasa malapetaka dan ketakutan yang terjadi tanpa alasan. Biasanya orang dengan gangguan kecemasan tidak tahu apa yang menyebabkan emosi, kekhawatiran, dan sensasi yang dideritanya. Mereka cukup menderita dengan apa yang dialaminya itu.

Berikut contoh dari ciri cemas berlebihan : Liam selalu dalam perawatan adiknya Sam. Tetapi setiap kali Sam terlambat dari latihan sepak bola, dia menjadi sangat khawatir sehingga dia tidak bisa fokus pada pekerjaan rumahnya. Liam melihat arlojinya, khawatir dan membayangkan yang terburuk: bayangan kecelakaan bus muncul di benaknya dan dia takut, tanpa alasan khusus, bahwa Sam mungkin terluka atau mati. Hanya ketika Sam sampai di rumah dengan selamat, Liam akhirnya bisa bersantai.

Baca juga Narkoba Bisa Bikin Cemas Berlebihan? Ini Solusinya!

Sangat normal untuk khawatir ketika segala sesuatunya menjadi stres dan rumit. Tetapi jika kekhawatiran menjadi begitu luar biasa, penderita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk khawatir atau gugup, atau jika penderita sulit tidur karena kecemasan, maka itu adalah ciri cemas berlebihan dan merupakan gejala masalah atau gangguan kecemasan.

Memang kecemasan adalah reaksi alami manusia yang mempengaruhi pikiran dan tubuh. Itu memiliki fungsi dasar yang vital demi tujuan bertahan hidup. Kecemasan merupakan sistem alarm yang diaktifkan saat orang merasakan bahaya maupun ancaman. Saat tubuh dan pikiran bereaksi pada bahaya atau ancaman, maka orang akan merasakan sensasi fisik kecemasan. Hal-hal misalnya detak jantung dan pernapasan yang cepat, ketegangan otot, telapak tangan berkeringat, perut sakit, atau gemetar di dada, tangan dan kaki.

Sensasi tersebut merupakan bagian dari respon "lari atau lawan" tubuh. Kondisi tersebut dipicu karena peningkatan produksi adrenalin dan bahan kimia lain yang menyiapkan tubuh untuk cepat melarikan diri dari bahaya. Itu bisa muncul dalam bentuk gejala ringan namun bisa juga ekstrim. Respon fight or flight muncul seketika saat orang merasakan ancaman. Beberapa detik kemudian, bagian otak yang berpikir (korteks) mulai memproses situasi kemudian memutuskan apakah ancaman tersebut nyata.

Lalu bila memang demikian, otak pun lalu mengambil keputusan bagaimana menanganinya. Jika korteks mengirimkan sinyal bahwa tidak ada bahaya, respons melawan atau lari dinonaktifkan dan sistem saraf dapat rileks. Apabila pikiran beralasan ternyata ancaman akan bertahan lama maka perasaan cemas bisa berkepanjangan, membuat orang tersebut selalu waspada. Sensasi fisik diantaranya pernapasan cepat atau dangkal, jantung berdebar-debar, ketegangan otot, dan telapak tangan berkeringat pun bisa berlanjut.

Bagaimana mengatasi cemas berlebihan? Jika Anda menderita kecemasan ringan, dengan kesulitan tidur dan fase gugup maka relaksasi dapat membantu Anda. Pun demikian dengan latihan yoga, meditasi, hipnosis atau self-hypnosis, dan tak ketinggalan adalah berolahraga. Semua kegiatan itu cukup efektif dalam memerangi ketegangan fisik dan gangguan tidur. Herbal tertentu juga dapat membantu memulihkan mood dan tidur para penderita cemas berlebihan. Pendekatan agama pun tak kalah hebat dalam upaya mengatasi cemas yang mengganggu tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image