Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

3 Tips Menghemat Pemakaian Kuota Paket Data Internet di Android

Teknologi | Monday, 04 Apr 2022, 17:55 WIB

Banyak pengguna smartphone sekarang ini yang rutin mengeluarkan uangnya hingga ratusan ribu rupiah perbulan hanya untuk mengakses internet maupun membeli paket data internet. Memang, internet menjadi salah satu kebutuhan utama manusia di jaman sekarang.

Segala aktifitas bekerja, belanja, berbisnis, bersosialisasi dan mencari berita tak terlepas dari internet untuk mengaksesnya. Sehingga dengan kehadiran dunia maya memudahkan manusia dalam beraktifitas dan bekerja sehari-hari.

Ada banyak provider yang menyediakan jasa ini seperti Telkomsel, Axis, XL, Indosat, dan lain sebagainya. Namun karena keasyikan tak jarang kuota data internet yang digunakan cepat habis. Jika anda mengalami hal demikian, berikut ini cara menghemat kuota paket data internet di android dan komputer seperti yang dirangkum dari careercenter.id , antara lain:

1. Melakukan pengaktifan internet hanya pada waktu dibutuhkan

Seringkali kita iseng mengaktifkan internet di ponsel android tanpa kita perlukan. Hal itu termasuk dalam satu pemborosan kuota internet. Jika tidak diperlukan pemakaian internet maka jangan disambungkan dengan internet. Ingat anda tidak selamanya melakukan browsing, chatting dan shopping maka berhematlah dengan menon aktifkan koneksi internet apabila tak diperlukan.

Apabila anda melakukan setting ponsel anda tetap dalam keadaan terkoneksi internet setiap hari walau tak dipakai maka itu termasuk kebiasaan buruk yang akan menghabiskan kuota internet secara cepat. Cara ini pun bisa mengganggu konsentrasi anda sebab merasa harus mengecek hp setiap saat. Oleh karena itu, biarkanlah beberapa jam anda hidup tanpa koneksi internet untuk kegiatan bersantai, belajar dan kerja yang nyaman.

2. Memilih paket kuota data internet yang tepat

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda akan kuota internet. Ada yang satu bulan bisa menghabiskan 1 GB, 2 GB maupun 5 GB. Disebabkan kebutuhan yang berbeda-beda. Namun jika anda menggunakan internet hanya untuk sekedar chatting maupun browsing maka pilihlah paket kuota data internet yang kecil saja seperti 1 GB. Jika anda terlalu besar mengambil paket kuota data maka akan memboroskan keuangan anda. Bagi mereka yang pemakaian kuota internet cukup besar untuk kegiatan menonton video maka ia bisa memilih paket kuota yang lebih besar lagi ketimbang 1 GB. Bagi anda yang senang bermain game online sangat disarankan untuk memilih paket kuota data internet unlimited.

3. Mengecek selalu pemakaian kuota

Sehabis menggunakan internet cobalah anda selalu mengecek sisa kuota internet anda. Jangan sampai kuota internet anda habis karena anda mengira kuota internet masih banyak. Dengan demikian ketika kuota internet anda sedikit lagi maka anda akan memperkecil pemakaian internet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image