Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

5 Ciri-ciri Smartphone Terkena Virus dan Malware Yang Harus Anda Waspadai

Teknologi | Sunday, 03 Apr 2022, 17:27 WIB

Akhir-akhir ini serangan malware dan virus kerap menyerang pengguna smartphone Android. Dampak dari serangan tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, mereka sering mencuri data pribadi pengguna dan informasi penting lainnya.

Bahkan berdasarkan dari laporan Kaspersky Lab, setidaknya lebih dari 61.000 virus trojan yang sudah dimodifikasi mengancam pemakai aplikasi mobile banking atau perbankan yang dipasang di ponsel pintar.

Perlu diketahui bahwa trojan mobile banking adalah jenis virus paling terkenal, yang dirancang khusus untuk mencuri uang dari rekening para pengguna aplikasi mobile banking.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui bahwa ponsel pintar terkena serangan virus atau malware? Untuk yang awam akan virus tentu bakal kesulitan mengetahui jika smartphone terkena malware.

Untuk itu, careercenter.id merangkum dari berbagai sumber mengulas ciri-ciri smartphone terkena virus.

1. Kerap keluar pop-ups

Jika saat menyalakan smartphone namun tiba-tiba latarnya muncul iklan secara tiba-tiba atau pop-ups, maka itu merupakan salah satu ciri bahwa smartphone Anda terkena adware atau malware.

Iklan yang tiba-tiba keluar itu jika Anda klik atau tidak sengaja diklik, maka otomatis aplikasi adware akan terinstal di ponsel pintar Anda. Untuk itu, jangan mencoba sekalipun mengklik pop-ups tersebut jika smartphone kesayangan Anda tidak ingin terinfeksi adware.

Untuk mengatasi, ingat-ingatlah aplikasi terakhir atau yang sekiranya mencurigakan yang sudah diinstal. Jika ketemu langsung uninstal saja. Namun jika pop-ups tersebut masih saja muncul, langkah terakhir adalah melakukan reset pabrik smartphone tersebut.

2. Kuota internet cepat habis

Ciri-ciri smartphone terkena virus selanjutnya yaitu penggunaan data internet mendadak melonjak tinggi, padahal pemakaian normal. Hal itu disebabkan karena untuk mengirim data ke si hacker akan menggunakan data atay kouta internet pada smartphone Anda.

Solusinya adalah mengecek apakah ada aplikasi yang memakai data seluler yang dicurigai menguras kuota internet. Jika menemukan segera uninstal aplikasi tersebut.

3. Daya baterai cepat terkuras

Jika Anda mengalami baterai smartphone mendadak cepat habis padahal pemakaian biasa-biasa saja atau tidak bermain aplikasi yang berat/game, maka itu bisa jadi ponsel pintar yang Anda gunakan terserang malware atau virus.

Apabila mengalami hal tersebut, segera lakukan pengecekan pada aplikasi di smartphone yang menguras daya baterai. Jika dirasa ada aplikasi yang tidak Anda pakai namun menyala terus, maka secepatnya uninstal aplikasi tersebut.

4. Ponsel cepat panas serta lambat

Tanpa disadari orang yang berniat jahat untuk menyebarkan virus atau malware bahkan adware menyusup ke aplikasi yang tanpa sengaja diinstal oleh si pemakai. Jika sudah diinstal dan masuk sistem smartphone, maka secara sembunyi aplikasi itu akan bekerja, sehingga tidak aneh jika smartphone cepat panas dan kinerjanya pun menjadi lamban kaya keong.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memasang antivirus yang terpercaya, dan kemudian lakukan scanning semua folder atau aplikasi.

5. Muncul aplikasi tidak dikenal

Ciri-ciri smartphone terkena virus seperti ini memang sudah umum, namun si pemakai sering mengabaikannya karena dianggap sepele. Padahal, aplikasi asing atau yang tidak dikenal tersebut bisa jadi kemungkinan besar adalah malware. Ketika malware atau virus tersebut masuk ke sistem, maka bakal dengan gampangnya mengkloning sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image