Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jurnalis Lepas

Tokban, Marketplace B2B Toko Bahan Bangunan Berkualitas di Indonesia

Gaya Hidup | Saturday, 02 Apr 2022, 03:59 WIB

Tokban adalah suatu startup dalam negeri yang sedang merintis ekosistem konstruksi di Indonesia – namanya berasal dari Tok[o]ban[gunan] (Tokban) ini, mulai berjalan inisiatif B2B-nya (Business to Business) sejak bulan September 2021.

Lanskap industri B2B e-commerce sudah melonjak berkali-kali lipat di masa pandemi ini. Namun, seperti banyaknya perusahaan – kita masih melihat potensi untuk perkembangan bagi beberapa sektor yang berada di Indonesia. Penggerak pertama yang berada di sektor FMCG (fast moving consumer product) atau produk dalam kemasan, sudah berhasil mengembangkan B2B marketplace toko bahan bangunan online yang digemari pengguna untuk mencari barang dan bertransaksi dalam jumlah besar.

Pengikut pergerakkan ini adalah sektor pertanian dan otomotif yang mengalami kenaikan transaksi sehingga 3x lipat. Di saat disrupsi rantai pasok di masa pandemi, pemilik proyek memiliki kesulitan untuk mendapatkan material on-site sesuai dengan jadwal yang dibutuhkan, sehingga proses eksekusi terhambat.

Pendiri Tokban adalah 2 karakter, Jordy dan Tiffany, dengan pengalaman gabungan lebih dari 50 tahun di industri konstruksi, merasakan permasalahan ini dari tangan pertama. Jordy – berlatar ecer dan grosir bahan bangunan, dan Tiffany dengan latar pengembangan perumahan memiliki kesulitan untuk mengadakan produk-produk ke proyek dengan batasan supplier dari (1) kepastian pengiriman barang, (2) kualitas produk yang dikirim, (3) alternatif supplier apabila belum pernah ada afiliasi bisnis sebelumnya.

Ditambah lagi, skema distributor yang beragam, dimana sebelumnya kita bisa diarahkan ke suatu distributor yang hanya memiliki beberapa jenis brand/SKU dan tidak diperbolehkan berdagang dengan supplier lainnya meskipun produk yang sama. Ketidakpastian ini menghambat proses penyaluran bahan konstruksi untuk stok atau proyek.

Tokban lahir sebagai tempat tujuan untuk penyediaan barang-barang alternatif tersebut. Dengan minimum order yang minim, Tokban hadir untuk membantu toko-toko dan kontraktor mencari material konstruksi dengan harga terendah. Dengan jaringan supplier yang luas dan harga bersaing. Sejauh ini, Tokban sudah bekerja sama dengan puluhan mitra supplier di Jabodetabek untuk meningkatkan kualitas layanan dan jaringan produk yang ditawarkan. Tokban bisa membantu suplai hingga lebih dari 10.000 SKU dan akan terus bertambah lagi seiring berjalannya waktu.

“Kami ingin memberdayakan toko-toko untuk mendapatkan harga terbaik dengan kualitas pengiriman yang terjamin. Fokus tokban adalah untuk membantu toko-toko dan kontraktor di Jawa Barat untuk saat ini dan menambah jangkauan supplier-supplier mitra kami” Jordy Salim, Co-Founder dari Tokban.

Untuk inisiatif kontraktor-kontraktor mandiri, kunjungi juga website Tokban Blog untuk inspirasi desain rumah dan informasi terkini mengenai produk-produk bangunan dan kenyamanan berusaha atau gaya hidup modern.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image