Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Resep & Cara Buat Cakwe, Cocok untuk Camilan di Bulan Puasa

Kuliner | Tuesday, 05 Apr 2022, 18:54 WIB

Cakwe terkenal sebagai jenis jajanan yang enak disantap dengan saus sambal. Makanan yang satu ini cukup banyak ditemukan di sekitar karena banyak penjual yang menjualnya.

Harganya yang relatif murah dan terjangkau, sehingga para penikmat Cakwe tidak perlu menguras kantong untuk bisa menikmati makanan jenis ini.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Cilok Enak Dan Kenyal

Resep Membuat Ramen Rumahan Yang Sederhana

Banyak yang beranggapan bahwa proses pembuatan cakwe itu sulit dan memakan waktu yang lama. Namun nyatanya, membuat kue ini tidak serumit kelihatannya.

Bahkan cara membuatnya termasuk mudah dan praktis. Cakwe yang paling terkenal adalah cakwe Medan yang sudah menjadi makanan khas dari Medan. Jika Anda berkunjung ke sana Anda dapat menemukan dan mencicipi makanan cakwe.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas resep membuat cakwe. Silahkan simak bahan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu

- 1 sdt garam

- dt soda kue

- sendok makan tepung maizena

- sdm saus cabai

- 2 sdm saus tomat

- Jumlah minyak yang tepat

- 1 siung bawang putih

- 375 ml air

- 1 sdt gula

Cara Membuatan:

1. Langkah pertama dalam membuat cakwe adalah siapkan wadah bersih kemudian isi dengan sdt garam, baking powder dan baking soda. Campur dengan baik.

2. Langkah selanjutnya adalah menambahkan tepung dan aduk rata sampai tidak ada gumpalan adonan.

3. Tambahkan 200 ml air lalu campur dan aduk bahan hingga rata dan diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit. jika sudah, maka Anda bisa mengulangi proses menguleni adonan dan diamkan lagi selama 20 menit.

4. Balikkan adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya dan diamkan selama kurang lebih 1 jam

5. Selanjutnya Anda bisa memasukkan adonan ke dalam plastik selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

6. Gilas adonan menggunakan wadah yang sudah ditaburi sedikit tepung sebelumnya. Disarankan agar wadah tidak lengket. Kemudian tekan adonan hingga tipis dan tarik adonan memanjang.

7. Siapkan wajan dan goreng adonan hingga berwarna kuning keemasan.

Cara Membuatan Saus:

1. Campur garam, gula, bawang bombay yang sebelumnya dihaluskan, saus tomat dan saus sambal secukupnya.

2. Aduk hingga mendidih. Angkat dan tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit

Cara membuat cakwe mudah, hanya membutuhkan beberapa bahan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan bahan kue lainnya. Namun dengan adanya informasi resep membuat cakwe ini akan lebih mudah untuk anda praktekkan di rumah. Silakan coba.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image